Mungkin kamu sudah sering mendengar hipotesis ini. Dalam hati, kamu masih menganggap bahwa barang-barang yang kamu punya juga memberikanmu kebahagiaan. Tapi kamu harus tahu, penelitian terbaru yang dilakukan oleh Cornell University menguak fakta bahwa pengalaman memberikan kebahagiaan yang jauh lebih mendalam dan kekal daripada benda-benda materiil yang kamu miliki. 

Sudah Terbukti! Pengalaman Lebih Membawa Kebahagiaan daripada Barang yang Kamu Belifanpop.com

Dr. Thomas Gilovich, dosen psikologi sekaligus otak dari penelitian ini menungkapkan bahwa asumsi dasar manusia yang menganggap bahwa barang-barang akan bertahan jauh lebih lama daripada pengalaman yang hanya kita rasakan selama satu atau dua hari ternyata salah. 

Sudah Terbukti! Pengalaman Lebih Membawa Kebahagiaan daripada Barang yang Kamu Belireallifeweddingplanning.com

Meskipun sepatu rancangan desainer dan mobil keluaran terbaru membuat kita merasa senang dan bangga, ada satu sifat dasar manusia yang tak bisa kita elakkan. Sifat tersebut adalah kemampuan beradaptasi. Lama kelamaan kita akan merasa terbiasa dengan sepatu dan mobil mewah kita. Akibatnya, kebahagiaan yang dulu kita dapat ketika membeli barang-barang tersebut akan pudar. 

Sudah Terbukti! Pengalaman Lebih Membawa Kebahagiaan daripada Barang yang Kamu Belikino.de

Sebaliknya, ketika kita mendapatkan suatu pengalaman, kadar kebahagiaan kita akan semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Ambil contoh ketika kamu baru saja menonton konser One Direction. Setelah itu, kamu pasti menceritakan kembali pengalaman tersebut kepada teman-temanmu dengan sangat antusias. Kamu juga akan menertawakan kejadian konyol yang terjadi padamu saat kamu mengantri masuk gerbang konser. Padahal saat itu kamu merasa sangat malu dan menyesal. Pengalaman membuatmu berpikir ulang tentang berbagai momen yang kamu lewati dengan cara yang berbeda-beda setiap kalinya. Dengan demikian, kamu tak akan cepat bosan dan terbiasa dengan pengalaman tersebut. 

Sudah Terbukti! Pengalaman Lebih Membawa Kebahagiaan daripada Barang yang Kamu Belisky.com

Selain itu, kamu juga akan terhubung lebih dekat dengan orang yang sama-sama memelihara anjing kecil dibandingkan dengan orang yang tipe smartphone-nya sama denganmu. Obrolanmu dengan teman yang sama-sama pernah mendaki gunung Bromo juga akan terasa lebih hidup daripada obrolanmu dengan teman yang memiliki kamera yang sama denganmu. 

Sudah Terbukti! Pengalaman Lebih Membawa Kebahagiaan daripada Barang yang Kamu Belifanpop.com

Jadi, waktu kamu menerima gaji bulan ini, pertimbangkan lagi apakah kamu benar-benar membutuhkan jam tangan yang pernah kamu lihat di mal kemarin. Lebih baik kamu menghabiskan uangmu untuk memperkaya pengalamanmu. Cobalah mengikuti kursus keterampilan, tur ke museum-museum bersejarah, liburan ke pantai, atau pergi ke taman rekreasi bersama sahabat-sahabatmu!