Bumi merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup mulai dari hewan, tumbuhan, sampai manusia hidup di sini. Kita sebagai salah satu makhluk yang tinggal di bumi tentunya harus melakukan apa pun demi kenyamanan untuk hidup. Berbagai macam elemen yang kita butuhkan ada di bumi, mulai dari udara, air, tanah, dan banyak lainnya. Dengan demikian, sebagai penghuninya kita harus menjaga bumi agar tetap indah dan nyaman untuk kamu tinggali.

Tapi bagaimana ya caranya? Sebenarnya banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk terus menjaga bumi yang kamu sayangi ini lho. Apa ya kira-kira? Nggak perlu cara ribet untuk menjaga bumi tetap sehat. Hanya dengan cara sederhana kamu bisa menyelamatkan semua makhluk hidup di bumi lho, mau tahu? Simak yuk!

1. Batasi penggunaan sampah plastik

Sederhana Banget, Inilah Cara Kamu Bisa Menjaga Bumipexels.com/@daria

Sampah plastik merupakan sampah yang paling sulit untuk diuraikan oleh tanah. Faktanya, plastik baru bisa terurai selama 200 sampai 400 tahun setelah dibuang. Nah karena sulit terurai itu lah, sampah plastik menumpuk dan memunculkan zat kimia yang dapat mencemari tanah. Selain itu, plastik juga dapat membunuh hewan pengurai tanah, yang tentu saja akan merusak kesuburan tanah. Jadi bisa dikatakan sampah plastik adalah penyebab polusi tanah. 

2. Hemat dalam menggunakan air dan listrik

Sederhana Banget, Inilah Cara Kamu Bisa Menjaga Bumipexels.com/@daria

Secara nggak sadar jika kamu menggunakan air dan listrik secara berlebihan tentu saja akan mengurangi bahan fosil di bumi. Selain itu alat-alat elektronik yang biasa kita gunakan merupakan penyumbang gas pencemar udara hingga 40%. Dengan begitu, kamu harus banget ya menghemat penggunaaan air dan listrik. Misalnya ketika kamu mau menyiram tanaman cobalah gunakan air bekas mencuci piring. Ketika siang hari cobalah manfaatkan sinar matahari dan jangan terus menyalakan lampu sebagai penerang. 

3. Tidak membuang sampah sembarangan

Sederhana Banget, Inilah Cara Kamu Bisa Menjaga Bumikidsdiscover.com

Kalau yang satu ini harus kamu catat dan ingat ya, jangan sampai ketika bencana sudah terjadi kamu baru menyesalinya. Selain sebagai penyebab banjir, sampah yang kamu buang terutama ke sungai akan membuat air tanah menjadi tercemar. Akibatnya air tanah nggak bisa lagi kamu gunakan untuk kehidupan sehari-hari seperti minum dan mandi. 

4. Kurangi penggunaan tisu

Sederhana Banget, Inilah Cara Kamu Bisa Menjaga Bumipexels.com/@hermaion

Kenapa tisu bisa memperburuk keadaan bumi? Perlu kamu tahu nih, karena tisu terbuat dari serat kayu, itulah kenapa kamu perlu mengurangi penggunaan tisu. Karena bahan baku pembuatannya dari kayu, pastinya akan banyak pohon yang ditebang untuk pembuatannya. Jadi untuk Bela mulai dicoba ya untuk nggak menggunakan tisu berlebihan.

5. Bawalah tas kain ketika berbelanja

Sederhana Banget, Inilah Cara Kamu Bisa Menjaga Bumiunsplash.com/@invictar1997

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, plastik merupakan bahan yang paling sulit terurai. Nah, ketika kamu mulai membiasakan diri untuk menggunakan tas kain untuk berbelanja, membuat kamu lebih mencintai lingkungan karena tidak menggunakan plastik lagi. Sudah pasti kamu akan mengurangi jumlah plastik dengan cara seperti itu. 

6. Bawa botol minum sendiri

Sederhana Banget, Inilah Cara Kamu Bisa Menjaga Bumiunsplash.com/@ataheri

Selain menjaga lingkungan, dengan cara ini kamu juga bisa menghemat budget kamu nih. Ketika kamu membawa botol minum, kamu nggak perlu lagi dong membelinya. Kembali lagi, kebanyakan botol minuman yang ada dipasaran saat ini masih berbahan plastik yang sudah kamu tahu bagaimana plastik menyebabkan kerusakan bumi. Yuk mulai biasakan untuk membawa botol minum, Bela.

7. Bijaklah dalam menggunakan AC

Sederhana Banget, Inilah Cara Kamu Bisa Menjaga Bumimyrenovationmagazine.com

Memang sudah pasti, penggunaan AC sangat disukai oleh beberapa orang terutama masyarakat Indonesia yang mempunyai iklim tropis. Di balik kegunaannya, sebenarnya Air Conditioning (AC) adalah salah satu penyebab global warming lho. Kenapa? Karena di dalam AC terdapat freon yaitu sejenis bahan kimia yang mengandung  Chloro Fluoro Carbon (CFC). Kesimpulannya, meskipun udara di dalam ruangan dingin, namun mesin AC yang berada di luar ruangan mengeluarkan udara panas. Jadi bumi pun akan lebih panas dan terjadilah fenomena global warming

Ingat ya, sebagai makhluk bumi kamu nggak mau kan sulit untuk menjalani hidup karena kesalahan kamu sendiri. Dengan cara-cara di atas, semoga bisa membuat kamu lebih mencintai tempat tinggalmu ya, Bela. Kalau bukan kamu siapa lagi?

Baca Juga: Menjalankan Hidup Ramah Lingkungan Nggak Gampang, Ini Alasannya