Pecinta K-Pop mana yang tidak tahu Bangtan Boys alias BTS? Boygroup beranggotakan 7 idol bertalenta besutan agensi Big Hit Entertainment tersebut kini tengah melebarkan sayap kariernya di kancah internasional.

BTS telah memperoleh banyak penghargaan melalui hasil kerja keras mereka dalam industri musik. Musik yang catchy serta lirik yang menginspirasi membuat BTS begitu digemari. Tak jarang lagu mereka menjadi sorotan karena mengandung lirik yang penuh arti. 

Salah satu lagu yang menarik perhatian adalah "Pied Piper". Dirilis 3 tahun yang lalu, "Pied Piper" merupakan salah satu lagu dalam album Love Yourself: HER. Di balik musik yang menarik dan liriknya yang penuh makna, ternyata lagu "Pied Piper" menyimpan beberapa fakta. Apa saja, ya? Daripada penasaran, mari kita simak di bawah ini.

1. Lagu "Pied Piper" terinspirasi oleh sebuah dongeng

Terinspirasi dari Dongeng, Ini 7 Fakta di Balik Lagu Pied Piper BTSsg.carousell.com

Pied Piper rupanya merupakan sebuah dongeng asal Jerman yang ditulis oleh Robert Browning dengan judul The Pied Piper of Hamelin.

Dongeng ini bercerita tentang Piper yang merupakan seorang peniup seruling berpakaian warna-warni. Ia datang ke Kota Hamelin untuk memberantas hama tikus dengan cara meniup seruling ajaibnya. Walikota pun berjanji akan memberi Piper imbalan apabila ia telah selesai melakukan tugasnya.

Sayangnya, setelah hama tikus tersebut hilang, pemerintah kota ingkar janji dengan menolak untuk memberi Piper imbalan. Piper merasa marah dan meninggalkan kota. Sebagai balas dendam, ia akhirnya memanfaatkan kekuatan sihirnya untuk memikat anak-anak di kota. Sementara orang-orang dewasa berada di gereja, anak-anak mulai mengikuti Piper ke dalam hutan. Anak-anak pun menghilang dan tidak pernah kembali.

2. Dalam lagu, BTS diibaratkan sebagai Sang Piper itu sendiri

Terinspirasi dari Dongeng, Ini 7 Fakta di Balik Lagu Pied Piper BTStwitter.com/sceneryfortae

Dalam lagu ini, BTS mengibaratkan diri mereka sebagai Sang Piper. Mereka berfokus pada aspek paling kuat yang dimiliki oleh Piper. Jika Piper dapat menghipnotis para anak-anak melalui seruling, maka BTS dapat memikat banyak orang melalui lagu-lagu dan pesona mereka. Sedangkan anak-anak dalam konteks ini adalah para fans terutama ARMY.

3. "Pied Piper" memiliki sifat yang ganda

Terinspirasi dari Dongeng, Ini 7 Fakta di Balik Lagu Pied Piper BTSbyeolkorea.com

Jungkook membuka lagu dengan seolah menunjukkan sifat ganda dari "Pied Piper" yang tak hanya bisa menolong, tapi juga mampu menghancurkan.

Aku semakin menyukainya karena itu buruk
Kamu juga sudah tahu itu
Kita tidak bisa menghentikannya sekarang
(Kau tidak bisa berhenti)
Jadi, cobalah sedikit lebih jujur (kepadaku)

Jungkook mencoba mendesak agar penggemar mengakui pengaruh yang ia miliki dengan jujur.

4. Lewat lagu, BTS menegur fans agar mereka tidak berlebihan dan mengetahui batas

Terinspirasi dari Dongeng, Ini 7 Fakta di Balik Lagu Pied Piper BTStwitter.com/rapmonupdates

Sekarang, berhentilah melihatku dan belajarlah untuk ujian
Orang tua dan atasanmu tidak suka padaku
Video klip yang sudah kamu tonton, berbagai foto dan tweet, V app dan Bon Voyage
Aku tahu kamu menyukainya
Tapi apa yang kamu lakukan?
Berhentilah, kamu bisa menganalisa MV nanti

Pada lirik tersebut, sang leader RM meminta penggemar untuk fokus terlebih dahulu terhadap apa yang sedang menjadi prioritas agar tidak terbengkalai. Menjadi fans terkadang membuat kita lupa waktu karena begitu fokus terhadap idola. Entah itu melupakan pekerjaan atau kewajiban belajar.

Di sini, RM mengarahkan kita bahwa itu semua bisa kembali dilakukan setelah prioritas terselesaikan. Sebab, selayaknya sihir Piper yang mampu memikat anak-anak, BTS juga mampu membuat fans tak kuasa beranjak jika mereka tidak segera menyikapinya.

5. Jika fans mampu bertanggung jawab terhadap prioritas mereka, maka lagu ini bukan menjadi hukuman, melainkan hadiah

Terinspirasi dari Dongeng, Ini 7 Fakta di Balik Lagu Pied Piper BTStwitter.com/hertaetae

Kamu tidak sedang dihukum
Kemarilah, aku adalah surgamu (paradise)

Usai ditegur oleh lirik sebelumnya yang memang sesuai dengan kehidupan nyata, BTS memberi tahu bahwa setelah kita mampu melaksanakan kepentingan yang seharusnya dilakukan, barulah kita boleh kembali kepada BTS. Namun, jika kita tidak dapat mengontrol diri, kita akan terjebak sebab lagu BTS telah bekerja.

Ikuti suara serulingnya, ikuti saja lagu ini
Ini mungkin sedikit berbahaya
Tapi, aku sangat manis

Bagaimanapun, akan sulit dihindari jika memang sudah terlalu hanyut. Sementara itu, seperti Piper yang awalnya membantu dan kemudian menjadi penjahat, BTS pun bisa menyelamatkan sekaligus menghancurkan tergantung bagaimana kita bersikap.

6. BTS ingin penggemar menjadi orang yang bertanggung jawab, bisa mengatur waktu dan memilah mana yang seharusnya diutamakan

Terinspirasi dari Dongeng, Ini 7 Fakta di Balik Lagu Pied Piper BTStwitter.com/parkjiminpics

Lagu "Pied Piper" menunjukkan bahwa tersesat dalam fantasi adalah hal yang mudah. Maka dari itu sangat penting untuk tidak kehilangan kontak dengan kenyataan. BTS hendak menasihati fans agar mengidolakan mereka sewajarnya saja. Sebab, akan menjadi obsesi yang berbahaya jika kita hanya fokus terhadap idola dan lupa menjalani hidup seperti yang semestinya.

7. Suga ikut andil dalam pembuatan lagu "Pied Piper"

Terinspirasi dari Dongeng, Ini 7 Fakta di Balik Lagu Pied Piper BTStwitter.com/_stageyoongi

Sang rapper Suga turut menjadi orang di balik pembuatan lagu "Pied Piper". Member asal Daegu ini mengatakan bahwa ia menulis lagu "Pied Piper" sambil memikirkan ARMY.

"Aku memikirkan para fans ketika menulis lagu itu. Aku sebenarnya punya penyanyi favorit. Aku memikirkan yang aku lakukan dan apa yang fans lakukan sekarang, kemudian menulisnya," tuturnya dalam sebuah fan meeting.

Itulah 7 fakta sekaligus makna dari lagu "Pied Piper" BTS. Melalui lagu tersebut, BTS hendak mengingatkan kita bahwa the obsessive nature of fans (fanatics) adalah hal yang berbahaya. Memiliki idola bukan berarti membuat kita harus keluar dari jalur hidup kita. Jadi, dukunglah idolamu seperti yang semestinya dan jangan berlebihan, ya!

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Tegur Fans Lewat Lagu, 7 Fakta "Pied Piper" BTS yang Harus Kamu Tahu"

Baca Juga: Bestie! 10 Potret Persahabatan RM & Suga 'BTS' yang Penuh Haru

Baca Juga: Sering Jadi Sasaran, BTS Kembali Rasakan Komentar Rasis dan Kebencian

Baca Juga: Jarang Diketahui Fans, 7 Kisah Asmara yang Menghampiri Member BTS