Jadi wanita karier dengan apapun profesinya memang nggak ada salahnya kok, Bela. Hal yang terpenting, cewek bisa diperlakukan setara dengan cowok saat di lingkungan kerja. Kali ini, Popbela bakalan sharing tentang kriteria tempat kerja idaman cewek nih. Kira-kira Bela, setuju nggak ya?

1. Toilet cowok dan cewek dipisah

Setuju Gak Nih, 5 Hal Ini Bikin Cewek Nyaman Saat di KantorShutterstock/Marko Subotin

Pasti kebayang ‘kan gimana rasanya kalau saat toilet cowok dan cewek digabung? Rasa khawatir, nggak nyaman dan takut bakalan muncul. Hal ini juga bisa memicu potensi peristiwa yang nggak diinginkan. Makanya, penting banget nih kantor punya fasilitas toilet dipisah.

Tapi tenang Bela, saat ini gedung perkantoran dan fasilitas umum sudah memisahkan toilet cowok dan cewek kok!

2. Ada cuti menstruasi dan melahirkan

Setuju Gak Nih, 5 Hal Ini Bikin Cewek Nyaman Saat di KantorShutterstock/CHAjAMP

Bela pasti pernah merasakan period pas di kantor. Fisik mulai sakit-sakit, bikin konsentrasi jadi buyar. Pastinya, jadi nggak maksimal buat kerja. Makanya, sesuai dengan peraturan pemerintah, cewek bisa mendapatkan hak cuti haid. 

Memang belum semua kantor menerapkannya. Tapi, kalau ada kantor yang menerapkan cuti haid ini, bakalan masuk list kantor idaman ya, Bela!

3. Untuk jabatan penting, cewek juga punya kesempatan

Setuju Gak Nih, 5 Hal Ini Bikin Cewek Nyaman Saat di KantorDok.Telkomsel

Kantor yang menerapkan kesetaraan gender sih idaman banget ya, Bela! Soalnya kamu bakal dapat kesempatan yang sama untuk menjabat posisi-posisi penting. Popbela tahu nih, kantor yang sudah menerapkannya, yaitu Telkomsel. Buktinya, Koesmarihati berhasil menjadi Dirut perempuan pertama di Telkomsel pada tahun 1995.

Hal ini masih terus dilanjutkan, kali ini Putri Gayatri berhasil menjadi Dirut Telkomsel dalam sehari, melalui program #GirlsTakeOver. Putri berkesempatan menjadi Dirut Telkomsel menggantikan posisi Hendri Mulya Syam.

Kegiatannya dimulai dari Girls Leadership Class, BOD Mentoring Session, dan CEO Takeover for A Day. Selama menjadi CEO Telkomsel, Putri berkesempatan untuk memimpin jalannya rapat bersama direktur sales, marketing, dan network Telkomsel.

Selain itu, Putri juga melakukan sesi diskusi bersama karyawan-karyawan perempuan Telkomsel melalui talkshow "Women in Tech Telkomsel". Gimana Bela, jadi termotivasi banget ya sama Putri Gayatri.

4. Punya ruang untuk menyusui

Setuju Gak Nih, 5 Hal Ini Bikin Cewek Nyaman Saat di KantorShutterstock/nokkaew

Adanya ruang menyusui sebagai salah satu fasilitas kantor, memang melegakan buat Bela yang sudah punya bayi. Hal ini juga termasuk bagian peraturan dari pemerintah lho! Jadi, ruang menyusui ini merupakan hak Bela yang harus dipenuhi oleh perusahaan.

Memang nggak mudah ya Bela, jadi pekerja sekaligus ibu. Tapi, Popbela yakin kamu pasti bisa!

5. Lingkungan kerja nyaman dan nggak banyak drama

Setuju Gak Nih, 5 Hal Ini Bikin Cewek Nyaman Saat di KantorShutterstock/AChanFoto

Kantor idaman banget sih, kalau lingkungan kerjanya nyaman dan nggak banyak drama. Kerja jadi makin produktif, fisik dan mental jauh lebih sehat. Definisi work-life balance banget dong. Rekan kerja bisa jadi teman dekat, mau curhat apapun bisa. Wah bakalan happy ya, kalau kantor punya lingkungan kerja yang sehat.

Kalau Bela sendiri setuju juga nggak nih sama kriteria kantor idaman versi Popbela? (WEB)

Baca Juga: 6 Tanda Kantormu Mendukung Hak dan Kebutuhan Pekerja Perempuan

Baca Juga: Punya Support System Kuat, Ini Manfaat Punya Teman Dekat di Kantor

Baca Juga: Tampil Manis dengan Outfit Kantor a la Tokoh Drama Korea