Setelah tayang perdana, Monstrous menjadi salah satu drama Korea yang menerima sorotan permisa. Drama ini pasalnya mengangkat unsur kebudayaan dan spiritual  Korea yang dikemas dalam kisah yang menarik.

Meskipun cukup singkat karena hanya terdiri dari 6 episode, namun ini tidak mengurangi esensi dari dramanya. Monstrous tetap menonjol berkat alur cerita, akting para pemerannya, serta sinematografinya. 

Mari kita simak alasan mengapa drama ini patut masuk watchlist kalian, terutama bagi para penikmat genre horor.

1. Kolaborasi antara sutradara dan penulis ternama

Inilah 7 Alasan Mengapa Kamu Wajib Nonton Drama Korea 'Monstrous' instagram.com/tving.official

Berdasarkan para pemeran hingga orang-orang di balik layar, drama ini sangat menjanjikan. Monstrous digarap oleh sutradara Yeon Sang Ho dan Jang Gun Jae. Yeon Sang Ho dikenal dari karyanya yang paling populer yaitu Train To Busan (2016), Peninsula (2020), dan Hellbound (2021).

Sementara sutradara Jang Gun Jae dikenal karena berhasil menyabet penghargaan Skenario Terbaik di Penghargaan Kritikus Film Busan ke-16, serta Sutradara dan Skenario terbaik pada ajang Penghargaan Film Wildflower ke-3, melalui film garapannya, A Midsummer's Fantasia (2014).

Deretan pemain dari Monstrous juga tak kalah populer. Monstrous dibintangi Koo Gyo Hwan, Shin Hyun Bin, Kwak Dong Yeon, Kim Ji Young, Park Ho San, dan Nam Da Reum. Koo Gyo Hwan baru-baru ini berhasil menyabet penghargaan Aktor Pendatang Terbaik dari Baeksang Art Awards 2022 melalui drama D.P (2021). Selain itu, Shin Hyun Bin juga kita kenal melalui perannya sebagai dokter Jang Gyeoul dalam drama medis populer Hospital Playlist.

2. Mengangkat genre thriller, misteri, hingga supernatural

Inilah 7 Alasan Mengapa Kamu Wajib Nonton Drama Korea 'Monstrous' instagram.com/netflixkr

Monstrous merupakan salah satu drama Korea 2022 yang mengangkat genre thriller dan misteri, yang dikombinasikan dengan supernatural. Ketiga genre ini digambarkan melalui kisah para arkeolog yang mengejar kasus misterius sekaligus mengerikan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Kasus ini mellibatkan kehadiran sebuah patung Buddha yang dirasuki roh jahat. Sejak kemunculan patung ini, orang-orang desa mulai menghadapi teror dan kutukan aneh. Kebingungan orang-orang desa ini sekaligus proses pencari kebenarannya akan menghadirkan ketegangan besar bagi para pemirsa.

3. Menyajikan kisah supernatural yang unik

https://www.youtube.com/embed/E2x9ox5inQ8

Kisah supernatural dari Monstrous dimulai ketika sebuah patung Buddha dirasuki oleh roh jahat yang telah "disegel' untuk waktu yang sangat lama. Roh jahat yang memasuki patung Buddha ini lantas megacaukan sebuah desa yang ramai. 

Desanya mulai kacau karena berbagai teror menyeramkan yang terjadi pada penduduknya. Para arkeolog pun mulai menggali kebenaran di balik rahasia kekacauan ini, yang ternyata berhubungan dengan kepercayaan mitologi Tibet.

4. Diputar di Cannes International Series Festival Season 5

Inilah 7 Alasan Mengapa Kamu Wajib Nonton Drama Korea 'Monstrous' instagram.com/tving.official

Tahun ini, Cannes International Series Festival Season 5 digelar di Cannes, Prancis sejak tanggal 1 hingga 6 April. Sebelum resmi tayang, Monstrous menjadi salah satu dari tiga drama yang diundang untuk tayang di Cannes International Series Festival Season 5, bersama drama Work Later, Drink Now dan Damn Good Company.

Cannes International Series Festval merupakan festival film tahunan yang telah didirikan sejak tahun 2018. Festival tahunan ini menyoroti serial drama dari berbagai dunia yang berpengaruh secara global.  

5. Menjadi drama terbaru Nam Da Reum yang saat ini menjalani wajib militer

Inilah 7 Alasan Mengapa Kamu Wajib Nonton Drama Korea 'Monstrous' instagram.com/tving.official

Nam Da Reum menjadi salah satu aktor muda berbakat yang namanya sudah dikenal para pengikut Drakor. Ia dikenal sebagai sosok yang sering memerankan masa muda dari tokoh utama dalam drama Korea.

Ia melaksanakan wajib militer pada bulan Februari 2022,  namun telah lebih dulu menyelesaikan proses syuting drama Monstrous. Drama tersebut merupakan drama terbaru Nam Da Reum yang melepas perannya sebagai aktor 'spesialis masa muda'. 

6. Kolaborasi antara Goo Kyoo Hwan dan Shin Hyun Bin sebagai karakter utama

Inilah 7 Alasan Mengapa Kamu Wajib Nonton Drama Korea 'Monstrous' instagram.com/tving.official

Penikmat drakor benar-benar menantikan kolaborasi antara Koo Gyo Hwan dan Shin Hyun Bin dalam sebuah drama. 

Koo Gyo Hwan berperan sebagai arkeolog bernama Jung Ki Hoon, yang meneliti fenomena supernatural yang aneh. Di tengah menjalankan saluran YouTube okultisme berjudul "Monthly Strange Story", ia justru menghadapi fenomena misterius ketika menyelidiki patung Buddha yang ditemukan di daerah Jinyang.

Sementara Shin Hyun Bin dalam drama ini berperan sebagai istrinya, Lee Soo Jin, yang merupakan seorang cryptanalyst pola jenius. Lee Soo Jin menghadapi bencana yang mengerikan ketika kehilangan putri satu-satunya. Akhirnya, ia memutuskan untuk kembali ke daerah Jinyang bersama suaminya, dan ia mulai mengalami kejadian yang misterius.

7. Akhir kisahnya dari musim pertama membuat penasaran

Inilah 7 Alasan Mengapa Kamu Wajib Nonton Drama Korea 'Monstrous' instagram.com/@tving.official

Mengingat akhir kisahnya, drama ini masih meninggalkan beberapa pertanyaan yang belum terjawab. Para pemeran utamanya juga terlihat menemukan sebuah fenomena misterius baru yang berbahaya. 

Akhir kisahnya yang masih "nggantung" lantas membuat para pemirsa penasaran. Dapat dipastikan bahwa drama ini masih akan berlanjut di musim berikutnya.

Itulah 7 alasan mengapa drama Monstrous wajib ditonton, nih. Drama ini telah tayang melalui VIU pada tanggal 29 April 2022 kemarin. Jadi, jangan sampai kelewatan nonton drama ini, ya, Bela.

Baca Juga: Duet Shin Hyun Bin & Goo Kyo Hwan Hadapi Kutukan di 'Monstrous'

Baca Juga: Pakai Nama Anggota BTS, Drama Korea 'Tomorrow' Banjir Kecaman Warganet

Baca Juga: 9 Potret Keseruan di Balik Layar Drama Korea "The Sound of Magic"