Minecraft merupakan salah satu game populer di kalangan anak-anak, yang menjadi hiburan selama pandemi. Penelitian terbaru dari Kaspersky Safe Kids menunjukkan bahwa Minecraft termasuk dalam daftar game terpopuler ketiga di ranah maya, setelah Genshin Impact dan Poppy Playtime. 

Baru-baru ini, telah dirilis update Minecraft versi terbaru yang memperkaya permainan. Penambahan fitur-fitur terbaru ini sudah ditunggu-tunggu para pemain, karena adanya kekurangan yang membuat permainannya belum maksimal.

https://www.youtube.com/embed/c5M3Wil1m_0

Minecraft merupakan permainan yang memungkinkan para pemainnya untuk merancang dunia dari blok yang mirip dengan lego. Melansir dari Video Games Chronicle, video game pembangunan blok yang mendunia ini bahkan telah berhasil melampaui satu triliun penayangan melalui Youtube.

Bagi yang tertarik mengenal dunia permainan Minecraft, berikut adalah deretan fakta menarik mengenai Minecraft yang jarang diketahui.

1. Minecraft dibuat dalam enam hari

Game Perancang Dunia yang Populer, Ini 9 Fakta Mengenai 'Minecraft'gamestar.de

Minecraft merupakan salah satu permainan yang dikembangkan dalam waktu singkat. Seorang programmer Swedia yang bernama Markus Persson, menciptakan versi pertama Minecraft hanya dalam waktu enam hari, dari tanggal 10 Mei hingga 16 Mei 2009.

Terlepas dari singkatnya perkembangan permainan tersebut, Minecraft masih dianggap belum sepenuhnya selesai sampai dua tahun kemudian. Pembaruan dan penyesuaian untuk menyempurnakan permainan pun dilakukan sebelum resmi dirilis pada tahun 2011.

Beberapa nama permainan sempat dipikirkan, termasuk Minecraft: Order of The Stone, sebelum akhirnya memutuskan untuk mempersingkat namanya menjadi Minecraft.

2. Minecraft terinspirasi dari berbagai game komputer

Game Perancang Dunia yang Populer, Ini 9 Fakta Mengenai 'Minecraft'whatculture.com

Minecraft bukan sepenuhnya berasal dari imajinasi para pengembang permainan, sama seperti banyak video game legendaris lainnya. Konsep Minecraft terinspirasi dari berbagai video game komputer, termasuk Infiniminer, Dungeon Keeper dan Roller Coaster Tycoon. 

Markus Persson menyebutkan bahwa Infiniminer adalah salah satu contoh permainan paling menonjol yang membentuk konsep Minecraft.  Game ini juga melibatkan pembangunan blok geometris yang serupa dengan Minecraft.  

3. Minecraft dikembangkan sebagai mata pelajaran di sekolah

Game Perancang Dunia yang Populer, Ini 9 Fakta Mengenai 'Minecraft'gamerant.com

Pada tahun 2013, sebuah sekolah yang berlokasi di Swedia bernama Viktor Rydberg menjadikan Minecraft sebagai sebuah mata pelajaran wajib bagi siswa berusia 13 tahun. Tujuannya adalah mengembangkan pemikiran kreatif para siswa dalam segi mengajarkan mereka tentang perencanaan kota, kepedulian terhadap lingkungan, dan kerja sama tim.

Sementara pada tahun 2016, Minecraft juga telah meluncurkan Edisi khusus Pendidikan bagi sekolah-sekolah di Eropa, setelah mereka menerima umpan balik yang positif mengenai permainannya dari lebih dari 10.000 guru dan siswa.

4. Pengembangan game Minecraft bersifat terbuka

Game Perancang Dunia yang Populer, Ini 9 Fakta Mengenai 'Minecraft'gamerant.com

Sebagian besar pengembang game yang merilis suatu permainan terbaru cenderung bersifat tertutup. Hal ini memungkinkan mereka untuk membagikan kejutan kepada para penikmat gamenya, berupa trailer, konsep, atau video.

Namun, pengembang Minecraft malah mengambil pendekatan yang sebaliknya. Menurut sebuah artikel tahun 2011 yang ditulis Gamasutra, tim Mojang Studios selaku pengembang Minecraft sangat terbuka dalam menerima masukan dari penggemar mereka ketika Minecraft pertama kali dirilis. 

"Sejak awal, saya sangat terbuka tentang perkembangan Minecraft. Saya membagikannya melalui forum, terutama di TIGSource, dan memberi tahu orang-orang tentang apa yang saya lakukan, dan ke mana saya ingin membawa permainan tersebut,"  ujar Markus Persson.

5. Beberapa versi gamenya telah dirilis

Game Perancang Dunia yang Populer, Ini 9 Fakta Mengenai 'Minecraft'Indianexpress. com

Ada beberapa versi Minecraft yang tersedia sejak pertama kali dirilis. Versi original-nya dibuat oleh pengembang Mojang Studios  melalui program Java. Versi populer lainnya selain dari yang original namun cukup populer adalah melalui Bedrock. Seiring berjalannya waktu, versi-versi lainnya dari Minecraft juga telah dirilis untuk menyesuaikan konsol permainanya (entah itu Xbox, PC, Playstation, Nintendo Switch, dan lain-lain), serta fungsinya sebagai kurikulum pendidikan dalam sekolah.

6. Dunia dalam Minecraft ada batasannya

Game Perancang Dunia yang Populer, Ini 9 Fakta Mengenai 'Minecraft'indianaexpress.com

Karena bersifat open-world, maka para pemain Minecraft mengenalnya sebagai game yang memiliki dunia yang tak terbatas. Namun, pernyataan ini sebenarnya kurang tepat karena selalu ada batasan dalam sebuah permainan. Markus Persson juga menyebutkan dalam blog-nya bahwa permainan ini memiliki batasan namun bukan batasan yang sulit dipahami.

Markus menjelaskan bahwa semakin jauh pemain menjelajahi dunia Minecraft, maka dunianya akan terlihat semakin buram secara keseluruhan. Beberapa aset permainan perlahan-lahan akan terlihat melayang. Ketika pemain sudah mencapai titik tertentu, maka ada sebuah 'batasan dunia' yang memberikan peringatan kepada para pemain. Jika mereka mencoba melewati batasan tersebut, maka  permainannya akan mulai macet. 

7. Sound effect Ghast terinspirasi dari kucing sang produser musik

Game Perancang Dunia yang Populer, Ini 9 Fakta Mengenai 'Minecraft'gamerant.com

Sound effect dalam game minecraft ternyata terinspirasi dari suara-suara yang terdengar di kehidupan nyata. Salah satu contohnya yang paling menarik adalah sound effect Ghast yang muncul di dalam permainannya. Sound effect ini terinspirasi dari kucing peliharaan milik produser musik minecraft, yaitu Daniel Rosenfeld, yang lebih dikenal dengan nama panggungnya yaitu C418.

8. Asal usul Creeper

Game Perancang Dunia yang Populer, Ini 9 Fakta Mengenai 'Minecraft'indianaexpress.com

Creepers merupakan salah satu karakter antagonis yang paling sering muncul di dalam Minecraft. Ia termasuk karakter yang harus dihindari karena kemampuannya  menyelinap secara diam-diam dan menghancurkan pembangunan para pemain. 

Makhluk terkutuk ini merupakan hasil ciptaan yang tidak disengaja. Para pengembangnya sebenarnya bermaksud untuk membuat seekor babi, tetapi secara tidak sengaja melakukan kesalahan dalam coding. Berdasarkan sebuah film dokumenter tahun 2012 yang berjudul “Minecraft: The Story of Mojang,” Marcus Persson mengungkapkan bahwa saat itu ia tidak memiliki program pemodelan dalam komputernya, sehingga tidak dapat melihat hasil kreasinya. 

Meskipun merupakan hasil ciptaan yang tidak disengaja karena ada kesalahan dalam coding, Creepers pun berhasil menjadi salah satu monster yang paling ikonik dalam merepresentasikan Minecraft.

9. Kejutan menarik diberikan bagi para pemain yang setia

Game Perancang Dunia yang Populer, Ini 9 Fakta Mengenai 'Minecraft'indianaexpress.com

Ada sebuah kejutan menarik bagi para pemain yang telah memecahkan rekor memainkan permainan sebesar 10.000 kali. Nama Minecraft yang muncul pada menu utama akan berubah, seperti terjadinya sebuah error dengan nama permainan tersebut. 

Alih-alih Minecraft, nama permainannya malah menjadi "Minceraft". Kejutan ini disebutkan tidak selalu terjadi setiap saat, namun berhasil membuat para pemainnya tertarik untuk memecahkan rekor bermain sebesar 10.000 kali.

Itulah 9 fakta mengenai Minecraft yang perlu dipahami untuk mengenal permainan tersebut, Bela. Apakah kamu juga tertarik untuk memainkannya?

Baca Juga: 7 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Dimainkan, Ada yang Mirip 'Pokemon'

Baca Juga: EXO Rilis Game “EXO Ship Saga” Jelang Comeback, Ini Cara Bermainnya!

Baca Juga: Temani Waktu Senggangmu, Ini 9 Video Game Bergaya Anime dan Manga