Membersihkan alat elektronik merupakan hal yang pada umumnya sering diabaikan di rumah. Sebenarnya, alat elektronik yang sering bersentuhan dengan tangan dan digunakan sehari-hari ini adalah sarang kuman.

Terutama layarnya, jika kotor karena jarang dibersihkan akan lebih rentan rusak. Melansir Popsugar, kamu sebaiknya membersihkan layar alat elektronik dengan kain pembersih mikrofiber yang telah dituangkan dengan sedikit alkohol (70%) agar bebas kuman. 

Memang ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan ketika membersihkan layar alat elektronik. Menurut para ahli, berikut adalah cara membersihkan layar dari berbagai alat elektronik dengan tepat.

Cara membersihkan layar TV

Cara Membersihkan Layar Alat Elektronik yang Tepat, Menurut Para AhliDok. Internet

Para ahli menyarankan untuk membersihkan TV sekali dalam seminggu. Gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan debu yang menumpuk di bagian layar. 

Gunakan larutan pembersih seperti alkohol (70%), untuk membersihkan layar TV. Tuangkan larutannya ke dalam botol penyemprot. Semprotkan larutannya ke kain dahulu, sebelum digunakan untuk membersihkan layar TV.

Hindari menyemprot larutannya langsung ke layar TV karena layar TV yang terlalu basah lebih rentan rusak.

Jangan lupa bersihkan juga remote TV menggunakan alkohol atau cairan disinfektan lainnya, karena alat ini sering dipegang atau digunakan oleh seluruh anggota keluarga.

Cara membersihkan layar komputer atau laptop

Cara Membersihkan Layar Alat Elektronik yang Tepat, Menurut Para Ahliduniadosen.com

Membersihkan layar komputer atau laptop mirip dengan membersihkan TV. Gunakan kain mikrofiber atau kain katun untuk membersihkan debu pada monitor komputer atau laptopmu. 

Tuangkan cairan pembersih ke kain dan gunakan kainnya untuk membersihkan monitor/ laptopmu. Jauhkan cairan pembersih dari monitor/ laptop karena karena berisiko merusak perangkatnya jika tidak sengaja tumpah. 

Cara membersihkan layar iPad

Cara Membersihkan Layar Alat Elektronik yang Tepat, Menurut Para AhliPexels.com/Pixabay

Apple memiliki cara khusus untuk membersihkan produk elektroniknya yang mewah. Jika ingin menggunakan cairan pembersih, pastikan kamu mematikan perangkatnya dahulu sebelum mulai membersihkan perangkatnya, termasuk layarnya. 

Apple menyarankan untuk menghindari menggunakan cairan aerosol, pemutih, dan bahan pembersih lainnya yang bersifat abrasif. Gunakan kain lembut yang tidak berbulu tebal untuk membersihkan layar perangkat tersebut.

iPad yang ingin dibersihkan sebaiknya juga tidak dalam keadaan sedang dicas.

Cara membersihkan layar ponsel

Cara Membersihkan Layar Alat Elektronik yang Tepat, Menurut Para AhliTechradar.com

Ponsel yang sering kita genggam ini sudah sewajarnya wajib dibersihkan setiap hari, Matikan ponsel sepenuhnya, dan lepas ponsel dari casing sebelum dibersihkan. 

Gunakan kain mikrofiber lembut yang sedikit lembap untuk membersihkan ponsel beserta layarnya. Tuangkan sedikit alkohol ke kain tersebut. Alkohol berfungsi sebagai disinfektan yang mampu membersihkan dari kotoran, kuman, bakteri, dan lain-lain. 

Hati-hati dalam membersihkan layar ponsel, untuk menghindari menggores layar dengan tidak sengaja.  Hindari juga membersihkan di area speaker karena rentan rusak jika terkena cairan.

Itulah cara membersihkan layar alat elektronik yang tepat, menurut para ahli. Jadi, gimana, nih, apakah kamu rajin membersihkan alat elektronikmu di rumah, Bela?

Baca Juga: 7 Cara Membersihkan Alat Dapur yang Gosong, Bikin Kinclong Lagi!

Baca Juga: 10 Cara Membersihkan Cermin Agar Kembali Kinclong Seperti Baru

Baca Juga: Nggak Perlu Beli Baru, ini 7 Cara Membersihkan Panci Gosong