Majunya perkembangan digital zaman sekarang membuat segala sesuatu dapat terjadi, baik dari sisi positif maupun negatif. Salah satu contoh negatif adalah cyberbullying. Bullying sendiri dapat diartikan sebagai penindasan ataupun kekerasan baik secara fisik maupun nonfisik. Sedangkan cyberbullying sendiri merupakan penindasan yang terjadi di dunia maya atau internet.

Ternyata perilaku bullying itu tidak hanya melukai korban pada saat itu saja, tapi dapat berbekas dan mengakibatkan sakit yang mendalam. Dalam upaya tersebut, Facebook meluncurkan program Live Series bertajuk “Curhatan Netizen” yang terdapat di halaman Facebook Indonesia. “Curhatan Netizen” merupakan program live series bulanan untuk memberikan edukasi kepada publik tentang cara mengendalikan pengalaman mereka di ranah online.

Sharing Pengalaman, Facebook Luncurkan Program Curhatan NetizenFacebook.com

Jumat (11/10) lalu, Facebook mengundang beberapa media untuk menyaksikan acara live series perdana yang bertepatan di kantor Facebook Indonesia. Pada pukul 4 sore, acara tersebut dimulai dengan tema mengatasi online bullying. Acara ini dipandu oleh salah satu kreator ternama Indonesia, Edho Zell. Dalam membawakan acara tersebut, Edho Zell ditemani Cindy Thefani salah satu beauty influencer yang sempat menjadi korban bullying pada masa remaja dulu.

Acara ini menyediakan wadah bagi masyarakat yang ingin berbagi pengalaman, khususnya masalah bullying. Warganet dapat menceritakan pengalaman mereka melalui nomor telepon yang sudah disiapkan oleh tim Facebook. Lewat acara tersebut kita dapat berbagi pengalaman menarik di media sosial.

Sharing Pengalaman, Facebook Luncurkan Program Curhatan NetizenUnsplash.com

Live series ini hanya diadakan satu bulan sekali dengan tema yang berbeda-beda setiap bulannya. Untuk episode kedua dan ketiga, Popbela sudah punya bocorannya nih yaitu akan membahas tentang privasi dan keamanan online untuk anak.

Bagi kalian yang penasaran dan ingin membagikan pengalaman kalian, pantau terus Facebook Indonesia ya Bela!

Baca Juga: Facebook Café Hadir di Jakarta, Ajak Publik Tingkatkan Privasi