Bela, kalian tahu nggak sih kalau ternyata kebanyakan orang Indonesia itu merasa aman secara keuangan? Namun hanya 37% dari mereka yang memiliki tabungan untuk mencukupi pengeluaran lebih dari 6 bulan bila mereka kehilangan mata pencaharian utamanya. 

Kebanyakan orang Indonesia di usia 35 tahun belum memulai perencanaan keuangan dan baru di usia 41 tahun mereka mulai menyiapkan rencana pensiun. Sebenarnya hal tersebut benar atau salah ya?

Nah, untuk menjawab pertanyaan di atas GoBear sebagai supermarket keuangan terkemuka di Asia punya solusinya nih Bela. GoBear mempunyai misi untuk meningkatkan kesehatan keuangan para pengguna. Pada 30 Oktober lalu, GoBear resmi hadir di Indonesia dan sekaligus juga meluncurkan GoBear Financial Health Index sebagai bentuk komitmennya untuk berkontribusi meningkatkan kesehatan keuangan masyarakat Indonesia.

GoBear Indonesia Hadir, Tingkatkan Masalah Kesehatan Ekonomi  Doc. Istimewa

Apa sih sebenarnya GoBear Financial Health Index (FHI) ini? Nah, Popbela kasih tahu nih. FHI adalah studi yang dilakukan dengan tujuan untuk memahami apa yang masyarakat Asia pikirkan, rasakan dan lakukan terkait dengan kesehatan keuangan mereka.

“FHI sebagai inisiatif pendidikan utama tentang kesehatan keuangan berupaya mengidentifikasi pola sikap dan perilaku keuangan masyarakat Indonesia. FHI juga menawarkan konsep kesehatan keuangan yang memperhitungkan 3 komponen, yakni literasi keuangan, keamanan, dan inklusi keuangan,” jelas Tris Rasika, Country Director GoBear Indonesia.

GoBear Indonesia Hadir, Tingkatkan Masalah Kesehatan Ekonomi  Doc. Istimewa

“Zaman sekarang, generasi millennial berfokus pada karier dan perencanaan keuangan jangka pendek. Secara budaya, tampak bisa diterima jika orangtua masih terlibat penuh dalam membantu keuangan anaknya, bahkan ketika anak-anak mereka telah lulus bekerja. Tingkat ketergantungan masih tinggi dan ini akan berkaitan erat dengan keamanan finansial masa depan,”  komentar pakar keuangan.

Platform GoBear Indonesia berfungsi untuk membantu pengguna menemukan produk keuangan yang paling tepat berdasarkan profil dan kebutuhan mereka. Selain di Indonesia, GoBear hadir di 7 lokasi Asia seperti Singapura, Hong Kong, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam.

"Lewat situs GoBear, siapun bisa mengakses produk keuangan yang dicari, secara singkat atau sederhana dan transparan. Para pengguna hanya perlu memasukkan profil dan akan keluar rekomendasi produk keuangan yang paling tepat dan sesuai dengan profilnya. Mereka juga dapat membandingkan produk keuangan yang tersedia dengan lebih mudah," ujar Tris Rasika. 

Baca Juga: Tanpa Disadari, Generasi Millennial Telah Membuat 5 Perubahan Besar dalam Perekonomian Dunia