Bela, Siapa sih yang tidak ingin menjadi seseorang yang sukses?  Semua orang pasti ingin merasakan berdiri di puncak kesuksesan. Bahkan jika disurvei maka hampir seluruh orang di dunia ini menjadikan sukses sebagai salah satu pencapaian utama dalam hidupnya. Namun, apakah sukses hanya sebuah pencapaian? Yang hanya diam di satu posisi tanpa perlu dikejar?  Kenyataannya tidak, sukses sudah mulai terlihat dari proses yang kamu lakukan.

Ini lima prinsip yang harus kamu miliki agar menjadi seseorang yang sukses.

1. Berprestasi adalah keharusan, bukan pilihan

Sukses Itu Bukan Sekedar Pencapaian, Melainkan Perbuatanunsplash.com/Oliver Thomas Klein
 

Memulai dari awal selalu menjadi pilihan yang sulit dan penuh perjuangan. Namun, kesuksesan yang dimulai dari awal akan selalu menjadi kenangan yang indah di puncak kesuksesan. Dengan bangga, kamu bisa bercerita bahwa segala sesuatu yang kamu berhasil capai dan raih di hari ini adalah angka 0 yang kamu usahakan menjadi 100. Mempunyai prinsip yang kuat jika berprestasi adalah keharusan, bukan pilihan akan membuatmu sadar bahwa kamu harus terus bergerak dan menghasilkan karya agar tangga menuju kesuksesanmu terangkai dengan sempurna.

2. Ambisi tapi tidak terobsesi

Sukses Itu Bukan Sekedar Pencapaian, Melainkan PerbuatanUnsplash.com/Annie Spratt

Ambisi, boleh. Tetapi obsesi? Jangan. Ambisi akan membuat terus bersemangat dalam menyelesaikan segala sesuatu dengan sempurna. Sedangkan obsesi akan membuatmu jadi tidak terkendali, kamu akan melakukan segala cara untuk mencapai suksesmu dan menghancurkan segala yang kamu pikir akan menghalangimu. Bagi anak zaman sekarang, seorang yang ambisius akan menjadi ledekan dengan julukan “Ambis”, karena terlihat terlalu rajin atau bersemangat dalam melakukan sesuatu. Padahal menjadi ambisius itu hal yang sangat bagus lho, Bela!

3. Bukan iri, tetapi mudah termotivasi oleh keberhasilan orang lain

Sukses Itu Bukan Sekedar Pencapaian, Melainkan Perbuatanunsplash.com/John-Mark Kuznietsov
 

Menjadi sosok yang mudah iri dengan orang lain? Sudah dipastikan kamu akan gagal meraih kesuksesanmu dengan baik. Bagaimana jika iri dengan hal yang baik? Tetap tidak boleh! Bela, kamu bisa ganti rasa irimu dengan rasa motivasi. Jadilah orang yang mudah termotivasi dengan kesuksesan orang lain. Tanamkan pikiran, “Jika dia saja bisa, mengapa aku tidak?”

4. Bekerja dengan hati

Sukses Itu Bukan Sekedar Pencapaian, Melainkan Perbuatanunsplash.com/Arnel Hasanovic
 

Bekerja dengan hati akan menghasilkan karya dan prestasi yang hebat karena didasari dengan rasa cinta dan keikhlasan. Lakukan setiap hal dalam hidupmu dengan baik dan benar. Syukurilah setiap proses yang terjadi, dengan bersyukur kamu bisa lebih menghargai kesuksesan yang kamu dapat kelak.

5. Iringi setiap langkah dengan keyakinan kepada Tuhan

Sukses Itu Bukan Sekedar Pencapaian, Melainkan Perbuatanunsplash.com/Dose Media

“With God, everything is possible” Pasti! Bersama-Nya segala sesuatu akan menjadi mungkin. Sekeras apapun perjuanganmu, dan sehebat apapun prestasi yang kamu raih. Jika kamu tidak mengharap dan berpasrah kepada-Nya maka tidak akan ada hasil yang sempurna. Berdoa menjadi penting, karena terkadang doa menjadi penutup dan penentu dari segala perbuatan yang kamu lakukan.

Bela, sukses bukan hanya dilihat dari hasil dan pencapaian yang kamu dapat. Tetapi, perbuatan kamu selama mencari kesuksesan tersebut menjadi penting, karena dari sanalah kualitas kesuksesanmu akan terlihat. Semangat ya, Bela! Semoga sukses!

Penulis : Shintya Maharani

BACA JUGA : Jangan Sekadar Bermimpi Saja, Tapi Wujudkan Mimpi Dengan Trik Ini