Banyak orang ingin bepergian murah tapi terhalang oleh biaya akomodasi yang bisa mencekam dompet. Apa kamu salah satunya, Bela? Belum kamu harus beli tiket transportasi untuk pulang pergi, belum lagi kamu harus memikirkan living cost di tempat tujuan, banyak yang harus dibayar. Tapi tenang saja, Popbela punya delapan rahasia supaya kamu bisa hemat dalam perjalananmu selanjutnya. Yuk simak!

1. Gunakan aplikasi pencari lokal

8 Rahasia Travelling Murah ala Popbela
www.videoblocks.com
Aplikasi pencari lokal biasanya memiliki penawaran yang menarik. Ada kumpulan informasi yang bisa kamu dapatkan sebagai pengetahuanmu, atau juga penawaran diskon tempat-tempat di kota yang kamu kunjungi. Manfaatkanlah informasi dalam aplikasi ini, Bela!

2. Jangan memilih tanggal tertentu

8 Rahasia Travelling Murah ala Popbela
www.safebee.com
Biasanya, kalau kamu booking tiket pesawat jauh-jauh hari, kamu akan mendapatkan harga yang murah. Tapi supaya kamu dapat harga yang lebih murah lagi, kamu cek di aplikasi online yang menyediakan low-cost kalender, seperti Skyscanner. Jadi, kamu nggak bisa memilih tanggal yang kamu mau, tapi kamu justru akan dapat harga tiket pesawat yang murah karena bukan pergi di masa peak season.

3. Selalu gunakan mata uang lokal

8 Rahasia Travelling Murah ala Popbela
publiconsulting.ga
Biasanya beberapa negara menawarkan pilihan padamu untuk membayar dengan mata uang dari negara lain, tapi penjual akan mengkonversikan dua sampai tiga kali lipat. Otamatis hal ini akan membuat isi dompetmu banyak berkurang. Lebih baik, kamu selalu gunakan uang mata lokal supaya lebih irit.

4. Pergi ke museum-museum gratis

8 Rahasia Travelling Murah ala Popbela
www.telegraph.co.uk
Banyak museum yang bisa kamu kunjungi secara gratis. Tentunya ada jam-jam tertentu, Bela. Kamu harus mencari dulu kapan museum yang ingin kamu tuju bisa dikunjungi secara gratis. Colosseum misalnya, museum ini dibuka secara gratis tiap hari minggu di awal bulan.

5. Pilih penginapan apartemen

8 Rahasia Travelling Murah ala Popbela
thebusinessofstory.com
Dengan menyewa apartemen, kamu bisa mendapat banyak keuntungan. Selain kamu bisa sharing pembayaran dengan teman-temanmu, biasanya apartemen sudah memiliki fasilitas yang lengkap, termasuk dapur, dan mesin cuci. Jadi, kamu bisa berhemat dengan memasak dan mencuci bajumu sendiri. Rekomendasi aplikasi untuk booking apartemen itu sendiri ada Airbnb, HomeAway, 9 Flats, dan Thehomelike.

6. Gunakan ransel dibanding koper

8 Rahasia Travelling Murah ala Popbela
www.pinterest.com
Travelling dengan menggunakan ransel adalah salah satu cara ampuh untuk memotong biaya perjalanan karena banyak maskapai penerbangan yang mengurangi biaya tiket perjalananmu jika kamu hanya membawa ransel dan tas kecil.

7. Jangan menyewa mobil di kota besar

8 Rahasia Travelling Murah ala Popbela
www.heraldextra.com
Menyewa mobil memang banyak keuntungannya jika kamu memiliki banyak tujuan yang ingin dikunjungi. Tapi kalau di kota besar, biasanya kamu akan merasa terbebani karena biaya parkir yang mencekik dan kemacetan tinggi yang bisa berakibat pada pemborosan bensin. Untuk menyimpan uangmu, lebih baik gunakan transportasi publik atau menyewa sepeda.

8. Kombinasikan penggunaan transportasi

8 Rahasia Travelling Murah ala Popbela
www.news1130.com
Untuk memotong biaya perjalanan, kamu bisa mengombinasikan pesawat dengan kereta. Misalnya, penerbangan ke Roma kemudian diikuti dengan naik kereta ke Venice lebih menekan biaya transportasi dibanding jika kamu mengambil penerbangan langsung ke Venice. Contoh lainnya, penerbangan lokal dari Bangkok ke Phuket akan lebih murah dibanding kamu ambil penerbangan langsung ke Phuket.
Ditulis oleh: Salsabil Nabila Afhani

 

BACA JUGA : Kamu yang Suka Traveling Pasti Cocok Bekerja di 8 Bidang Ini