Banyak perempuan berhijab di dunia yang sukses berkiprah di bidangnya, termasuk olahraga. Bahkan para hijabers ini dipercaya untuk mewakili setiap bangsanya dalam pertandingan olahraga dunia seperti olimpiade. Walaupun berhijab, banyak diantara mereka menorehkan prestasi yang gemilang dalam bidang olahraga yang mereka geluti. Hal ini membuktikan bahwa berhijab bukan halangan bagi mereka untuk menuai prestasi. Nah, kali ini Popbela akan membahas tentang atlet-atlet kelas dunia dengan tampilan hijabnya, semoga bisa menginspirasi kamu ya, Bela!

1. Raisa Aribatul Hamidah

Atlet Kelas Dunia Dengan Tampilan Hijab Mereka
mainbasket.com
Raisa Aribatul Hamidah, ia adalah salah satu pemain basket dalam laga Women’s Indonesia Basket League (WIBLL) antara Surabaya Fever melawan Tomang Sakti Merpati Bali II di Britama Arena Jakarta, 28 Mei 2016 yang lalu. Bisa dikatakan dia adalah satu dari sekian pebasket Indonesia yang mengenakan hijab. Bukan hal yang mudah untuk Raisa memakai hijab pada saat pertandingan. Buktinya dia pernah dua kali dicoret dari timnas lantaran hijabnya tersebut. Sampai akhirnya ia membuat petisi dan dengan itulah ia berhasil menjadi pemain basket pertama yang mengenakan hijab di kancah internasional.

2. Ibtihaj Muhammad

Atlet Kelas Dunia Dengan Tampilan Hijab Mereka
kimberlyelise.com
Ibtihaj Muhammad, adalah seorang atlet anggar pedang dan anggota tim Anggar Amerika Serikat. Dia terkenal karena menjadi atlet muslim Amerika pertama yang mengenakan hijab saat berkompetisi. Pada olimpiade musim panas tahun lalu, Ibtihaj berhasil memenangkan pertarungan babak kualifikasi pertama. Dia berhasil meraih medali perunggu sebagai bagian dari tim USA di Sabre Team. Ibtihaj juga sekaligus menjadi atlet muslim pertama yang mendapatkan medali di olimpiade. Wah, hebat ya, Bela.

3. Lia Karina Mansur

 
 
Cantik, berhijab, dan jago taekwondo. Itulah yang menggambarkan sosok Lia. Lia merupakan salah satu atlet taekwondo yang membanggakan Indonesia. Bagaimana tidak? Lia berhasil meraih medali kejuaraan taekwondo di dunia. Seperti halnya saat SEA GAMES untuk kelas 57 kg putri berhasil mendapatkan medali perak. Selain menjadi seorang atlet yang sangat membanggakan, Lia juga merupakan finalis Dimas Diajeng Kota Yogyakarta pada tahun 2015. Walaupun Lia garang pada saat pertandingan, ia juga membuktikan bahwa dirinya memiliki sisi kecantikan dan kelembutan yang sangat mengagumkan. 

4. Shirin Gerami

Atlet Kelas Dunia Dengan Tampilan Hijab Mereka
spinlister.com
Shirin gerami adalah atlet triathlon (red— olahraga yang menggabungkan tiga cabang olahraga: berenang, lari sprint, dan bersepeda​) pertama Iran yang bersaing dalam kejuaraan dunia. Shirin juga perempuan yang pertama kali diizinkan untuk mewakili negara Iran dalam kompetisi triathlon. Banyak rintangan yang dihadapi oleh wanita 26 tahun ini untuk bisa mencapai prestasinya yang luar biasa, seperti Shirin harus berkomitmen melakukan pelatihan intensif ditambah lagi dengan latihan berat sejauh 140,6 mil. Dan tidak hanya itu, dia juga harus melawan rintangan dari pemerintah bangsanya sendiri hanya untuk mengharumkan nama bangsa di kancah dunia. Wah, keren banget ya, Bela!

5. Annur Amalia El Islamy

 
Annur Amalia El Islamy berhasil mengantarkan DKI meraih medali emas dari cabang hoki indoor di PON tahun 2016 Jawa Barat.Perempuan ini pun tak luput dari sorotan publik karena ia selalu mengenakan hijabnya ketika bertanding di lapangan. Ia mengaku bahwa hijab sama sekali tidak mempengaruhi dalam bertanding di lapangan. Amalia juga mengungkapkan bahwa dia akan terus bermain hoki hingga targetnya tercapai yaitu pada usia 24 tahun dapat bermain di SEA GAMES 2017, ASIAN GAMES 2018, serta Olimpiade di Tokyo pada tahun 2020 mendatang.

Penulis : Aditya Octaviana

BACA JUGA: 11 Atlet Perempuan yang Membawa Nama Indonesia di Olimpiade 2016​