Sang penjahat ikonik asal Gotham, akan beraksi kembali pada sekuel Joker: Folie à Deux yang rilis pada 4 Oktober 2024. Warner Bros pun mengamanahkan Todd Philips untuk kembali menggarap Joker: Folie a Deux. Bersama Scott Silver, Todd Philips juga menggarap naskah screen-play film sekuel Joker. 

Joaquin Phoenix kembali memerankan Arthur Fleck dengan akting totalitas yang memukau. And guess what, Lady Gaga juga dikonfirmasi akan memerankan Harley Quinn!

Joker menjadi film independen dari DC Universe dengan rating R paling tinggi yang sukses meraup pendapatan kotor sebesar US$1,07 miliar atau sekitar Rp16 triliun (US$1= Rp14.886) secara global. 

Berbeda dengan film sebelumnya yang bergenre psychology thriller, Joker: Folie a Deux akan bertemakan musikal (tentunya dengan menambahkan unsur dark dari film sebelumnya).

Lady Gaga Bakal Bintangi 'Joker: Folie à Deux' Bareng Joaquin Phoenix!Pinterest.com

Kesuksesannya dalam memerankan Joker tentunya membuat Phoenix berhasil memborong banyak penghargaan bergengsi, seperti Academy Awards, BAFTA Film Awards, hingga Critics Choice Movie Awards untuk kategori aktor terbaik.

Rilis pada tahun 2019, Joker masuk dalam 11 nominasi Academy Awards ke-92, beberapa di antaranya kategori Best Actor, Best Picture, dan Original Music Score.

Joker patut diapresiasi sebagai salah satu karakter antagonis terbaik dalam sejarah perfilman. Aktor yang berperan sebagai Joker dapat menghipnotis penonton dengan aktingnya yang memukau dan totalitasnya dalam menjiwai karakter.

Dua aktor legendaris, mendiang Heath Ledger (The Dark Knight) dan Joaquin Phoenix (Joker) pun berhasil membawa pulang penghargaan Academy Awards dalam kategori Aktor Terbaik setelah berperan sebagai Joker.

Pengumuman sekuel 'Joker' rilis setelah penarikan film 'Batgirl'

Lady Gaga Bakal Bintangi 'Joker: Folie à Deux' Bareng Joaquin Phoenix!© 2019 - Warner Bros. Pictures

Konfirmasi sekuel Joker ini bertepatan setelah Warner Bros membatalkan penayangan film Batgirl di bioskop maupun di layanan streaming HBO Max.

Batgirl merupakan film yang diadaptasi dari DC Comics yang mendapat penilaian buruk dari uji coba tes penonton.

Dengan biaya produksi sekitar US$90 juta, Batgirl menjadi film termahal yang "dibuang" Warner Bros.

Sutradara Batgirl, Adil El Arbi dan Bilall Fallah mengekspresikan kesedihan atas gagalnya penayangan Batgirl. Selain penilaian yang buruk dari uji coba tes penonton, insentif pajak juga menjadi alasan kuat pembatalan film Batgirl.

Prediksi Alur Cerita Joker: "Folie Deux"

Lady Gaga Bakal Bintangi 'Joker: Folie à Deux' Bareng Joaquin Phoenix!Twitter.com

Joker merupakan film adaptasi dari komik DC. Film bergenre psychological thriller ini tayang pada tahun 2019 yang sukses mendapat komentar positif dari masyarakat dan kritikus film. Joker sendiri menggambarkan isu kehidupan sosial masyarakat kelas bawah di Amerika Serikat dan mengangkat stigma penyakit mental.

Joker berfokus pada kisah pilu Arthur Fleck, seorang komedian gagal yang mengalami skizofrenia dan neurological disorder, penyakit yang membuat penderitanya tertawa pada waktu yang tidak seharusnya tertawa.

Akhir cerita Joker 1 menggambarkan kekecewaan dan kegagalan Arthur sebagai komedian dan berubah menjadi 'Joker', penjahat gila di kota Gotham yang kerap melakukan aksi kriminal.

Jika mengikuti alur cerita di komik, sekuel Joker ini dipastikan akan mengisahkan pertemuan Joker dengan Harley Quinn, psikiater di Arkham Mental Hospital. Pertemuan keduanya pun menghasilkan benih-benih cinta dan kemungkinan akan menjalin hubungan saat berada di Arkham.

Lady Gaga Bakal Bintangi 'Joker: Folie à Deux' Bareng Joaquin Phoenix!Youtube.com/One Media

Namun, Warner Bros pun belum mengkonfirmasi alur cerita sekuel Joker.

Dalam komiknya, Harley Quinn merupakan terapis Joker di Arkham. Selama sesi terapi, Joker memanipulasi Quinn, merayunya serta menjanjikan kebebasan kepadanya. Joker yang berhasil mencuci otak pun meyakinkan Quinn bahwa dia sangat mencintainya.

Quinn dan Joker pun menjadi pasangan gila yang kerap melakukan aksi kriminal dan membuat kerusuhan di kota Gotham.

Joker 2 dipastikan akan berlatar belakang di Arkham Asylum dengan premis sesuai dengan judul sekuel ini yang artinya "Kegilaan kedua" dalam bahasa Prancis.

Melalui akun Twitter-nya, Lady Gaga juga mengonfirmasi dirinya akan berperan sebagai Harley Quinn dalam Joker:  Folie a Deux. Lady Gaga mengunggah video teaser singkat sekuel Joker. Video berdurasi 18 detik itu menampilkan Joker dan Harley Quinn yang sedang menari dengan alunan musik klasik 1980-an yang diakhiri dengan tawa khas Joker.

Mari kita tunggu saja kabar kelanjutan dari Warner Bros, Bela!

Baca Juga: Telan Korban Jiwa, Pemuda Ini Akhiri Hidupnya Setelah Tonton Joker

Baca Juga: Kekesalan Jared Leto Saat Tahu Joker versi Joaquin Phoenix Raup Sukses

Baca Juga: 10 Gaya Klasik dan Ikonik Lady Gaga di Film House of Gucci