Gina S Noer kembali membuat karya terbarunya menjadi sebuah serial berjudul Saiyo Sakato. GoPlay Indonesia bersama dengan Wahana Kreator resmi meluncurkan serial Saiyo Sakato ini pada Jumat, (24/01/2019), di Conclave, Jakarta. 

Saiyo Sakato memiliki arti 'seia sekata' dalam bahasa Minang. Saiyo Sakato bercerita tentang dua perempuan dari dua keluarga yang berbagi cinta dengan seorang pria Minang. Konflik pun muncul ketika sang suami wafat, Mar (istri pertama) tidak terima dengan perbuatan Nita (istri kedua) yang membuka usaha restoran Padang dengan nama yang serupa persis di seberang restoran miliknya. 

Terinspirasi dari Pedagang Sate Ayam, Inilah Fakta Serial Saiyo Sakatoinstagram.com/mrssimanullang

Ide pembuatan serial ini sudah ada sejak tahun 2015. Saat Gina S Noer, selaku Penulis sekaligus Showrunner serial ini, mengaku mendapatkan ide saat tengah membeli sate ayam di pinggiran Jakarta. 

"Saya malam-malam lagi beli sate terus ada bapak dan ibu penjualnya. Lalu datanglah keponakan mereka. Keponakannya pergi, nah si bapak ibu ini jadi gosipin keponakannya. Saya perhatiin, saya duduk itu, dan terpikir bahwa orang yang jualan juga punya hidupnya sendiri. Akhirnya setelah itu masuk ke dalam mobil langsunglah pitching ke suami saya. Karena saya menikah dengan orang Minang juga jadi dan kepikiran Saiyo Sakato ini," ungkap Gina S Noer. 

Di serial Saiyo Sakato ini adalah pertama kalinya kolaborasi Cut Mini dan Nirina Zubir untuk beradu akting. Cut Mini  mengaku saat pertama kali ketemu Nirina, ia langsung memblokirnya. 

"Saya langsung block. Energi saya tidak akan pernah saya berikan kepada dia," kata Cut Mini. "Saya akan kasih liat kalau saya kesel dan benci," tambahnya. Itu ia lakukan agar aktingnya benar-benar menjiwai dan totalitas. 

Terinspirasi dari Pedagang Sate Ayam, Inilah Fakta Serial Saiyo Sakatoinstagram.com/gamaliel_eleazar

Nirina Zubir juga mengaku ingin memerankan sebuah karakter yang berbeda. "I want something else, I want something yang antagonislah gitu. Keluarin gue dari kotak nyaman gue dong," ujar Nirina. Ia menjelaskan saat hari pertama reading semua yang diinginkan terjadi. 

"Saya masuk ke dalam ruangan reading, semua salam semua 'hai-hai' dan ada satu orang bilang, 'oh ini'. Bukan hanya dia anaknya juga, 'oh ini yang ngambil bapak gue'. Saya pikir dia bercanda dong. Nggak, ternyata terjadi sampai shooting," ungkap Nirina Zubir. 

Saiyo Sakato sudah tayang 2 episode di GoPlay dari total keseluruhan 10 episode. Penasaran dengan kelanjutan drama serial ini? Jangan sampai ketinggalan ya, serial ini akan tayang setiap hari Kamis di GoPlay Indonesia. 

Baca Juga: Menegangkan dan Bikin Penasaran, Ini 5 Fakta Film 'KKN di Desa Penari'