Bukan hanya memberikan hadiah-hadiah mahal untuk idolnya yang sedang berulang tahun, fans di Korea ini justru melakukan hal yang mulia. Mereka melakukan aksi galang dana di hari ulang tahun artis idolanya. 

Hingga saat ini masih banyak fans di Korea yang melakukan aksi donasi tersebut. Jumlah donasi yang dikumpulkan bisa mencapai ratusan juta rupiah lho! Berikut beberapa kegiatan donasi oleh fans K-Pop di Korea. 

1. Perayaan ulang tahun Kang Daniel yang ke-23

Menyentuh, 4 Aksi Galang Dana Fans di Korea Saat Idolanya Ulang Tahuninstagram.com/wannaone_danielkang

Sebagai perayaan ulang tahun yang ke-23, para penggemar Kang Daniel melakukan aksi galang dana untuk anak-anak yang mengidap penyakit kronis, pada Selasa (10/12/2019). Total donasi yang berhasil dikumpulkan mencapai 12,1 juta won korea atau sekitar Rp140 juta. 

Mereka menamai donasi tersebut dengan nama "God Daniel" dan diberikan kepada asosiasi Korea untuk anak-anak yang menderita penyakit kronis. Jumlah donasi tersebut disamakan dengan tanggal lahir Kang Daniel, yakni 10 Desember.

2. Donasi rutin fans G-Dragon BIGBANG

Menyentuh, 4 Aksi Galang Dana Fans di Korea Saat Idolanya Ulang Tahunscmp.com

Fans G-Dragon BIGBANG yang bergabung dalam twitter @GD_Supporters dan akun Weibo '0818PLUS', selalu memberikan donasi rutin saat hari ulang tahun idolanya. Pada tahun 2017, fans G-Dragon berhasil mengumpulkan donasi sebesar 8,18 juta won atau yang saat itu sekitar Rp102 juta. 

Semua donasi tersebut diberikan kepada Purme Foundation, sebuah organsiasi yang membantu kaum difabel di Seoul, Korea Selatan.

3. Fans Yoo Ah In

Menyentuh, 4 Aksi Galang Dana Fans di Korea Saat Idolanya Ulang Tahuninstagram.com/hongsick

Pada 2017 bertepatan dengan hari ulang tahun yang ke-32, fans Yoo Ah In melakukan galang dana untuk membantu anak-anak penderita kanker. Fans Yoo Ah In berhasil mengumpulkan dana sebesar 8,8 ribu US Dolar atau sekitar Rp144,4 juta. 

4. Ulang tahun Gong Yoo yang Ke-40 tahun.

Menyentuh, 4 Aksi Galang Dana Fans di Korea Saat Idolanya Ulang Tahuninstagram.com/gongyoo7010

Pada 2018 tepat saat ulang tahun Gong Yoo ke-40, para fansnya membuat perayaan dengan melakukan penggalangan dana. Fans yang diberi nama 'Yoo & I' tersebut berhasil mengumpulkan donasi sebesar 16 juta won atau setara dengan Rp204 juta. Mereka memberikan donasi tersebut kepada yayasan Korean Leukimia Foundation.

Itulah beberapa aksi fans di Korea Selatan yang melakukan hal mulia saat idolanya berulang tahun. Semoga makin banyak fans lain yang termotivasi dan menirunya ya!

Baca Juga: 5 Idol KPop Ini Kembali Bersinar Usai Terkena Skandal Besar