Tagar #WeAreWithDaniel yang menjadi perbincangan beberapa waktu lalu sempat trending di Twitter. Hal ini terjadi karena Kang Daniel harus hiatus dari dunia entertainment untuk beberapa waktu. 

Label musik Kang Daniel, Konnect Entertainment, mengatakan bahwa idol-nya mengalami masalah kesehatan mental dan fisik. Kang Daniel harus membatalkan pra-rekamannya untuk 'Show Champion' MBC Music karena masalah kesehatan tersebut. 

Kang Daniel Depresi karena Komentar Netizen, Ini Bahaya Hate Speech

Beberapa kasus selebriti yang mempunyai masalah pada kesehatan mentalnya tidak hanya terjadi kali ini saja. Bahkan ada yang akhirnya lebih memilih mengakhiri hidupnya karena ujaran kebencian tersebut.

Tidak hanya para selebriti atau orang-orang terkenal yang bisa mempunyai masalah kesehatan mental. Orang-orang biasa pun bisa juga mengalaminya. Biasanya, mereka yang kesehatan mentalnya terganggu diakibatkan oleh berbagai tekanan dari media sosial. 

Bahaya hate speech bagi kesehatan mental

Kang Daniel Depresi karena Komentar Netizen, Ini Bahaya Hate Speechunsplash.com/@kj2018

Ujaran kebencian adalah ekspresi kebencian terhadap seseorang atau sekelompok orang berdasarkan identitas mereka atau atribut orang tertentu. Ujaran ini biasanya dilontarkan melalui media sosial, seperti Instagram, Twitter, atau bisa juga secara langsung di jalan atau transportasi umum. 

Gangguan pada kesehatan mental dapat dialami oleh siapa saja. Setiap orang memiliki kerentanan yang berbeda-beda terhadap gangguan kesehatan mental. Salah satu penyebab utama yang dapat mengganggu kesehatan mental adalah penilaian atau komentar negatif dari orang lain, biasa disebut ujaran kebencian. 

Kang Daniel Depresi karena Komentar Netizen, Ini Bahaya Hate Speechunsplash.com/@jontyson

Ujaran kebencian sangat berdampak buruk karena dapat dilakukan secara anonim, dapat menyebar dengan cepat, dan banyak orang percaya kata-kata mereka. Bahkan si pengujar kebencian ini tidak tahu konsekuensinya di dunia nyata. 

Hate speech atau ujaran kebencian ini dapat menyebabkan korban depresi atau bunuh diri, melakukan diskriminasi, dan meningkatkan perpecahan sosial. Terlebih lagi, bagi kita para pengguna media sosial sering merasa terganggu akan adanya ujaran kebencian tersebut. 

Baca Juga: Kang Daniel dan 5 Idol K-Pop Ini Pacaran dengan Sesama Idol