Messiah merupakan sebuah serial Netflix yang tayang pada 1 Januari 2020. Setelah Netflix merilis trailer pada 3 Desember 2019, serial ini langsung mendapatkan banyak kecaman dari publik. Banyak publik yang berasumsi bahwa serial ini bercerita tentang Dajjal. 

Penulis cerita Messiah, Michael Petroni, mengatakan bahwa serial ini mengandung unsur provokatif. Michael Petroni pun mengakui, Netflix sempat cemas ketika ia datang dengan membawa ide ceritanya tersebut. Ia juga menegaskan bahwa serial ini tidak bermaksud menyinggung siapa pun. 

Banyaknya kecaman dari masyarakat menimbulkan berbagai kontroversi. Mulai dari opini publik tentang serial Dajjal, hingga salah satu penggemar di Twitter yang diblokir oleh Netflix. Penasaran? Yuk simak kontoversi serial Messiah berikut ini. 

1. Bercerita tentang Dajjal

Dituduh Ajaran Sesat, Serial Netflix 'Messiah' Menuai Kontroversinewsweek.com

Cerita ini bermula ketika sosok laki-laki misterius secara tiba-tiba muncul di sebuah kota yang habis berperang. Laki-laki yang bernama Messiah ini mengaku dirinya sedang menjalani misi dari Tuhan. Awalnya masyarakat menolak laki-laki tersebut, namun satu per satu perkataannya menjadi kenyataan. Ia pun akhirnya mendapat banyak pengikut. 

Hal itu semakin meyakinkan para penggemar yang muslim bahwa sosok laki-laki itu adalah Dajjal. Meskipun jika dilihat dari segi fisik seperti mata, tidak ada kemiripannya dengan Dajjal. 

2. Mempengaruhi kepercayaan

Dituduh Ajaran Sesat, Serial Netflix 'Messiah' Menuai Kontroversiwhats-on-netflix.com

Selain beberapa asumsi kontroversial tentang Dajjal, Messiah juga mempunyai pengaruh kuat terhadap unsur kepercayaan. Serial ini berisi hal-hal yang menyangkut agama. Messiah juga mengandung unsur provokatif dan dapat menguji kepercayaan seseorang. 

3. Cuitan di Twitter yang membuat heboh

Dituduh Ajaran Sesat, Serial Netflix 'Messiah' Menuai Kontroversitwitter.com/Sultaan_Mo1

Akun Twitter @Sultan_Mo1 menjadi viral karena cuitannya yang berkatan, "I'm getting Dajjal vibes." 

Cuitan ini pun telah mendapatkan 24 ribu Retweet dan 31 ribu Likes sehingga berhasil menarik perhatian publik dan juga Netflix. 

Karena cuitan tersebut, pemilik akun @Sultan_Mo1 membagikan sebuah screenshot, di mana akun Twitternya telah diblokir oleh Netflix. Namun, pihak Netflix membantah tidak memblokir akun tersebut karena cuitannya tentang serial tersebut. 

Dituduh Ajaran Sesat, Serial Netflix 'Messiah' Menuai Kontroversitwitter.com/Sultaan_Mo1

Meskipun menuai berbagai kontraversi, serial Netflix Messiah harus dipertimbangkan untuk ditonton. Serial ini sudah mulai tayang dari 1 Januari 2020 di Netflix. Jangan sampai ketinggalan ya!

Baca Juga: Seru Banget, Ini 5 Film Baru Netflix Yang Cocok Ditonton Saat Liburan!