Pernahkah kamu membayangkan bagaimana rasanya menempuh pendidikan a la keluarga kerajaan Inggris? Meskipun untuk pendidikan dasar memiliki kesamaan dengan orang pada umumnya di negara Inggris, ada beberapa pendidikan tambahan yang harus mereka jalani lho.

Pasti kamu penasaran 'kan? Yuk intip ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Nursery School

9 'Jenjang' Studi yang Harus Ditempuh Anggota Kerajaan Inggrissun-sentinel.com

Secara tradisional biasanya anggota kerajaan Inggris mendapatkan pendidikan dini di rumah alias di dalam kerajaan mulai usia 2 setengah tahun. Di mana pada tahap nursery ini mereka akan didampingi oleh seorang pengasuh dan tutor.

Namun pada awal 1980an, William dan Harry menjadi generasi pertama kerajaan yang mengenyam bangku Nursery School di luar tembok kerajaan. Pada saat itu Putri Diana selaku ibu merekalah yang menginginkannya seperti itu. Kini kedua anak William, George dan Charlotte, pun juga mengikuti jalan yang sama.

2. Pre-Prep School

9 'Jenjang' Studi yang Harus Ditempuh Anggota Kerajaan Inggrisdailymail.co.uk

Pre Prep adalah tahap pertama dari pendidikan sekolah dasar. Umumnya dimulai dari usia sekitar 4 hingga 8 tahun dan berlangsung selama tiga tahun pendidikan. Tidak seperti orang biasa, anggota kerajaan yang bersekolah di luar kerajaan tidak memilih sekolah negeri (state-funded school), melainkan mengenyam pendidikan sejak dini di sekolah swasta terbaik.

Ratu dan saudarinya, Putri Margaret, sejak dini mengenyam home-schooling. Baru kemudian Pangeran Charles diputuskan untuk bersekolah di luar tembok kerajaan. William dan Harry juga mengikuti hal yang sama, hingga berlaku pula untuk George dan Charlotte.

3. Preparatory School (Prep School)

9 'Jenjang' Studi yang Harus Ditempuh Anggota Kerajaan Inggrispinterest.com/dailymail

Prep School sebenarnya adalah tahap kedua dari pendidikan dasar untuk persiapan Common Entrance Exam (CEE) dan umumnya dari usia 8 hingga 13 tahun. CEE itu sendiri sebagai syarat untuk mendapatkan Secondary School yang paling bergengsi.

Sekolah asrama sangatlah umum di Inggris. Pangeran Philip dan Charles bersekolah asrama khusus laki-laki. William dan Harry juga sama, keduanya bersekolah di pedesaan Berkshire. Sedangkan Kate Middleton di sekolah asrama eksklusif khusus perempuan.

4. Secondary School

9 'Jenjang' Studi yang Harus Ditempuh Anggota Kerajaan Inggrismirror.co.uk

Sekolah asrama berlaku pula secara umum untuk jenjang pendidikan ini. Salah satu Secondary School yang paling bergengsi dan dijadikan pilihan para keluarga kerajaan adalah Gordonstoun di Skotlandia. Yang mana sekolah ini menjadi almamater Pangeran Philip dan Charles.

Adapula Marlborough College yang menjadi tempat bersekolah Kate Middleton, Pippa Middleton, dan Putri Eugenie. Sekolah tersebut merupakan sekolah asrama swasta campuran (laki-laki dan perempuan) dengan biaya per tahunnya sebesar 28 ribu poundsterling (sekitar Rp522 juta).

Sedangkan William dan Harry sama-sama bersekolah di Eton College, yakni sekolah asrama khusus laki-laki saja.

5. Gap Year

9 'Jenjang' Studi yang Harus Ditempuh Anggota Kerajaan Inggrisreal-ram-ranch.fandom.com

Meskipun Gap Year umum bagi pelajar di Inggris, generasi terbaru dari keluarga kerajaan tampaknya juga menganut fenomena modern ini. Mengambil jeda setahun umumnya dimanfaatkan oleh mereka untuk berplesir dan bekerja demi mendapatkan pengalaman hidup yang lebih nyata dan luas.

Seperti William bekerja sukarela di Chili dan Afrika, Kate belajar di Institut British di Italia, dan Harry bekerja membantu peternakan di Australia. Dan masih banyak lagi kegiatan produktif mereka selama Gap Year. Kamu tertarik juga?

6. University

9 'Jenjang' Studi yang Harus Ditempuh Anggota Kerajaan Inggrisabcnews.go.com

Tak hanya Gap Year, jenjang pendidikan yang lebih tinggi juga menjadi capaian tersendiri bagi keluarga kerajaan. Pangeran Charles adalah pewaris tahta pertama yang mengenyam pendidikan kuliah dan hal tersebut turun-temurun sampai sekarang. Sebagian besar dari mereka mengambil jurusan sastra namun kini telah beragam.

FYI, William dan Kate sama-sama kuliah di kampus bergengsi St. Andrews di Skotlandia mengambil jurusan Sejarah Seni, tetapi kemudian William beralih ke Geografi.

Sedangkan Meghan Markle kuliah ganda jurusan Teater dan Hubungan Internasional di kampus Northwestern. Dan suaminya, Harry, memilih untuk melewati kuliah dan langsung masuk ke militer.

7. The Military

9 'Jenjang' Studi yang Harus Ditempuh Anggota Kerajaan Inggriseonline.com

Tahukah kamu, semenjak Raja Inggris bertindak langsung sebagai kepala Angkatan Bersenjata maka secara tradisi anggota laki-laki dari kerajaan harus pergi militer. Pangeran William dan Harry sama-sama mengikuti pelatihan perwira di Akademi Militer Kerajaan, Sandhurst (RMA Sandhurst).

Bersama Pasukan Pencarian & Penyelamatan Angkatan Udara Kerajaan, William bertugas menjadi seorang pilot. Sedangkan Harry bertugas selama lebih dari dua bulan bersama Angkatan Darat Inggris di Helmand, Afghanistan.

8. Specialized Royal Instruction

9 'Jenjang' Studi yang Harus Ditempuh Anggota Kerajaan Inggrisabc.net.au

Pendidikan para bangsawan Inggris tak cuma sekedar tujuh poin di atas. Adapula pelatihan dengan Special Air Services (SAS) bagi setiap anggota senior keluarga kerajaan. Di situ mereka akan belajar bagaimana cara menghadapi situasi berbahaya seperti serangan teror atau penculikan berencana, hingga mengikuti kursus mengemudi taktis.

Terlebih, juga ada pelatihan lainnya terkait hubungan internasional, sejarah konstitusional, cara bicara di depan publik, kunjungan dalam negeri, hingga tur luar negeri yang memerlukan briefing informasi tentang negara yang dikunjungi.

9. Pengalaman kerja dan pelatihan tambahan

9 'Jenjang' Studi yang Harus Ditempuh Anggota Kerajaan Inggrismirror.co.uk

Kalian pasti tahu bila Pangeran William adalah penerus tahta kerajaan. Maka tak heran bila dia berusaha sebaik mungkin mempersiapkan diri. Seperti belajar keuangan melalui beragam institusi finansial di Inggris, hingga mengambil kursus manajemen pertanian selama sepuluh minggu pada tahun 2014 lalu.

Nah, itu dia setidaknya ada sembilan 'jenjang' pendidikan yang perlu ditempuh oleh anggota keluarga kerajaan Inggris.

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "9 'Jenjang' Studi yang Harus Ditempuh Anggota Kerajaan Inggris"

Baca Juga: 7 Aturan Larangan Keluarga Kerajaan Inggris, Masih Berminat?