Tanpa terasa kita sudah ada di penghujung tahun saja nih, Bela. Tahun 2020 ini memang akan jadi salah satu tahun yang paling bersejarah nih buat semua orang di seluruh dunia. Selain karena pandemi, tahun 2020 juga diam-diam memberikan kita banyak pelajaran berharga lho. Bahkan nggak sedikit perempuan yang justru menemukan hobi, passion hingga skill baru di tahun 2020 ini.

Sekarang kamu masih punya waktu kok buat bikin tahun 2021 kamu punya vibes yang lebih positif. Selain dengan menyusun resolusi, kamu juga bisa memulainya dengan menyerap inspirasi dari sosok-sosok inspiratif seperti lima perempuan yang akan Popbela ulas kali ini. 

Lima perempuan inspiratif kali ini merupakan representasi dari definisi “cantik” yang diungkapkan lewat program dari Indonesia Kaya yaitu Paras Cantik Indonesia. Program ini dipandu langsung oleh Tompi yang berkeliling Indonesia menemui sosok perempuan inspiratif dari berbagai daerah yang menunjukkan karakter “cantik” yang khas dari daerah mereka masing-masing. Langsung simak ulasannya yuk!

1. Dengan kelembutan Sekar Sari melawan stigma tentang perempuan Jawa yang hanya ‘manut’ saja

Memasuki Tahun 2021, Ini 5 Sosok Perempuan yang Patut Jadi Role Model Popbela.com/Djarum Foundation

Ada Sekar Sari dari Yogyakarta yang hadir dengan sikapnya yang tenang dan lembut. Tapi jangan salah Bela, di balik kelembutannya, Sekar juga punya keberanian untuk melawan stigma yang berkembang tentang perempuan Jawa yang seringkali dianggap hanya mau ‘menurut’ saja karena ada perasaan inferior yang mendasarinya. Saat ini Sekar berprofesi sebagai seorang seorang  seniman, aktris sekaligus penari yang saat ini sedang menjalani dua peran sekaligus, yaitu sebagai ibu dan pekarya. Salut!

2 Punya semangat juang dan kesabaran yang tinggi seperti Nurlina

Memasuki Tahun 2021, Ini 5 Sosok Perempuan yang Patut Jadi Role Model Popbela.com/Djarum Foundation

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan perempuan yang bekerja di bidang yang kebanyakan diampu oleh laki-laki seperti supir bis kota atau pekerjaan di ranah IT. Now, let’s meet Nurlina dari Kabupaten Pangkep Pulau Sabangko. Ia adalah seorang nelayan perempuan yang gigih menghadapi semuanya demi mempertahan hidup dan haknya sebagai nelayan perempuan. Bahkan, Nurlina perlahan bisa menebar semangatnya kepada ibu-ibu dan perempuan di desanya. Keren!

3. Kecintaannya pada alam, membuat Sandra fokus menjalani passion-nya

Memasuki Tahun 2021, Ini 5 Sosok Perempuan yang Patut Jadi Role Model Popbela.com/Djarum Foundation

Bikin kebun di tengah ibukota memang bisa? Bisa! Siti Soraya Cassandra sudah membuktikannya! Perempuan asal Jakarta ini bahkan rela meninggalkan pekerjaannya di salah satu perusahaan swasta multinasional yang cukup menjanjikan secara materi dan memilih bekerja sebagai petani. Tentu ini didukung dengan kecintaannya kepada alam dan perkotaan yang menjadikannya sebagai petani urban. Dari sinilah akhirnya lahir Kebun Kumara miliknya. Semoga semakin banyak ya perempuan seperti Sandra di masa depan! 

4. Gaby Mayangsari menyalurkan kasih sayangnya pada anak-anak lewat komunitasnya

Memasuki Tahun 2021, Ini 5 Sosok Perempuan yang Patut Jadi Role Model djarumfoundation.org

Kita percaya bahwa setiap anak memiliki hak dan masa depannya masing-masing. Berangkat dari keinginannya untuk menjadi seorang ibu, Gaby Mayang Sari menginisiasi sebuah komunitas bernama Wadah Indonesia Berbagi di berbagai provinsi di Indonesia. Lewat komunitas ini ia dapat berbagi kasih sayang dengan anak-anak yang harus menghabiskan masa remajanya di lembaga pemasyarakatan. Lewat komunitasnya, Gaby percaya bahwa setiap anak memiliki masa depan yang sama.

5. Hanna Keraf punya semangat untuk memberdayakan ibu-ibu di daerahnya

Memasuki Tahun 2021, Ini 5 Sosok Perempuan yang Patut Jadi Role Model Djarumfoundation.org

Nggak hanya fokus dengan dirinya sendiri, sosok perempuan inspiratif juga hadir pada diri Hanna Keraf. Perempuan kelahiran Jakarta ini memutuskan untuk kembali ke tanah kelahiran orangtuanya di Flores tepatnya di Larantuka setelah menyelesaikan studinya di luar negeri. Di Larantuka, ia menginisiasi program untuk mengembangkan produk lokal dan membantu perekonomian ibu-ibu di sana. Lewat  Du’ Anyam Hanna fokus memajukan produk lokal di Indonesia timur di berbagai wilayah.You go girl!

Nggak hanya 5 sosok perempuan ini saja, masih ada para perempuan inspiratif lainnya seperti  Olyv Jasso dari Maluku, Sinta Ridwan dari Cirebon dan Dellie Threesyadinda dari Surabaya. Nah, penasaran kan dengan cerita-cerita mereka? Yuk, langsung berkunjung ke  Youtube Channel Indonesia Kaya dan tonton semua episode dari webseries “Paras Cantik Indonesia”. Cocok banget nih buat kamu jadikan tontonan akhir tahun! Karena nggak hanya bisa menambah semangat, ini juga bisa jadi sumber inspirasi buat kamu yang lagi mau bikin resolusi untuk tahun 2021 nanti! Masih penasaran sama apa saja yang ada di Paras Cantik Indonesia? Simak penuturan lengkap dari Tompi berikut ini yuk!

https://www.youtube.com/embed/5ro3G8WQKeE

Jadi, siapa nih sosok perempuan favorit kamu di webseries Paras Cantik Indonesia ini? Cerita yuk sama Popbela.com!

Baca Juga: 3 Perilaku Ini Wajib Kamu Terapkan Saat Mulai Berkarir