Nyamuk adalah salah satu hewan yang tidak bersahabat dengan manusia. Keberadaan nyamuk selalu menganggu kenyamanan manusia dalam melaksanakan aktivitas sehari–hari. Bahkan, nyamuk jenis tertentu dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya bagi manusia, misalnya malaria dan demam berdarah.

Situasi yang ditimbulkan oleh gangguan nyamuk tentu saja membuat banyak orang memikirkan cara mengusir nyamuk dari rumah, baik dengan menjaga kebersihan lingkungan, menggunakan bahan–bahan tradisional, pengaturan sirkulasi ruangan yang dibuat khusus anti nyamuk, atau bakan dengan cara menggunakan obat pengusir nyamuk yang faktanya bisa juga mengganggu kesehatan pernapasan pada manusia. 

Pada dasarnya, banyak cara mengusir nyamuk dengan menggunakan bahan–bahan yang aman tanpa menganggu kesehatan manusia. Simak cara mengusir nyamuk secara alami di rumah.

1. Tanaman dan bunga lavender

7 Cara Mengusir Nyamuk di Rumah yang Ampuhfreepik.com/pvproductions

Penggunaan lavender untuk pengusir nyamuk mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, popularitas bunga lavender ini sering disebut-sebut sebagai bahan dasar dari lotion anti nyamuk, sehingga namanya sudah sering didengar. Akan tetapi, bagaimana dengan penggunaan tanaman dan bunga lavender asli? Kamu hanya perlu menanam tanaman lavender di pekarangan rumah atau di dalam rumah, asalkan masih tersinari cahaya matahari dan sedikit memiliki udara terbuka.

Tanaman lavender ini akan memberikan efek langsung aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Aroma lavender juga bisa menimbulkan efek menenangkan bagi penghuninya.

2. Tanaman lemon balm

7 Cara Mengusir Nyamuk di Rumah yang Ampuhhttps://news.schoolmedia.id

Lemon balm adalah sejenis tanaman yang memiliki penampakan yang mirip dengan daun mint, akan tetapi memiliki aroma seperti buah lemon. Tanaman ini masih kurang kepopulerannya di Indonesia, akan tetapi sudah dijual di toko tanaman ataupun secara daring. Lemon balm memiliki kelebihan bisa mengusir nyamuk, tanaman ini berhasil dijadikan sebagai penangkal serangan nyamuk di rumah. 

3. Minyak kayu manis

7 Cara Mengusir Nyamuk di Rumah yang AmpuhHealthline.com

Minyak kayu manis dikenal ampuh membunuh telur nyamuk dan nyamuk yang sudah berukuran besar. Penggunaannya cukup dengan mencampurkan 120 ml air dengan kurang lebih 24 tetes minyak kayu manis, kemudian langsung disemprotkan ke pakaian, perabotan, atau tanaman yang menjadi sarang nyamuk. Gunakan juga cairan ini di sekitar rumah dan bisa pula digunakan langsung di kulit dengan cara dioleskan dengan takaran yang tidak berlebihan untuk menghindari iritasi.

4. Minyak serai wangi

7 Cara Mengusir Nyamuk di Rumah yang Ampuhhttps://www.sehatq.com

Cara mengusir nyamuk yang selanjutnya adalah menggunakan tanaman serai. Lebih praktis lagi, kamu bisa menggunakan minyak serai. Minyak yang biasanya dikenal dengan nama citronella ini ampuh mengusir nyamuk dan bisa disandingkan dengan lotion anti nyamuk yang dijual di pasaran. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak serai wangi ke bagian tubuh yang biasanya terkena gigitan nyamuk. 

5. Minyak kedelai

7 Cara Mengusir Nyamuk di Rumah yang Ampuhhttps://hellosehat.com

Selain susunya yang sehat diminum, ternyata kedelai yang dibuat menjadi minyak juga bisa bermanfaat untuk pengusir nyamuk. Minyak kedelai dikenal efektif mencegah gigitan nyamuk terutama jenis nyamuk anopheles, minyak ini dikenal lebih tahan lama dan aman digunakan untuk anak–anak.

6. Minyak lemon eukaliptus

7 Cara Mengusir Nyamuk di Rumah yang Ampuhhttps://www.alodokter.com

Minyak lemon eukaliptus memang sudah dikenal luas bisa mengusir gangguan nyamuk. Minyak ini cukup tahan lama melindungi kulit dari gigitan nyamuk, tetapi tidak cocok digunakan oleh anak–anak yang berusia di bawah 3 tahun. 

7. Bawang putih

7 Cara Mengusir Nyamuk di Rumah yang AmpuhPixabay.com

Bawang putih adalah salah satu tanaman yang aromanya tidak disukai oleh nyamuk. Dengan menambahkan beberapa siung bawang putih di sekitar rumah, dinilai ampuh untuk mengusir dan menghindari gigitan nyamuk. Hal ini karena bawang putih merupakan bumbu dapur yang selalu dipakai sehari–hari oleh ibu rumah tangga, maka cara mengusir nyamuk dengan bahan ini dinilai cukup praktis.

Itulah beberapa cara mengusir nyamuk secara alami di rumah. Mana yang mau kamu coba, Bela?

Baca Juga: Bisa Mengusir Ular, Ini 7 Manfaat Menanam Serai di Rumah

Baca Juga: Ini 7 Cara Ampuh Usir Kecoak Terbang di Rumah

Baca Juga: Ampuh! Ini dia 15 Cara Mengusir Cecak dari Rumah Kamu