Seakan menjadi tren, makin kemari solo traveling atau traveling hanya dengan diri sendiri makin marak dilakukan. Bukan hanya laki-laki saja, para perempuan pun sudah banyak yang berani keluar dari zona nyaman. Ada beragam nilai plus yang bisa kamu dapatkan kalau kamu melakukannya, dibanding saat travelling beramai-ramai. Tak usah takut mati gaya, kamu bisa melakukan lima hal di bawah ini agar solo travelling-mu jadi lebih menyenangkan.

Tidurlah lebih awal, dan selama yang kamu mau

5 Hal Menyenangkan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Travelling Sendirianwww.businessinsider.com
Solo travelling artinya kamu bebas mengatur liburanmu sesuka hati, kamu tak perlu repot-repot berkompromi dengan beberapa kepala lagi. Kamu tak akan merasa tertekan dan memaksakan diri tetap pergi keluar untuk jalan-jalan hanya karena kamu sudah berada di destinasi yang kamu impikan. Kamu sah-sah saja kok untuk tidur lebih awal dan selama yang kamu mau. Jaga tubuhmu dengan istirahat yang cukup, agar kamu terus bisa menikmati jalan-jalan di hari-hari berikutnya.

Jalan-jalanlah dengan transportasi yang murah

5 Hal Menyenangkan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Travelling Sendirianwww.inspiredtraveller.in
Bersyukurlah karena saat ini sudah hadir transportasi online di tengah-tengah kita. Kamu bisa mengecek harga yang dikenakan dari tempat asal ke tempat yang akan kamu tuju. Kalau di destinasi travelingmu itu ternyata belum ada transportasi online, kamu bisa mencari informasi melalui internet atau pengalaman orang-orang yang pernah datang ke sana. Yang pasti, menggunakan transportasi umum akan lebih mewarnai liburanmu dibanding dengan sewa kendaraan sendiri.

Berkawanlah dengan earphone kalau memang sedang ingin sendiri

5 Hal Menyenangkan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Travelling Sendirianinspiringtravellers.com
Solo travelling bukan berarti kamu jadi tak berkawan, kamu bisa mencari teman di tempat tujuan travelling-mu. Tapi kalau kamu memang ingin menikmati quality time bersama dirimu sendiri, silahkan sumbat telingamu dengan earphone yang kamu bawa. Tapi akan lebih baik kalau kamu hanya memasangnya satu saja, jangan dua-duanya. Hal ini agar kamu tetap waspada dengan keadaan sekitar, Bela. Tapi kalau dengan tujuan untuk menghindari diajak ngobrol oleh orang asing, kamu boleh menyumpal keduanya  atau pura-pura mendengarkan musik kok.

Jangan lupa bawa tongsis atau tripod kalau perlu

5 Hal Menyenangkan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Travelling Sendirianwww.hotelcluster.com
Tiada travelling tanpa selfie, apa kamu sepakat dengan slogan ini? Kalau iya, jangan lupa fasilitasi diri dengan tongsis atau bahkan tripod agar kamu tak kehilangan momen saat sedang bersama pemandangan bagus. Travelling sendiri berarti kamu tak bisa terus-terusan mengandalkan orang lain untuk memotretmu, pun tak ada jaminan kalau kamu akan puas dengan hasil jepretan mereka. Kamu juga bisa lho jadi social media influencer dan dapat duit dari jepretanmu saat travelling ini.

Masaklah makanan dengan bumbu atau bahan lokal

5 Hal Menyenangkan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Travelling Sendirianwww.worldofwanderlust.com
Yang satu ini bisa kamu lakukan kalau menginap di hostel yang menyediakan dapur agar para tamunya bebas memasak. Tentu saja memasak makananmu sendiri bisa menekan budget. Ada beberapa makanan khas daerah yang rasanya akan lebih sedap dan nikmat jika dibuat menggunakan bahan dan bumbu dari tempat asalnya. Hal ini akan lebih menyenangkan jika kamu menginap di rumah penduduk lokal dan memasak bersama mereka. Siapa tahu saat pulang nanti kamu bisa buka resto di daerah asalmu kan?

Travelling sendirian? Siapa takut! Kalau memang masih punya waktu, kesempatan, tenaga, dan uang, cobalah setidaknya  sekali seumur hidup untuk melakukannya Bela.

BACA JUGA : 5 Cara Pintar Hemat Bawaan Bagi yang Mau Coba Solo Traveling