Apa kamu sering berpikiran buruk tentang dirimu sendiri? Atau malah tentang orang-orang di sekitarmu? Tapi jauh di dalam hati sejatinya kamu sadar bahwa ini bukan hal yang baik. Tenang saja, kamu tidak sendiri. Semua orang pasti pernah merasakan hal itu, namun tidak semua orang mampu meminimalisir hadirnya pikiran buruk tersebut.

Karena kamulah pemilik pikiranmu, maka kamu pun harus bisa mengontrolnya. Sebab, dengan hadirnya pikiran negatif itu kamu akan menjadi pribadi yang mudah stres dan jadi lima hal di bawah ini untuk menjauh dari pikiran negatif ya!

Tidurlah lebih awal dan lakukan secara konsisten

Jauhkan Diri dari Pikiran Negatif dengan Melakukan Hal Rutin Ini!

Penelitian yang dilakukan Binghamton University menemukan jika mereka yang terbiasa tidur larut malam, cenderung memiliki tingkat pikiran negatif yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidur lebih awal. Kalau selama ini kamu tidak tidur hingga tujuh jam setiap malam, berarti kamu perlu menggeser jadwal tidur menjadi lebih awal.

Terbiasalah untuk bersyukur setiap pagi

Jauhkan Diri dari Pikiran Negatif dengan Melakukan Hal Rutin Ini!pexels.com/rawpixel.com

Banyak orang yang lebih fokus pada masalah dibanding semua hal yang berjalan baik. Kalau selama ini kamu lebih banyak mengeluh atau merasa tidak berguna, mulai sekarang biasakan diri untuk menerapkan rasa syukur atas segala hal yang kamu punyai. Karena kadang hal baik sudah berhenti di depan mata, namun kamu gagal melihatnya.

Catat apa yang kamu pikirkan pada sebuah buku

Jauhkan Diri dari Pikiran Negatif dengan Melakukan Hal Rutin Ini!pexels.com/Bekka Mongeau

Dengan menulis, maka kamu dapat melihat apa saja yang ada di pikiranmu dengan kasat mata dan segala pikiran negatifmu yang sebelumnya sulit dideskripsikan akan mudah dimengerti. Bahkan dengan menuliskannya secara rutin, kamu bisa mengetahui penyebabnya dan lebih mudah mencari solusinya.

Perbanyak tertawa setiap hari

Jauhkan Diri dari Pikiran Negatif dengan Melakukan Hal Rutin Ini!Pexels.com/i love simple beyond

Inilah kenapa kamu harus cermat dalam memilih teman. Bertemanlah dengan orang-orang positif yang bisa membuatmu merasa senang. Teman yang baik adalah yang bisa membuatmu sering tertawa. Karena dengan tertawa, akan muncul hormon yang membuatmu lebih tenang dan rileks. Kondisi tersebut akan mendorongmu untuk berpikir positif.

Lakukan hal-hal baik untuk orang lain

Jauhkan Diri dari Pikiran Negatif dengan Melakukan Hal Rutin Ini!pexels.com/bruce mars

Selain memilih teman yang bisa membuatmu sering tertawa, kamu juga harus berusaha membuat orang lain bahagia. Melakukan perbuatan baik untuk orang lain akan meningkatkan perasaan positif dalam dirimu lho, Bela! Perbuatan baik yang sederhana bisa kamu praktikkan mulai sekarang, seperti menunjukkan arah pada orang yang tersesat atau menahan pintu untuk orang di belakangmu misalnya.

Jadi, kapan kamu menjadikan lima hal di atas sebagai bagian dari rutinitasmu? Kalau bisa memilih menjadi yang positif, bukankah tak perlu menjadi negatif?