Kartu Tanda Penduduk atau KTP merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap penduduk Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas. Tujuannya adalah supaya kamu bisa lebih mudah dalam mengurus berbagai macam keperluan, seperti sejumlah dokumen penting yang berkaitan dengan kependudukan hingga keperluan lain yang berhubungan dengan sistem perbakan misalnya.

Nah, saat ini sudah ada KTP elektronik (e-KTP) yang dikeluarkan pemerintah dan didukung sistem informasi yang lebih akurat, aman, serta tertib administrasi, karena langsung terintegrasi dengan database kependudukan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pusat. Setiap penduduk tidak akan bisa mempunyai KTP lebih dari satu, dengan demikian maka akan meminimalisir adanya tindak kriminal dan terorisme. Lalu, kamu sudah tahu belum apakah NIK dalam e-KTPmu sudah terdaftar dalam database kependudukan pusat? Simak cara cek NIK KTP online yang mudah dan praktis dibawah ini yuk.

Akses langsung ke website Pemerintah Daerah atau dinas terkait

Cara Cek NIK KTP Online yang Mudah dan Praktisdok.pribadi

Cara paling sering digunakan adalah dengan mengecek status KTP melalui situs web resmi milik pemerintah daerah atau dinas terkait, seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) tingkat kota/kabupaten di mana kamu mengurus KTP. Kamu tinggal membuka web resminya, lalu masukkan NIK yang ada pada e-KTP ke kolom yang tersedia, dan klik tombol cek.

Gunakan card reader e-KTP

Alat ini nantinya akan membaca chip yang ada di dalam e-KTP kamu dengan cepat, sehingga pengecekan data e-KTP pun menjadi mudah. Cara ini dikenal paling mudah dan praktis karena tidak menggunakan PC atau komputer. Tapi sayangnya, card reader ini cuma digunakan oleh instansi terkait saja seperti Dinas Kependudukan misalnya. Jadi, mau tak mau kamu pun harus ke sana.

Pakai aplikasi cek NIK Online

Cara Cek NIK KTP Online yang Mudah dan Praktisdok.pribadi

Kamu bisa mencari dan mengunduh aplikasi ini melalui Google Play atau App Store. Untuk pengecekannya, setelah aplikasi kamu unduh, kamu bisa langsung memasukkan NIK-mu dan klik cari/cek. Dalam hitungan detik saja, data lengkap identitasmu akan keluar. Bermodal smartphone, kamu bisa melakukannya kapanpun dan di manapun. 

Bisa lewat SMS juga lho

Cara Cek NIK KTP Online yang Mudah dan PraktisFreepik.com/Rawpixel.com

Di beberapa daerah ternyata NIK juga bisa dicek hanya melalui SMS. Contohnya seperti di Kota Depok. Bagi para warga Depok yang ingin mengecek status e-KTPnya, maka mereka bisa langsung mengirimkan SMS dengan format NIK#Nomor NIK, lalu kirim ke nomor layanan SMS Gateway Disdukcapil Depok, yaitu 0821-1101-4433.

Melalui call center

Sebenarnya, Dukcapil juga menyediakan alamat e-mail callcenter.dukcapil@gmail.com yang mana bisa kamu akses juga untuk mengecek NIK. Tapi memang, prosesnya memakan waktu cukup lama. Paling cepat kira-kira dalam 24 jam, pesan baru akan  dibalas oleh pihak Dukcapil. Kalau kamu tak sabar, kamu bisa menghubungi call center ke nomor 1500537. Jangan lupa siapkan NIK, KK, dan nomor telepon juga ya.

Itulah cara cek NIK KTP online yang mudah dan praktis. Selain mengecek identitasmu, kamu bisa juga menggunakannya untuk mengecek identitas orang lain. Misalnya ketika kamu melakukan bisnis online, cara ini bisa digunakan untuk menghindari penipuan.

Baca Juga: Syarat Pengajuan Buat KTP Baru Karena Hilang