Mungkin kamu pernah mendengar atau bahkan mengalaminya sendiri, ketika presentasi atau berbicara di depan umum, pembicara sering terhenti oleh kata-kata yang membuat mereka terdengar kurang kompeten. Kata seperti 'ummm' misalnya, yang memang diucapkan secara tidak sadar. Dan nyatanya justru bisa membuat seseorang dinilai kurang meyakinkan oleh lawan bicaranya. Duh, supaya kamu bisa bicara dengan penuh percaya diri, lakukan lima cara ini ya.

Tersenyumlah, maka perasaanmu akan lebih baik

 
Satu hal yang harus kamu camkan, tersenyum merupakan tips paling ampuh yang bisa mengatasi rasa kurang percaya diri hanya dalam satu detik. Jangan hanya tersenyum saat kamu merasa senang dan pecaya diri saja Bela, tapi lakukan hal sebaliknya juga. Tersenyumlah saat kamu merasa tidak percaya diri, dan biarkan dirimu merasa lebih baik leat senyummu tadi.

Lakukan eye contact setiap kamu berkomunikasi

 
Menatap mata orang di depanmu merupakan cara ampuh untuk mengurangi rasa grogi. Kontak mata ini akan membantumu untuk menghilangkan rasa takut ketika sedang berbicara di depan umum, dan semakin mendekatkanmu dengan lawan bicara. Cara ini juga bisa membantu menarik minat lawan bicara untuk terus memperhatikanmu lho.

Jangan terlalu mengandalkan teks, jadilah fleksibel

 
Bicaralah layaknya kamu sedang berbincang dengan temanmu. Menjadi fleksibel merupakan sebuah cara agar pendengar menjadi nyaman denganmu dan kamu lebih percaya diri lagi. Biasakanlah untuk melakukan improvisasi dengan membicarakan secara jujur apa yang memang kamu mengerti di luar yang seharusnya kamu sampaikan.  Tak terlalu sulit bukan?

Selain 'ummm,' hindari kata 'mungkin' dan jangan pernah ragu

 
Banyak orang beranggapan, menggunakan kata 'mungkin' akan membuat mereka terdengar lebih sopan dan tidak terkesan sombong. Padahal, justru penggunaan kata ini membuatmu seolah tak yakin dengan apa yang tengah kamu bicarakan sendiri. Dan nampak sama sekali tak berniat membujuk orang lain agar tak ikut meyakini apa yang kamu katakan tadi. Jangan digunakan lagi, ya.

Jangan juga katakan "no comment," jangan takut salah ngomong

 
"No comment" ialah kalimat yang dituturkan ketika seseorang menolak memberikan opininya. Cara ini biasa digunakan untuk menghindari kemungkinan salah bicara, utamanya ketika kamu tengah merasa ragu dan tidak menguasai topik yang sedang dibicarakan. Jangan pernah takut salah berbicara, karena itu hanyalah ketakutan yang belum tentu terjadi.
 
Sudah siap untuk menjadi percaya diri dan membuat orang lain nyaman berbicara denganmu, Bela? Kamu harus percaya, cara terbaik untuk menghadapi segala ketakutan adalah dengan menghadapinya. Jadi, kapan kamu akan berbenah?

BACA JUGA : 5 Cara Sukses Meningkatkan Rasa Percaya Diri untuk Si Pemalu