SetelahWeverse, V Live, dan Lysn Bubble, aplikasi sosial media yang menghubungkan penggemar dengan idol Kpop. Kini, satu lagi aplikasi sosial media terbaru sedang menjadi tren di Korea Selatan, yakni Clubhouse.

Berbasis audio, aplikasi Clubhouse memungkinkan penggemar untuk berinteraksi dan ditantang untuk bertanya langsung ke idol Kpop dalam sebuah room, tempat untuk mendiskusikan satu atau beberapa topik. Konsepnya yang cukup simpel membuat beberapa idol Kpop ternama ikut mencoba aplikasi Clubhouse, nih. 

Lantas, siapa saja idol Kpop yang sudah terhubung dengan aplikasi Clubhouse? Lalu, apakah nama akun Clubhouse para idol Kpop ini? Cari tahu infonya di sini, Bela. 

1. Mino 'WINNER'

Tren Juga di Korea Selatan, 14 Idol Kpop Ini Turut Ramaikan Clubhouse Pinterest.com

Rapper asal YG Entertainment yang tengah disibukkan dengan kegiatan melukisnya, masih menyempatkan waktu untuk mengunduh dan membuat akun di aplikasi Clubhouse

Bersama rekannya, Mino turut memanfaatkan fitur dari Clubhouse dengan membuka room, dan memulai sebuah topik, serta memancing obrolan dengan penggemar. 

Jika tertarik untuk mengikutinya, penggemar bisa mengikuti dengan nama akun, @songminho di aplikasi Clubhouse

2. Taeyeon dan Yuri 'SNSD'

Tren Juga di Korea Selatan, 14 Idol Kpop Ini Turut Ramaikan Clubhouse Dkpopnews.net

Dari ke-8 anggota SNSD, Taeyeon dan Yuri menjadi anggota pertama dari SNSD yang mencoba aplikasi Clubhouse. Dalam aplikasi tersebut, penggemar akan bisa mendengarkan berbagi topik yang disampaikan langsung oleh Taeyeon atau Yuri. 

Tidak menutup kemungkinan, penggemar juga bisa berinteraksi dengan mereka saat berada di aplikasi Clubhouse. Kedua anggota SNSD ini bisa diikuti dengan nama akun @taeyeonn dan @yulyulk89 di Clubhouse.

3. Jae 'DAY6'

Tren Juga di Korea Selatan, 14 Idol Kpop Ini Turut Ramaikan Clubhouse Koreanindo.net

Meski telah memiliki program podcast berbahasa Inggrisnya sendiri, tampaknya Jae 'Day6' ingin melebarkan sayapnya di dunia audio yang sedang berkembang saat ini. 

Melalui Clubhouse, Jae juga bergabung bersama idol Kpop lainnya. Laki-laki yang jago bermain gitar di band besutan JYP Entertainment telah membuat akun sendiri di Clubhouse dengan nama @eajpark. 

4. Sandara Park '2NE1'

Tren Juga di Korea Selatan, 14 Idol Kpop Ini Turut Ramaikan Clubhouse Oh-dara.com

Mengikuti jejak rekan se-agensinya, Mino, Sandara Park yang lama berkarya di dunia hiburan Korea Selatan berusaha untuk menyesuaikan zaman agar tetap bisa terhubung dengan penggemarnya di seluruh dunia. 

Oleh karena itu, Sandara Park mencoba aplikasi Clubhouse yang tengah menjadi tren di kalangan pesohor dunia. Ia membuat akunnya sendiri dengan nama @sandarapark. Saat penggemar telah mengikuti akun Sandara Park di Clubhouse, penggemar dapat terlibat diskusi dengan Dara secara langsung dan ekslusif. 

5. Amber 'F(x)'

Tren Juga di Korea Selatan, 14 Idol Kpop Ini Turut Ramaikan Clubhouse Hellokpop.com

Selain Taeyeon dan Yuri yang telah bergabung di Clubhouse, Amber F(x) yang kini aktif bermusik di Amerika, juga semakin terdepan mengikuti perkembangan zaman. 

Melalui aplikasi Clubhouse-nya, Amber bisa berbagi pemikiran apa saja kepada orang-orang yang tergabung dalam room yang dibuatnya. 

Para penggemar yang tertarik dan penasaran dengan aktivitas yang dilakukan oleh Amber di Clubhouse tersebut, dapat mengikuti akunnya dengan nama @ajol_llama.  

6. Yesung, Siwon, dan Shindong 'Super Junior'

Tren Juga di Korea Selatan, 14 Idol Kpop Ini Turut Ramaikan Clubhouse Pinterest.com

Bertambah lagi artis besutan SM Entertainment yang bergabung di aplikasi Clubhouse, yakni Yesung, Siwon, dan Shindong menjadi anggota Super Junior yang telah membuka akun di Clubhouse

Ketiga musisi asal SM Entertainment mempunyai nama akun yang berbeda satu sama lain, penggemar yang ingin mengetahui dan mendengar obrolan Yesung di aplikasi Clubhouse bisa mengikutinya di akun @yesung1106. 

Sementara, untuk akun Siwon dan Shindong 'Super Junior', bisa penggemar ikuti di akun @siwonchoi dan @earlyboysd. Wah, bisa dengarin pemikiran mereka di luar aktivitas bernyanyi, nih!

7. Suhyun dan Chanhyuk 'AKMU'

Tren Juga di Korea Selatan, 14 Idol Kpop Ini Turut Ramaikan Clubhouse Soompi.com

Tidak jauh berbeda dengan seniornya di YG Entertaiment, kakak beradik yang tergabung dalam duo bernama AKMU juga mengunduh aplikasi Clubhouse agar bisa berbagi banyak hal inspiratif kepada penggemar di aplikasi tersebut. 

Melalui akun Clubhouse-nya masing-masing, Suhyun dan Chanhyuk berbagi nama akun mereka agar penggemar bisa mengikutnya. Jika ingin mendengar lebih banyak soal Suhyun, penggemar dapat mengiktinya di akun @akmu_suhyun. Sementara, Chanhyuk di akun @chanhyuklee.

8. Peniel 'BTOB'

Tren Juga di Korea Selatan, 14 Idol Kpop Ini Turut Ramaikan Clubhouse Pinterest.com

Anggota dari BTOB yang juga memiliki kanal YouTube sendiri bernama POV (Peniel Official Vlog) dan menghadirkan banyak bintang tamu inspiratif, mulai melebarkan sayapnya di apliksi terbaru, yakni Clubhouse

Lewat aplikasi Clubhouse, Peniel membuat akun baru sesuai dengan nama aslinya, yakni @penielshin. Jika malas membuka YouTube, penggemar bisa beralih ke Clubhouse dengan mendengarkan topik yang dibuat oleh Peniel di aplikasi tersebut. 

9. Lee Hi

Tren Juga di Korea Selatan, 14 Idol Kpop Ini Turut Ramaikan Clubhouse Forbes.com

Solois perempuan yang kini bernaung di bawah label rekaman, AOMG turut membuktikan eksistensinya di aplikasi Clubhouse. Dengan aplikasi tersebut, penggemar atau orang-orang yang menganggumi Lee Hi bisa terhubung di room topik yang dibuat oleh Lee Hi secara ekslusif, nih. 

Hanya dengan mengikuti akunnya yang bernama @leehi, penggemar bisa menikmati perbincangan sampai mengutarakan pendapat saat Lee Hi membuka topik di aplikasi Clubhouse.

10. BM dan Somin 'Kard'

Tren Juga di Korea Selatan, 14 Idol Kpop Ini Turut Ramaikan Clubhouse Pinterest.com

Pelantun lagu "Gunshot" yang tergabung dalam grup besutan DSP Entertainment, yakni KARD, tidak mau ketinggalan untuk membuat akun di aplikasi Clubhouse. Kedua anggota KARD, yaitu BM dan Somin sudah lebih dulu membuatnya. 

Topik perbincangan kedua anggota KARD ini bisa penggemar ulik lebih jauh di masing-masing akun. Penggemar dapat mengikuti Somin di Clubhouse dengan nama akun @sominny. Sedangkan, nama akun BM KARD di Clubhouse adalah@bigmatthewww.

11. Eric Nam

Tren Juga di Korea Selatan, 14 Idol Kpop Ini Turut Ramaikan Clubhouse Twitter.com/ericnam_usa

Solois berbakat yang pernah menerima penghargaan Forbes 30 Under 30 Asia di 2017 lalu juga terhubung dengan berbagai pesohor di dunia melalui aplikasi Clubhouse

Penggemar yang telah memiliki aplikasi Clubhouse, bisa langsung mengikuti akun @ericnam di aplikasi tersebut. Tidak menutup kemungkinan, penggemar dapat berbincang dan bertanya langsung ke Eric Nam.  Kalau selama ini hanya bisa di kolom komentar, maka di Clubhouse, bisa selangkah lebih dekat dengan sang idola, nih!

12. Hyomin 'T-ARA'

Tren Juga di Korea Selatan, 14 Idol Kpop Ini Turut Ramaikan Clubhouse Soompi.com

Usai lepas dari MBK Entertainment, Hyomin 'T-ARA' yang dipadati dengan aktivitas solo turut bergabung dengan aplikasi Clubhouse yang sedang menjadi hits di Korea Selatan. 

Berbekal pengalaman di dunia hiburan, ada berbagai topik yang dapat disampaikan oleh Hyomin. Buat penggemar yang penasaran dengan kegiatan atau topik dari Hyomin, bisa mengikuti akun @hyominnn di aplikasi Clubhouse. Sayang untuk dilewatkan, Bela!

13. Sorn 'CLC'

Tren Juga di Korea Selatan, 14 Idol Kpop Ini Turut Ramaikan Clubhouse Twitter.com/allkpop

Tidak disangka, penyanyi asal Thailand dari grup CLC turut mengikuti jejak idol Kpop yang sudah bergabung di aplikasi Clubhouse. Melalui akun Clubhouse-nya, penggemar dapat terhubung secara langsung dengan Sorn. 

Saat Sorn membuka room dengan topik yang ingin disampaikan, penggemar dapat mengajukan pendapat dengan menggunakan ikon angkat tangan. Di aplikasi ini, penggemar diajak berani mengemukakan pemikiran bersama sang idola. Penggemar bisa mengikuti akun Clubhouse Sorn dengan nama @sorn_chonnasorn.

14. Mark, JB, dan Bambam 'GOT7'

Tren Juga di Korea Selatan, 14 Idol Kpop Ini Turut Ramaikan Clubhouse Twitter.com/got7_fanbase

Lepas dari JYP Entertainment, sebagian anggota GOT7 diketahui telah bergabung di aplikasi Clubhouse, yakni Mark, JB, dan Bambam. 

Melalui akun Clubhouse-nya, Mark untuk pertama kali menyapa penggemar di aplikasi tersebut pada 18 Februari 2020. Kehadiran Mark 'GOT7' di aplikasi Clubhouse langsung menarik minat yang besar dari penggemar. 

Bahkan, aplikasi tersebut sempat mengalami crash beberapa saat. Ketiga anggota GOT7 ini membuat akun Clubhouse dengan nama @limjaebeom, @markytuan, dan @bambam.1a. 

Meski sudah banyak idol Kpop yang bergabung di aplikasi Clubhouse. Aplikasi ini masih bersifat semi ekslusif, karena pengguna harus mendapat undangan dari pengguna lain untuk bisa bergabung di aplikasi ini. 

Selain itu, Clubhouse baru kompatibel di perangkat iOS, nih. Tertarik untuk mencoba aplikasi Clubhouse dan mengikuti akun idol kpop favoritmu, Bela? 

Baca Juga: 5 Fakta Aplikasi Medsos Clubhouse, Populer karena Elon Musk

Baca Juga: Belum Kantongi Izin dari Kominfo, Clubhouse Terancam Diblokir

Baca Juga: Super Jahil, 12 Idol Kpop Pria Ini Terkenal Sebagai 'Evil Maknae'