Melihat sebuah grup Kpop terus bersama pasti akan terasa menyenangkan bagi seorang fans. Tapi, tidak semua grup Kpop bisa bertahan lama dan terpaksa bubar karena berbagai faktor. Memang, sungguh memilukan saat berurusan dengan pembubaran sebuah grup Kpop. 

Namun, tidak peduli, seberapa lama grup Kpop tersebut bubar, ada saja fans yang menanti dan berharap mereka kembali reunian untuk comeback. Bahkan, untuk mengenang kehadiran mereka di industri musik Korea Selatan, para fans berbagi kerinduan di berbagai linimasa sosial media.

Lantas, siapa saja grup Kpop yang sudah bubar tetapi diharapkan fans reunian untuk comeback? Yuk, lihat daftar lengkapnya di bawah ini, Bela.

1. SISTAR

Sudah Bubar, 10 Grup Kpop Ini Diharapkan Fans untuk ReunianAminoapps.com

Dikenal sebagai Queen of Summer, SISTAR yang beranggotakan Hyolyn, Bora, Soyou, dan Dasom pertama kali dibentuk pada 2010 silam di bawah naungan agensi Starship Entertaiment. 

Sudah banyak lagu yang dirilis oleh SISTAR, seperti "Touch My Body", "Give It To Me", "So Cool", "Loving U", hingga "Lonely", salah satu lagu yang dirilis sebelum mereka resmi bubar. SISTAR termasuk salah satu dari lima artis Korea yang pernah mempunyai lebih dari 9 lagu di posisi teratas dalam Gaon Digital Chart

Melihat lagu-lagu musim panas dari SISTAR yang menyenangkan, fans berharap anggota SISTAR bisa kembali reunian dan merilis lagu bersama. 

2. Boyfriend

Sudah Bubar, 10 Grup Kpop Ini Diharapkan Fans untuk ReunianGulfnews.com

Masih di bawah agensi Starship Entertainment, Boyfriend adalah grup laki-laki pertama yang dibentuk oleh agensi tersebut pada 2011. Mereka juga menjadi grup Kpop pertama yang mempunyai saudara kembar identik sebagai anggota, yaitu Jo Youngmin dan Jo Kwangmin 

Berbagai lagu populer pernah mereka nyanyikan, seperti "Janus", "Boyfriend", "Witch", "Obsession", dan "I YAH". Namun, popularitas Boyfriend terus menurun usai agensi mencoba fokus untuk mempromosikan mereka di Jepang. Tepatnya, tahun 2019 menjadi tahun terakhir para anggota Boyfriend bersama. 

Setelah dua tahun bubar, tetapi fans Boyfriend masih berharap agar para anggota bisa kembali reunian dengan mengadakan comeback.

3. B.A.P

Sudah Bubar, 10 Grup Kpop Ini Diharapkan Fans untuk ReunianHype.my

Menjadi salah satu grup Kpop yang diantisipasi debutnya pada 2012, B.A.P dianggap sebagai grup yang dipuji karena talenta dan potensi mereka di bidang musik. Mereka juga dinilai memiliki ciri khas tersendiri di antara grup Kpop lain yang debut di tahun tersebut. 

Namun sayangnya, bakat musik mereka terabaikan karena agensi TS Entertaiment tidak mempromosikan mereka dengan baik dan sejumlah faktor lain yang membuat grup tersebut akhirnya resmi bubar. Dua anggota B.A.P, Yongguk dan Zelo langsung meninggalkan grup setelah kontrak eksklusif berakhir di 2018 lalu. 

Sementara, empat anggota lainnya menyusul di tahun 2019 silam. Padahal, lagu-lagu mereka seperti "Wake Me Up", "Honeymoon", "Warrior", "No Mercy", hingga "Stop It" sangat enak didengar. Oleh karena itu, Baby (sebutan fans B.A.P) berharap mereka bisa kumpul kembali dan merilis lagu untuk menghibur para fans rindu dengan penampilan B.A.P.

4. 4Minute

Sudah Bubar, 10 Grup Kpop Ini Diharapkan Fans untuk ReunianWeheartit.com

Sebelum terkenal dengan solo karirnya, HyunA dulunya adalah seorang anggota 4Minute. Bersama anggota lainnya, mereka dipersatukan dalam grup bernama 4Minute di bawah agensi CUBE Entertainment. 

Saat 4Minute masih aktif, mereka telah merilis beberapa lagu terkenal, seperti "Crazy", "What's Your Name?", "Volume Up", dan "Is It Poppin?". Tetapi di tahun 2016, saat kontrak anggota 4Minute hampir habis, hanya HyunA yang diperpanjang oleh agensi. 

Diketahui, agensi tidak memberikan pilihan kepada mereka untuk melanjutkan sebagai grup dan tidak bisa mempertimbangkan rencana masa depan buat 4Minute. Hampir lima tahun sejak 4Minute bubar, Sohyun sempat memberi angin segar untuk fans bahwa para anggota masih menjaga hubungan baik. 

Mereka juga tengah mendiskusikan buat reuni kembali di 2019 lalu. Tetapi, sayangnya belum ada kabar terbaru lagi sejak saat itu. 

5. 2NE1

Sudah Bubar, 10 Grup Kpop Ini Diharapkan Fans untuk ReunianPinterest.com

Disebut sebagai dari BigBang versi perempuan, hadirnya 2NE1 di blantika musik Kpop tidak dapat disangkal menjadi salah satu grup perempuan paling ikonik, punya style yang cukup nyentrik, dan sentuhan lagu yang enak untuk didengar. 

Grup ini pertama kali dibentuk pada 2009 di agensi YG Entertainment. Sepanjang karier bermusiknya, 2NE1 selalu berhasil meraih prestasi yang memuaskan baik di ajang musik atau konser. Tetapi, di tahun 2016, Blackjack (sebutan fans 2NE1) harus berpisah dengan 2NE1. 

Di tahun 2016 pula, 2NE1 merilis lagu perpisahan berjudul "Goodbye". Meski masih disibukkan dengan proyek solo, Minzy memberi isyarat bahwa ada kemungkinan jika 2NE1 reuni kembali dalam waktu dekat. Bahkan, baru-baru ini, Park Bom secara tidak sengaja membocorkan kabar kalau 2NE1 sedang melakukan rekaman lagu bersama.Wah, semoga terjadi, ya

6. Wonder Girls

Sudah Bubar, 10 Grup Kpop Ini Diharapkan Fans untuk ReunianPinterest.com

Terkenal melalui lagu "Nobody", grup besutan JYP Entertainment ini juga harus bubar pada 25 Januari 2017. Sebelum bubar, Wonder Girls sempat merilis lagu berjudul "Draw Me" untuk membalas rasa cinta dan dukungan fans kepada mereka selama ini. 

Sudah empat tahun sejak grup ini bubar, Wonderful (sebutan fans Wonder Girls) masih berharap dan menanti jika suatu saat nanti, grup kesayangan mereka kembali reunian dan mengadakan comeback untuk menghibur dan menyapa fansnya.. 

7. Wanna One

Sudah Bubar, 10 Grup Kpop Ini Diharapkan Fans untuk ReunianPinterest.com

Wanna One menjadi salah satu grup bentukan dari ajang kompetisi berjudul Produce 101. Dapat dikatakan, grup Kpop ini bersifat sementara dari tahun 2017. Tetapi, bakat dan talenta musik yang dimiliki oleh masing-masing anggota membuat grup ini sangat disayang oleh Wannable (sebutan fans Wanna One).

Segudang prestasi juga pernah ditorehkan grup ini dalam waktu yang cukup singkat. Tetapi, habisnya masa kontrak pada 2018 membuat Wanna One harus bubar, walau konser terakhir mereka tetap diadakan di Januari 2019. 

Demi memberi apresiasi kepada fans, Wanna One juga merilis lagu perpisahan berjudul Spring Breeze. Hampir semua anggota dari Wanna One telah menjadi solois dan kembali ke grup lamanya atau bergabung dengan grup baru. Tetapi, Wannable masih menyimpan harapan jika mereka bisa melakukan comeback.  

8. X1

Sudah Bubar, 10 Grup Kpop Ini Diharapkan Fans untuk ReunianPinterest.com

Sama seperti Wanna One, X1 juga termasuk grup besutan dari ajang pencarian bakat Produce X 101 dan dibentuk pada 2019. Namun, kontroversi yang menimpa grup ini membuat X1 harus bubar hanya 5 bulan dari tahun debut, yakni sekitar bulan Januari 2020.

Sungguh disayangkan, pasalnya karier X1 saat itu sangat dinanti oleh para fans yang telah mendukung dari awal. Meski bubar, mayoritas anggota masih aktif di dunia musik Kpop sebagai solois atau tergabung di grup Kpop. Tentu saja, hal ini membuat fans menjadi berharap bahwa X1 dapat membuat comeback singkat untuk fans yang terlanjur kecewa karena pembubaran mereka yang mendadak itu. 

9. I.O.I

Sudah Bubar, 10 Grup Kpop Ini Diharapkan Fans untuk ReunianTwitter.com/ioigallery

Satu lagi, grup Kpop dari ajang pencarian bakat Produce 101 di tahun 2016., yaitu I.O.I. Grup ini beranggotakan 11 orang yang terpilih dari 101 trainee dari berbagai macam agensi hiburan Korea Selatan. Beberapa lagu yang terkenal dari I.O.I adalah "Very Very Very", "Pick Me", dan "Whatta Man (Good Man)"

Namun, kontrak mereka berakhir di Januari 2017 dan resmi bubar di tahun tersebut. Sebelum bubar, I.O.I juga menyiapkan lagu perpisahan berjudul Downpour, ciptaan Woozi SEVENTEEN. Meski sebagian besar anggota I.O.I telah berpisah jalan, tapi fans menantikan lagu terbaru I.O.I sebagai ajang reunian untuk menyapa penggemar. 

10. Pristin

Sudah Bubar, 10 Grup Kpop Ini Diharapkan Fans untuk ReunianDbkpop.com

Tidak jauh berbeda dengan TS Entertainment, bubarnya PRISTIN dinilai oleh fans sebagai pembubaran yang tidak adil dan menurunnya popularitas grup karena buruknya manajemen agensi Pledis Entertaiment. 

Diketahui, Pristin memulai debutnya pada 2017 di bawah naungan Pledis Entertaiment. Mereka sempat merilis lagu "Black Widow" dan "Wee Woo". Namun, dua tahun selesai debut, Pristin tidak kunjung comeback, sampai akhirnya kabar pembubaran terkuak di tahun 2019. 

Melihat adanya potensi musik yang disia-siakan, fans berharap Pristin bisa melakukan comeback demi menyapa fans yang rindu dengan aksi mereka di atas panggung. 

Ternyata, pembubaran sebuah grup tidak membuat mereka terlupakan, lho. Justru, masih banyak fans yang rindu dan berharap grup Kpop yang sudah bubar ini kembali reunian buat comeback. Selain mereka, grup Kpop mana yang paling kamu rindukan aksi comeback-nya, Bela?

Baca Juga: 5 Aktor yang Paling Dinantikan Comeback, Kamu Kangen sama Siapa saja? 

Baca Juga: Comeback Tahun 2021, Mari Sambut 5 Artis Idola Kpop Generasi Kedua

Baca Juga: 5 Aktor dan Aktris Korea Ini Adalah Idola Kpop Generasi Kpop Pertama!