Mencetak rekor tertinggi 6,6 persen, drama Korea My Roommate is a Gumiho yang dibintangi oleh Jang Ki Yong dan Hyeri sukses menarik perhatian penonton karena alur cerita dan visual kedua pemeran yang menawan. 

Berkisah tentang kesialan gumiho jantan bernama Shin Woo Yeo (Jang Ki Yong) yang bertemu dengan Lee Dam (Hyeri) membuat keduanya terikat satu sama lain dan harus tinggal serumah.

Sebelum drama Korea My Roommate is a Gumiho tayang, ada sejumlah drama Korea yang bercerita tentang legenda gumiho mulai dari genre romantis hingga misteri.

Nah, drama Korea apa saja yang mengangkat kisah tentang makhluk legendaris yang merupakan seekor rubah dengan sembilan ekor namun bisa berubah jadi manusia? Simak daftarnya di sini. 

1. Tale of the Nine-Tailed (2020)

Selain 'My Roommate Is A Gumiho', Ini 6 KDrama Tentang GumihoHancinema.net

Dibintangi oleh Lee Dong Wook dan Kim Bum, drama Korea bergenre urban fantasi ini mengisahkan tentang sosok gumiho penjaga Gunung Baekdu dan telah hidup dari zaman Joseon bernama Lee Yeon (Lee Dong Wook). 

Sementara, Kim Bum berperan sebagai Lee Rang, saudara tiri Lee Yeon, seorang gumiho yang senang menipu manusia dengan cara mengabulkan permintaan mereka. Kemudian, Lee Yeon bertemu dengan Nam Ji Ah (Jo Bo Ah).

Nam Ji Ah adalah seorang produser acara supernatural dan meyakini bahwa Nam Ji Ah merupakan wujud reinkarnasi dari perempuan yang disukainya. Drama Tale of the Nine-Tailed menjadi gumiho laki-laki pertama dalam industri drama Korea Selatan.

2. Gu Family Book (2013)

Selain 'My Roommate Is A Gumiho', Ini 6 KDrama Tentang GumihoHancinema.net

Bertema sejarah-fantasi, drama Gu Family Book menjadi drama pertama yang mempertemukan Suzy dengan Lee Seung Gi. Dalam drama ini, dikisahkan sosok Choi Kang Chi (Lee Seung Gi) yang merupakan manusia setengah gumiho. Ia dapat berubah wujud ketika marah dan memperlihatkan sisi gumiho yang kasar dan tidak terkendali. 

Kang Chi dibesarkan oleh keluarga angkatnya dan menjalani hidup sebagai manusia biasa. Namun, kehadiran Dam Yeol Wool (Suzy) membuat sifat kasar Kang Chi berubah dan perlahan mereka saling jatuh cinta. Keduanya bersama-sama melawan kekejaman yang terjadi di sebuah Kerajaan.

3. The Thousandth Man (2012)

Selain 'My Roommate Is A Gumiho', Ini 6 KDrama Tentang GumihoHancinema.net

Bergenre fantasi-komendi, drama yang dibintangi oleh Kang Ye Won, Hyomin, Woohyun 'INFINITE' dan Lee Chun Hee menceritakan sosok gumiho perempuan bernama Goo Mi Jin (Kang Ye Won) yang berekor sembilan. 

Satu keluarga Goo Mi Jin, ibu dan adik perempuannya, Mi Mo (Hyomin) juga merupakan seekor gumiho. Keduanya telah menjadi manusia setelah mengonsumsi 1000 hati laki-laki. Namun, Mi Jin masih harus berjuang untuk bisa menjadi manusia karena ia baru mengonsumsi sebanyak 999 hati laki-laki . 

Ia membutuhkan satu hati laki-laki agar bisa berubah menjadi manusia atau ia akan lenyap dari dunia. Sayangnya, hati terakhirnya itu merupakan nyawa dari seorang laki-laki yang dicintainya. 

4. My Girlfriend is a Gumiho (2010)

Selain 'My Roommate Is A Gumiho', Ini 6 KDrama Tentang GumihoHancinema.net

Beradu akting bersama Shin Min Ah dalam drama Korea My Girlfriend Is a Gumiho membuat drama Lee Seung Gi yang satu ini sangat populer di zamannya. Berpusat pada kehidupan laki-laki muda, Cha Dae Wong (Lee Seung Gi) yang bercita-cita menjadi seorang aktor. 

Suatu hari, ia bertengkar hebat dengan sang kakek dan pergi ke kuil. Di kuil tersebut, Dae Wong tanpa sengaja melepaskan seekor gumiho perempuan bernama Mi Ho (Shin Min Ah) yang terjebak di sebuah lukisan berusia 500 tahun. 

Setelah bebas, Mi Ho berubah menjadi seorang perempuan cantik yang mengikuti Dae Wong dan keduanya memutuskan hidup bersama. Benih cinta di antara keduanya pun bersemi dengan bumbu-bumbu konflik komedi romantis yang menyenangkan. 

5. Grudge: The Revolt of Gumiho (2010)

Selain 'My Roommate Is A Gumiho', Ini 6 KDrama Tentang GumihoHancinema.net

Berbeda dari drama Korea berlatar gumiho lainnya, drama Grudge: The Revolt of Gumiho menambahkan genre misteri di dalamnya. Diperankan oleh Han Da Gam, Kim Yoo Jung, Seo Shin Ae, dan Jang Hyun Sung. 

Drama ini menceritakan tentang seekor gumiho perempuan bernama Gu San Daek (Han Da Gam) yang meninggalkan suaminya, setelah ia melanggar janji untuk menikah di tahun ke-10 mereka bersama. Berkat pengkhianatan itu, San Daek tidak bisa berubah wujud.  

Saat bersama, San Daek diketahui mempunyai seorang putri, Yeon Yi (Kim Yoo Jung) yang terlahir campuran dari manusia dan rubah. Sambil merawat sang putri yang belum punya kemampuan gumiho, keduanya berkeliaran mencari tempat aman untuk tinggal. Aksi balas dendam San Daek pun terjadi di rumah Doo Soo (Jang Hyun Sung). 

6. Forbidden Love: Nine Tailed Fox (2004)

Selain 'My Roommate Is A Gumiho', Ini 6 KDrama Tentang GumihoHancinema.net

Termasuk dalam daftar drama lawas, drama Korea Forbidden Love: Nine Tailed Fox yang dibintangi oleh Kim Tae Hee ini memberikan kisah gumiho yang berbeda karena adanya aksi laga di dalam drama tersebut. 

Yoon Shi Yeon (Kim Tae Hee) adalah seorang gumiho perempuan yang hidup menyamar di dunia manusia. Ia memiliki masa lalu yang pahit karena seluruh keluarganya dibantai dan meninggalkan dirinya sebatang kara. 

Siang hari, Shi Yeon bekerja sebagai karyawan di museum sejarah alam. Malam harinya, ia menjadi prajurit perempuan teratas dari klan gumiho yang bertugas menjaga keseimbangan antara laki-laki dan rubah. 

Hidupnya mulai rumit saat pembunuh berantai yang diduga pernah membantai keluarganya kembali muncul. Ia harus bekerja sama dengan Kang Min Woo (Jo Hyun Jae), seorang inspektur laki-laki yang mengusut kasus tersebut. 

Itulah enam KDrama tentang gumiho selain My Roommate Is a Gumiho yang saat ini sedang tayang. Menurut kamu, drama Korea gumiho mana yang paling ikonik, Bela?

Baca Juga: Sudah Tayang, Ini Alasan Kenapa Harus Nonton 'My Roommate is A Gumiho'

Baca Juga: 7 Aktris Korea yang Pernah Perankan Sosok Gumiho, Si Rubah Berekor 9

Baca Juga: 10 Film Jepang yang Wajib Masuk Watch-List Para Pencinta Drakor