Nama aktor papan atas Park Seon Joon makin meroket di kalangan kaum hawa sejak aktingnya sebagai Park Sae Ro Yi di serial televisi Itaewon Class, berhasil membuat penikmat drama Korea sulit move on. Padahal, jauh sebelum terkenal dengan rambut chestnut-nya itu, aktor kelahiran 1988 ini sudah lama berkecimpung di dunia hiburan Korea, lho

Pertama kali tampil di layar kaca, ternyata aktor tampan ini tidak langsung menjajal dunia seni peran. Bahkan namanya tidak langsung terkenal seperti sekarang. Tapi, berkat kerja keras dan kemauannya mencoba berbagai peran di semua drama. Park Seon Joon berhasil mendapat berbagai penghargaan. Terakhir, ia berhasil membawa pulang piala 13th Asian Film Awards kategori AFA Rising Star of Asia Award di Hongkong. Wah, makin bersinar aja, oppa yang satu ini.  

Jadi, salah satu aktor yang diperhitungkan bakat aktingnya. Park Seo Joon memulai semua kesuksesannya dari sebuah peran kecil. Yuk, lihat proses perjalanan karier Park Seon Joon dari sebuah model video klip sampai memperoleh peran utama: 

1. Pernah tampil sebagai model di video clip Bang Yongguk

Pernah Jadi Model Video Clip, Inilah 9 Perjalanan Karier Park Seo Joonwww.pinterest.com

Siapa sangka, aktor yang pernah tampil charming dengan rambut klimis di drama What's Wrong With Secretary Kim? ini, memulai debutnya di layar kaca sebagai model video musik dari Bang Yongguk B.A.P pada tahun 2011, yang berjudul "I Remember".

Di video ini, Park Seo Joon yang memakai setelan kemeja hitam terlihat masih sangat muda dengan proporsi tubuh yang cenderung kurus. Tapi, tidak mengurangi ketampanannya yang alami dan sorot mata tajamnya mampu memikat siapa saja. 

Meski mendapat peran kecil di video tersebut, Park Seo Joon melakukan aktingnya dengan cukup baik dan menyentuh terlebih saat adegan ia menangis di pelukan seorang perempuan yang beradu peran dengannya di video tersebut.

2. Pertama kali tampil di film Korea berjudul Perfect Game

Pernah Jadi Model Video Clip, Inilah 9 Perjalanan Karier Park Seo Joonwww.asianwiki.com

Usai tampil di video musik, Park Seo Joon mendapat kesempatan untuk mencoba kemampuan aktingnya di layar lebar bersama Cho Seung Woo dan Yang Dong Geun dalam film Perfect Game.

Di film ini, Park Seo Joon berperan sebagai Chil-goo dan merupakan debut akting pertamanya meski hanya bermain sebagai pemeran pendukung. Namun, kehadirannya dalam bermain film meninggalkan kesan dan membuat sebuah production house melirik Park Seo Joon untuk tampil dalam drama bertema anak sekolahan. 

3. Mencuri perhatian lewat drama Dream High season 2

Pernah Jadi Model Video Clip, Inilah 9 Perjalanan Karier Park Seo Joonwww.pinterest.com

Lewat drama Dream High season 2 pada tahun 2012, nama Park Seo Joon mulai mencuri perhatian. Beberapa penikmat drama walaupun peran yang dimainkan bukanlah peran utama. Tapi, kepiawaiannya dalam melakukan akting semakin terasah dan hanya di drama ini, kamu akan melihat Park Seo Joon menunjukkan kemampuannya dalam menari. 

Drama Dream High season 2 sendiri merupakan drama musikal yang mengisahkan tentang siswa yang berkompetisi untuk menjadi idol. Di sini, Park Seo Joon mendapat peran sebagai Si-Woo yang mampu menaklukan hati kaum hawa.

4. Berakting kocak melalui drama sitkom Shut Up Family

Pernah Jadi Model Video Clip, Inilah 9 Perjalanan Karier Park Seo Joonwww.asianwiki.com

Perlahan tapi pasti, Park Seo Joon melebarkan sayapnya di dunia akting dengan menjajal di drama sitkom Shut Up Family pada tahun 2012. Walau memiliki perawakan yang sendu tapi Park Seo Joon mampu menjawab tantangan publik untuk berperan sebagai Cha Seo Joon, seseorang yang mempunyai sifat seperti anak kecil.

Di sini pun, Park Seo Joon masih mendapat peran pendukung. Namun, ia berusaha totalitas dengan melakukan adegan yang terbilang mengocok perut itu. Mencoba beberapa peran yang berbeda akhirnya membawa Park Seo Joon mendapat peran utama di drama selanjutnya.

5. Meraih apresiasi terbesar atas aktingnya di Korea Drama Awards

Pernah Jadi Model Video Clip, Inilah 9 Perjalanan Karier Park Seo Joonwww.channel-korea.com

Usaha Park Seo Joon dalam menjajal berbagai peran tidak sia-sia, ia resmi mendapat peran yang membuat dirinya diakui oleh Korean Drama Awards. Dua tahun setelah debutnya di video klip Bang Yongguk B.A.P. 

Dalam drama Pots of Gold, Park Seo Joon memang masih mendapat peran pendukung tapi melalui drama ini, ia berhasil mengantarkan dirinya sendiri menerima penghargaan pertama sebagai Best New Actor. Tidak hanya itu, ia juga mendapat dua nominasi sekaligus lewat drama ini, yaitu Best New Actor di 2nd APAN Star Awards dan MBC Drama Awards. 

Di drama ini, ia bermain sebagai Jung Mong Hyun yang berusaha  mempertahankan pernikahannya dengan pergi berlibur sebagai upaya melarikan diri dari keluarganya. Dapat dikatakan, akting Park Seo Joon di sini sangat apik dan sempat dikabarkan berkencan dengan lawan mainnya, saking romatis abis si Park Seo Joon ini. 

6. Kembali menerima penghargaan dan aktingnya tidak pernah mengecewakan

Pernah Jadi Model Video Clip, Inilah 9 Perjalanan Karier Park Seo Joonwww.etoday.co,kr

Baru usai drama Pots of Gold, Park Seo Joon sudah memulai drama terbarunya sebagai Song Min Soo yang berjudul One Warm Word. Aktingnya yang memukau dan tidak pernah mengecewakan penggemar, Park Seo Joon kembali menerima penghargaan untuk keduanya kalinya. 

Ia memenangkan penghargaan kategori New Actor di acara SBS Drama Awards pada tahun 2014. Menariknya, di drama ini, Park Seo Joon masih memerankan peran pendukung tapi aktingnya tidak kalah keren dengan pemeran utama. Tidak hanya itu, ia juga memboyong trofi penghargaan kategori Best Style of the Year dalam acara 7th Herald Donga Lifestyle Awards. Memang, gaya berpakaian Park Seo Joon semakin tahun semakin berkarisma. 

7. Baru mendapat peran utama setelah tiga tahun berakting

Pernah Jadi Model Video Clip, Inilah 9 Perjalanan Karier Park Seo Joonwww.asianwiki.com

Peran-peran kecil yang Park Seo Joon lakoni dalam semua drama, serta keseriusannya dalam memerankan sebuah karakter akhirnya membuat pria yang memiliki tinggi 185 cm ini berhasil mendapatkan peran utama di drama Witch's Romance di tahun 2014. 

Hampir 3 tahun setelah ia debut di layar kaca. Kalau kamu sempat melihat Park Seo Joon menari di drama Dream High season 2 maka di drama ini, kamu akan mendengar suara merdu dari sang aktor yang multitalenta. Ia mengisi lagu "Come Into My Heart" untuk soundtrack drama tersebut. 

8. Mengambil peran yang menantang

Pernah Jadi Model Video Clip, Inilah 9 Perjalanan Karier Park Seo Joonwww.kpopherald.koreaherald.com

Tidak ingin berada dalam zona nyaman, Park Seo Joon mulai menantang dirinya untuk terjun ke dunia film dengan mengambil genre yang tidak biasanya. Jika di drama, ia lebih sering memainkan karakter di drama romantis maka di film yang rilis pada tahun 2015, Park Seo Joon memilih genre thriller sebagai batu loncatannya dalam berkarya. 

Di film thriller pertamanya ini, Park Seo Joon mendapat banyak pujian karena kinerjanya dalam berakting terus meningkat. Meski tidak mudah menjalaninya, ia selalu berusaha keras melakukan pekerjaannya dengan sempurna. Rasanya tak salah apabila piala dari 36th Blue Dragon Film Awards untuk kategori Popular Star Award diserahkan ke Park Seo Joon. 

9. Makin sukses berkat drama Kill Me Heal Me

Pernah Jadi Model Video Clip, Inilah 9 Perjalanan Karier Park Seo Joonwww.weheartit.com

Drama Kill Me Heal Me yang membahas tentang kesehatan mental yang dibintangi oleh aktor Ji Sung dan Hwang Jung Eum, ternyata Park Seo Joon juga turut terlibat. Ia memerankan karakter Oh Ri On yang merupakan saudara kembar Oh Ri Jin (Hwang Jung Eum) padahal nyatanya, mereka berdua bukanlah kakak beradik. 

Aktingnya yang sangat totalitas dan bikin gemas ini membuat Park Seo Joon membawa pulang empat empat penghargaan sekaligus dari MBC Drama Awards yaitu Excellence Award Actor, Top 10 Stars Award, Popular Actor Award dan Best Couple Award. 

Dari sebuah peran kecil, Park Seon Joon menjelma menjadi aktor yang berbakat dan mumpuni. Ia juga rela berperan apa saja sehingga memiliki ciri khas di dunia seni peran. Semangat dan kerja kerasnya dalam mencapai tangga kesuksesan patut diacungi jempol.

Sama halnya dengan Park Seo Joon, jangan pernah menyerah untuk menggapai impianmu, Bela.

Baca Juga: 9 Tatanan Gaya Rambut Park Seo Joon di Berbagai Drama Korea

Baca Juga: 7 Drama Korea yang Harus Kamu Tonton Selagi Social Distancing

Baca Juga: 7 Momen Friendship Goals V 'BTS' dan Park Seo Joon, Bikin Iri!