Tidak hanya menghadirkan adegan romantis, tetapi beberapa drama Korea juga menyelipkan berbagai teori atau spekulasi yang menarik untuk dipecahkan saat ditonton. Kehadirkan teori di drama Korea, berhasil membuat penonton penasaran dan hanyut dalam setiap adegan. 

Saking penasarannya, penonton ikutan berpikir dan mencoba untuk menyelesaikan berbagai teori yang dihadirkan saat drama Korea berlangsung. Berkat teori ini pula, drama Korea ini ramai diperbincangkan di linimasa sosial media, dan menyentuh rating tertinggi ketika penayangan. 

Nah, buat kamu yang hobi memikirkan teori, 7 drama Korea ini cocok dijadikan tontonan menarik di akhir pekan.

1. Mouse

Penuh Teori, 7 Drama Korea Ini Bikin Penonton Ikut BerpikirHancinema.net

Dibintangi oleh Lee Seung Gi dan Park Jung Hyun, drama Mouse sukses membuat penonton menduga dan berpikir siapakah dalang sebenarnya di balik pembunuh berantai yang merenggut banyak korban tidak bersalah. Drama ini sendiri diangkat dari kisah nyata seorang psikopat. 

Bergenre thiller, Mouse mengisahkan seorang serial killer alias psikopat yang melakukan aksi pembunuhan bernama Han Seo Joon. Ia pun ditangkap atas tindakan kejinya itu. Namun diketahui, Han Seo Joon memiliki seorang putra bernama Sung Yo Han (Kwon Ha Woon) dan berprofesi sebagai dokter. 

Aksi pembunuhan yang serupa dengan Han Seo Joon kembali terulang. Bersama Detektif Moo Chi (Lee Hee Joon), petugas kepolisian (Jung Ba Reum) berusaha mengungkap pelaku psikopat tersebut. 

Awalnya, penonton menduga jika Sung Yo Han (Kwon Ha Woon) adalah karakter psikopat yang disinyalir adalah anak dari Han Seo Joon. Namun, penonton dibuat terkecoh dengan sikap petugas Jung Ba Reum belakangan ini. 

Banyak penonton akhirnya membuat teori baru bahwa psikopat tersebut adalah Jung Ba Reum. Apakah kamu juga tertarik untuk memecahkan teori Mouse, Bela?

2. The Penthouse 2

Penuh Teori, 7 Drama Korea Ini Bikin Penonton Ikut BerpikirHancinema.net

Melejit dengan musim pertama dan memberikan akhir kisah yang menggantung, The Penthouse kembali hadir dengan tajuk War in Life. Bercerita tentang konflik tiada akhir para penghuni apartemen mewah, Hera Place. 

The Penthouse season 2 mengejutkan banyak penonton dengan kematian salah satu karakter dan kehadirkan karakter lain yang diduga meninggal, ternyata tidak demikian. Salah satu adegan yang membuat penonton berpikir keras adalah jatuhnya Bae Ro Na (Kim Hyun Soo) dan pelaku dari kejadian maut tersebut. 

Selain tragedi Bae Ro Na, muncul sosok misterius yang mirip dengan Shim Soo Ryeon (Lee Ji Ah). Karakter yang berhasil membuat penonton tercengang karena berhasil masuk ke apartemen penthouse. 

Namun, teka-teki terbesarnya adalah riasan dan gaya 'kembaran' Shin Soo Ryeon' yang berbeda. Berbagi teori pun muncul mengenai Bae Ro Na dan 'kembaran' Shin Soo Ryeon'. Wah, rumitnya drama makjang satu ini, ya

3. Sisyphus: The Myth

Penuh Teori, 7 Drama Korea Ini Bikin Penonton Ikut BerpikirHancinema.net

Mengusung genre perjalanan waktu, drama Sisyphus: The Myth masuk ke dalam jajaran drama yang bikin penonton berpikir dan penuh dengan teori. Mengisahkan Han Tae Sul (Cho Seung Woo), seorang ahli sains yang sukses mendirikan Quantum & Time. 

Ia dipertemukan dengan Kang Seo Hae (Park Shin Hye), seorang perempuan dari masa depan yang membuat Tae Sul sadar, bahwa perjalanan waktu dapat dilakukan melalui alat ciptaannya. Berkat temuan inilah, Tae Sul menjadi perburuan berbagai pihak. 

Menggabungkan alur cerita masa lalu, masa kini dan masa depan, Sisyphus: The Myth menyajikan beragam teori. Teori-teori seperti tujuan Sigma sebenarnya, hingga perang nuklir menjadi bahan pemikiran penonton yang sulit terpecahkan. Kalau kamu sendiri, teori apa yang sudah berhasil dipecahkan, nih?

4. Signal

Penuh Teori, 7 Drama Korea Ini Bikin Penonton Ikut BerpikirHancinema.net

Diperankan oleh jajaran aktor dan aktris ternama, Signal yang mengambil alur waktu maju-mundur ini, juga mampu membuat penonton berpikir keras untuk mengetahui teori dari kasus pembunuhan yang terjadi 15 tahun silam.  

Terinspirasi dari kasus nyata di Korea Selatan, Signal menceritakan seorang polisi bernama Park Hae Young (Lee Ji Hoon) yang menemukan walkie talkie  dan menghubungkan dirinya dengan Lee Jae Han (Cho Jin Woong), seorang polisi dari masa lalu. Keduanya bahu-membahu untuk memecahkan kasus kriminal 'dingin' tersebut.  

Dalam drama ini, penonton seperti diajak menemukan kepingan-kepingan teori mengenai pelaku utama dari pembunuhan yang membuat kakak Park Hae Young menjadi korban salah tangkap, hingga kematian Lee Jae Han. Dijamin penasaran sampai akhir cerita, deh!

5. Chicago Typewriter

Penuh Teori, 7 Drama Korea Ini Bikin Penonton Ikut BerpikirPinterest.com

Mengambil konsep reinkarnasi, drama yang dibintangi oleh Yoo Ah In, Go Kyung Pyo, dan Im Soo Jung menceritakan seorang penulis terkenal (Han Se Joo), yang mengadakan pertemuan jumpa penggemar, dan sebuah mesin tik tua menarik perhatian. Se Joo sempat menanyakan asal dan harga mesin tik tua itu.  

Mesin tik tua tersebut dimiliki oleh seorang kolektor dan tidak berniat untuk menjualnya. Tapi sebuah kejadian tidak menyenangkan dan agak 'berhantu', pemilik tersebut menghubungi Se Joo dan mengirimkan mesin tik itu ke alamatnya. Pengiriman mesin tik itu diantar oleh kurir perempuan, Jeon Seol (Im Soo Jung). 

Ternyata, mesin tik tua tersebut 'berpenghuni', sosok Yoo Jin Oh adalah penghuni dari mesin tik tua. Digambarkan, ketiga tokoh ini mempunyai hubungan di masa lalu yang rumit. Hubungan masa lalu itu menjadi potongan-potongan teori yang membawa pada proses kematian Yoo Jin Oh dan pelaku utama dari pembunuhan Yoo Jin Oh. 

Kerennya, penonton harus menonton hingga akhir episode untuk mengetahui siapa tokoh yang membunuh Yoo Jin Oh dan bagaimana Yoo Jin Oh bisa masuk ke dalam mesin tik tua. 

6. Times

Penuh Teori, 7 Drama Korea Ini Bikin Penonton Ikut BerpikirHancinema.net

Bertema perjalanan waktu dan thriller, drama Times menceritakan seorang karakter Seo Jung In (Lee Joo Young). Ia berprofesi sebagai reporter di tahun 2020. Melalui sebuah kejadian, Jung In secara tiba-tiba terhubung dengan Lee Jin Woo (Lee Seo Jin), reporter dari masa lalu, tepatnya di tahun 2015. 

Pertemuan mereka dihubungkan lewat sebuah telepon. Berada di masa yang berbeda, keduanya bahu-membahu untuk mencegah aksi pembunuhan presiden Korea Selatan, Seo Gi Tae yang ternyata adalah ayah dari Jung In. 

Memasuki pertengahan episode, penonton semakin dibuat berpikir keras soal teori misteri yang terjadi di episode selanjutnya, termasuk akhir dari drama ini sendiri. Times berhasil memacu adrenalin penonton dalam berbagai adegan. Sayang banget buat dilewatkan, Bela.

7. Beyond Evil

Penuh Teori, 7 Drama Korea Ini Bikin Penonton Ikut BerpikirHancinema.net

Genre thiller atau crime tidak pernah gagal membuat penonton memutar otak untuk menemukan jawaban atau teori yang dihadirkan, termasuk drama dari Shin Ha Kyun dan Yeo Jin Goo ini. Penonton tidak pernah dibuat untuk berhenti berpikir.

Menghadirkan plot pembunuhan berantai, Lee Dong  Shik (Shin Ha Kyun), seorang detektif berkompeten di Kantor Polisi Manyang. Ia dihadapkan pada tragedi pembunuhan selama 20 tahun. Mirisnya, sang pelaku utamanya belum juga tertangkap. 

Lalu, kisah berlanjut dengan memunculkan detektif muda bernama Han Joo Woon (Yeo Jin Goo). Ia mendapat tugas di area yang sama dengan Lee Dong Shik dan pembunuhan berani yang sama kembali terulang. 

Serupa dengan Mouse, penonton juga diajak bermain teori dengan menemukan pelaku utama dari pembunuhan berantai tersebut. Dugaan Lee Dong Shik, si detektif andal mencuat. Banyak teori dari penonton jika Dong Shik adalah sang villain dalam drama ini. Menurut tebakan kamu, bagaimana?

Baca Juga: 5 Tokoh Pria Anti-Hero di Drama Korea yang Bikin Kamu Jatuh Hati

Baca Juga: 6 Drama Korea Terbaik Sepanjang 1 Dekade, Menurut Baeksang Arts Awards

Baca Juga: Meskipun Underrated, 5 Drama Korea Ini Punya Cerita yang Bagus!