Keputusan BTS mengumumkan untuk hiatus secara grup, rupanya menuai sorotan dari Presiden Asosiasi Penyanyi Korea, Lee Jae Yeon. Ia meminta grup besutan HYBE Labels tersebut tidak hiatus dari dunia musik. 

Demi menahan BTS dari masa hiatus, Lee Ja Yeon sampai mengirimkan pesan langsung ke grup tersebut dan agensi. Ia mengaku bahwa BTS telah membawa perubahan yang signifikan di dunia musik Korea Selatan. 

Meminta BTS Tak Hiatus, Asosiasi Penyanyi Korea Dikecam ARMYBerbagai sumber

Permintaan Lee Jae Yeon kepada BTS agar tidak hiatus, ternyata didasari oleh perasaan takut dan khawatir akan kesuksesan berkelanjutan dari musik K-Pop. Ia menilai bahwa grup besutan HYBE Labels tersebut adalah The Next Beatles. 

Kini, julukan tersebut akan memudar jika BTS hiatus secara grup dan para anggota fokus menjalani karier solo. 

"Sekarang, kami telah sampai di titik sulit untuk menemukan The Next BTS dalam waktu dekat. Ada kekhawatiran besar bahwa Hallyu Wave akan berhenti seiring dengan hiatusnya grup tersebut," ungkap Lee Jae Yeon dikutip dari Allkpop pada 22 Juni 2022.

Di samping itu, Lee Jae Yeon mengungkapkan bahwa Korea Selatan tanpa BTS akan kehilangan eksistensi sebagai negara yang harus dikunjungi oleh penggemar K-Pop Internasional.

Alasannya, karena para penggemar akan menemukan artis atau grup lain untuk didukung.

"Jika BTS pergi, maka para misionaris Hallyu dan budaya Korea, serta ARMY juga akan pergi. Industri pariswisata Korea Selatan tentu menderita dan sulit untuk mengharapkan masa depan bagi Korea Selatan sebagai pusat budaya di Asia pasca BTS hiatus," tutur Lee Jae Yeon. 

Bahkan, Lee Jae Yeon secara khusus meminta agar Pemerintah dan Nasional Majelis Korea Selatan melakukan revisi Undang-Undang Dinas Militer agar gelombang Hallyu Wave tetap dapat terus menyebar.

Ia juga menyarankan Undang-Undang Khusus tentang wajib militer untuk Olahraga dan Industri Musik dan Seni Klasik diperluas ke budaya populer. Lee Jae Yeon mengharapkan masalah ini diperhatikan lebih lanjut, karena bersifat mendesak. 

Sikap Lee Jae Yeon, yang seolah turut campur dalam keputusan hiatus BTS mengundang kemarahan ARMY. Mereka mengecam pernyataan Presiden Asosiasi Penyanyi Korea tersebut. ARMY menilai bahwa Lee Jae Yeon menaruh harapan yang tidak realistis pada BTS.

Para anggotanya pun sudah secara terbuka berbicara tentang kelelahan di masa lalu. ARMY dengan lantang membela sang idola dengan menaikkan tagar #LEAVEBTSALONE dan #BTSItsOkayToRest ke puncak trending topic Twitter. Mereka mengutarakan bahwa BTS berhak untuk istirahat. 

"Saya tidak mendaftar untuk menjadi misionaris gelombang Hallyu dan budaya Korea," tulis seorang ARMY di Twitter. 

"BTS tidak merilis video berdurasi satu jam hanya untuk menjelaskan segalanya, agar orang-orang merasa bersalah," ungkap ARMY lainnya.

Publik juga menilai bahwa kekhawatiran Lee Jae Yeon sangat berlebihan, karena banyak grup K-Pop lain yang juga menemukan kesuksesan besar di luar negeri dalam beberapa tahun terakhir. 

Meminta BTS Tak Hiatus, Asosiasi Penyanyi Korea Dikecam ARMYBerbagai sumber

Sebagai informasi, hiatus BTS terjadi beberapa hari setelah perilisan album antologi ekspansif bertajuk PROOF. Namun, perwakilan BTS mengklarifikasi bahwa hiatus BTS dirancang untuk memberikan kesempatan lebih kepada anggota untuk mengeksplorasi kreativitas dan peluang di luar kegiatan grup. 

Selain itu, Jungkook 'BTS' juga menekankan bahwa BTS tidak bubar dan mereka memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebagai grup. Jadi, ia memastikan BTS masih punya kegiatan baru di masa depan. 

Saat ini, J-Hope menjadi anggota BTS yang memamerkan karya solonya dan menjadi headliner di festival musik tahunan, Lollapalooza. Jimin, Suga, dan Jungkook berencana melakukan hal yang sama dengan J-Hope, yaitu merilis proyek solo di masa mendatang. 

Bagaimana menurut pendapatmu mengenai kisruh Lee Jae Yeon dengan hiatusnya BTS, Bela? 

Baca Juga: Kejutan! CD Spesial Single BTS "Yet To Come" Siap Dijual!

Baca Juga: Jungkook 'BTS' Kolaborasi Bareng Charlie Puth, Ini Bocoran Lagunya!

Baca Juga: BTS Akan 'Hiatus', Ini Bocoran Proyek Solo Mereka