Meskipun pandemi COVID-19 belum berakhir, namun Korea Selatan secara perlahan mulai membuka diri terhadap keramaian dengan menggelar konser tatap muka. Hal ini dibuktikan dengan konser tatap muka yang digelar oleh Mino 'WINNER' bertajuk 'MINO: MANIAC' pada 19 November 2021.

Mino 'WINNER' sukses menggelar konser tatap muka pertamanya bersama penggemar setelah dua tahun tidak bertemu mereka. Walaupun, konser Kpop tatap muka di Korea Selatan sudah berlangsung, penonton harus mematuhi sejumlah aturan baru demi kenyamanan dan keselamatan bersama. 

Aturan baru saat datang ke konser Kpop tatap muka jauh lebih ketat dibandingkan sebelum pandemi COVID-19 terjadi. Namun, kemeriahan dan antusiasme penggemar selama konser berlangsung tetap dapat dirasakan.

Lantas, aturan baru apa yang diberlakukan pemerintah Korea Selatan agar konser Kpop tatap muka berlangsung dengan tertib dan aman? Melansir dari Koreaboo.com, ini dia aturan barunya di bawah ini. 

1. Menjaga jarak duduk antar penonton

Korea Gelar Konser Tatap Muka, Ini 6 Aturan Baru yang Harus DipatuhiKoreajoongangdaily.com

Jika sebelum pandemi COVID-19, jarak antara penonton di konser Kpop tatap muka sangat dekat, terutama di bagian festival di mana penonton saling berdiri dan berhimpitan di satu area demi melihat sang idola. 

Maka setelah pandemi COVID-19, pemerintah Korea Selatan memberlakukan aturan baru berupa menjaga jarak duduk antar penonton sehingga mencegah dan mengurangi intensitas penularan virus corona di area konser K-pop. 

2. Tidak ada makanan atau minuman

Korea Gelar Konser Tatap Muka, Ini 6 Aturan Baru yang Harus DipatuhiPinterest.com

Sebelum pandemi COVID-19, banyak stand penjaja makanan dan minuman di area konser sehingga memudahkan penonton yang lapar atau haus untuk membeli makanan dan minuman dari jarak dekat, tanpa perlu keluar dari area konser. Namun, hal ini justru menambah masalah baru.

Lantaran, seringkali kru lapangan di konser Kpop tatap muka teperdaya dengan tipu muslihat beberapa penonton yang menyembunyikan makanan atau minuman di bagian bawah tas mereka. Demi kesehatan dan keselamatan bersama, diterapkan aturan baru yang cukup ketat, yakni tidak ada makanan dan minuman di area konser.

3. Selalu menggunakan masker

Korea Gelar Konser Tatap Muka, Ini 6 Aturan Baru yang Harus DipatuhiKbizoom.com

Pandemi COVID-19 membuat publik cukup berhati-hati dan waspada saat berkegiatan di luar rumah. Pembersih tangan (hand sanitizer) dan masker menjadi dua barang wajib yang dibawa yang sering dipakai oleh publik saat ini. 

Begitu pula saat datang ke konser Kpop tatap muka saat ini, penonton yang datang dan hadir di acara konser diwajibkan untuk selalu menggunakan masker hingga konser tersebut selesai. 

4. Tidak diperbolehkan bersorak atau berteriak

Korea Gelar Konser Tatap Muka, Ini 6 Aturan Baru yang Harus DipatuhiBbc.com

Rasanya kurang afdal jika datang ke konser Kpop tanpa keriuhan atau sorakan penonton dari dalam venue. Justru, hal ini yang dirindukan penonton saat datang ke konser tatap muka idola mereka. 

Sayangnya, di aturan baru konser Kpop tatap muka, penonton tidak diperbolehkan bersorak atau berterik selama konser Kpop berlangsung di dalam ruangan. Etika ini telah diterapkan saat konser Mino 'WINNER' pada 19 November lalu. 

Namun, Mino 'WINNER' berusaha memecahkan keheningan konser dengan menggoda para penggemar dengan beberapa permainan yang mengundang gelak tawa penonton dari balik masker. 

5. Hanya diperbolehkan bertepuk tangan

Korea Gelar Konser Tatap Muka, Ini 6 Aturan Baru yang Harus DipatuhiCnn.com

Sebagai pengganti sorakan dan teriakan, penonton masih dapat memberikan dukungan ke idola mereka saat konser berlangsung dengan bertepuk tangan. Hal ini  terjadi di konser Mino 'WINNER'. Ia memberikan isyarat kepada penggemar agar dapat berinteraksi dengan dirinya di konser tersebut. 

Di konsernya, Mino 'WINNER' menggunakan isyarat satu tepukan tangan untuk menanggapi atau menarik perhatian penggemar. Sementara, dua tepukan untuk mengekspresikan kesenangan terhadap konser yang digelar.

6. Menggunakan lightstick untuk mendukung

Korea Gelar Konser Tatap Muka, Ini 6 Aturan Baru yang Harus DipatuhiKpopmap.com

Tidak hanya Mino 'WINNER' , tetapi solois muda yang merupakan mantan anggota Wanna One, yakni Ha Sung Woon juga telah menggelar konser Kpop tatap mukanya pada 10 Oktober 2021. Konser bertajuk 'HA SUNG WOON CONCERT 'FOREST &' - SEOUL 2021'  memberikan suasana yang berbeda bagi para penggemarnya.

Lantaran tidak bisa teriak dan bersorak selama konser, para penggemar secara diam-diam melambaikan lightstick mereka untuk mendukung Ha Sung Woon yang sedang bernyanyi. Lautan warna-warni lightstick membuat penggemar lain yang tidak bisa hadir di konser merasa tersentuh dan terharu saat melihat pemandangan indah tersebut. 

Meski aturan baru yang diterapkan cukup ketat, namun tidak mengurangi kemeriahan konser Kpop tatap muka saat ini, Bela. Siapa yang udah kangen datang ke konser K-pop, nih?

https://www.youtube.com/embed/qsM2JOXY-HE

Baca Juga: Menggembirakan, Deretan Grup K-Pop Ini Gelar Tur Konser Perdana!

Baca Juga: Ada Coldplay X BTS, Ini Link Nonton American Music Awards 2021

Baca Juga: Buntut Insiden Konser Astroworld, Travis Scott dan Drake Digugat