Perjalanan debut seorang idol K-pop terkenal tidak mudah. Tidak hanya berlatih menari dan olah vokal setiap hari, namun mereka juga dihadapi dengan ketatnya persaingan sesama trainee  dan tidak ada jaminan pasti seorang trainee lama bisa debut di grup yang diimpikannya. 

Bahkan, beberapa trainee terdepak dari agensi hiburan Korea Selatan karena menurunnya kualitas seorang bintang. Namun, ada pula yang bertahan demi satu tujuan, yakni debut. Mereka menjelma menjadi idol Kpop yang sukses besar padahal, dulunya para idol Kpop ini hampir tidak bisa debut dan menyerah pada keadaan. Siapa saja mereka? Intip daftarnya di bawah ini.

1. Jimin 'BTS'

Kini Sukses Besar, Ini 10 Kisah Idol K-Pop yang Nyaris Gagal DebutTwitter.com/parkjiminpics

Dapatkah kamu membayangkan BTS tanpa Jimin atau sebaliknya? Tentu, rasanya sulit. Padahal sebenarnya, Jimin hampir tidak bisa debut bersama BTS karena jenis tarian yang dipelajari olehnya, yakni modern dance

Jenis tarian tersebut berbeda dari jenis tarian yang biasanya dibutuhkan oleh seorang idol Kpop di atas panggung. Berkat latihan dan semangat juangnya, Jimin berhasil membuktikan kepada agensi untuk bisa debut bersama keenam anggota BTS lainnya. Kini, Jimin kini telah menjadi seorang musisi yang bersinar dan dikagumi oleh banyak orang. Keren banget, kan!

2. Suga 'BTS'

Kini Sukses Besar, Ini 10 Kisah Idol K-Pop yang Nyaris Gagal DebutPinterest.com

Perjuangan Suga untuk bisa mencapai titik kesuksesan cukup memilukan bagi ARMY. Dalam acara TMI News, ia secara terbuka membagikan kisah perjalanan debutnya sebelum debut dengan BTS. Saat menjadi trainee, Suga memiliki kondisi finansial yang pas-pasan. 

Demi mencukupi kebutuhan hidup, Suga sering menjual lagu ke orang lain, namun hasilnya tak sepadan. Ia juga menjajal berbagai pekerjaan paruh waktu, termasuk profesi kurir. Namun suatu hari, Suga mengalami kecelakaan yang membuat bahunya mengalami dislokasi. 

Padahal, sebagai seorang trainee, Suga harus berlatih koreografi yang cukup sulit. Karena situasi tidak menguntungkan baginya, ia memutuskan keluar dari pelatihan. Melihat bakat Suga yang akan bersinar, Bang Si Hyuk mencegah tindakan gegabah artisnya itu dan mencari jalan keluar bersama.

Akhirnya, Bang Si Hyuk memutuskan untuk menunggu Suga sampai sembuh dan melunasi semua uang pendidikan Suga, sehingga ia tidak perlu merasa khawatir dengan kondisi finansialnya dan bisa fokus berlatih. Terbukti, keputusan pemilik agensi HYBE Labels sangat tepat akhirnya Suga bisa debut bersama anggota lainnya. 

3. Momo 'TWICE'

Kini Sukses Besar, Ini 10 Kisah Idol K-Pop yang Nyaris Gagal DebutAllkpop.com

Sebelum debut, TWICE melewati berbagai rintangan dan ajang pencarian bakat yang diadakan oleh JYP bernama Sixteen. Ada beberapa trainee yang berjuang di sana, termasuk Momo.

Selama acara berlangsung, para trainee yang bersaing diberikan beberapa tugas, salah satu menari. Gaya menari Momo saat itu cukup menarik perhatian dan energik sayangnya, hasil pemungutan suara berkata lain.

Bersama Tzuyu, Momo ikut terdepak dari line up debut TWICE. Namun, keduanya terselamat berkat keputusan tepat Park Jin Young, sang pendiri JYP itu menambahkan keduanya dengan alasan popularitas dan bakat mereka yang luar biasa. 

4. Jihyo 'TWICE'

Kini Sukses Besar, Ini 10 Kisah Idol K-Pop yang Nyaris Gagal DebutPinterest.com

Di usia delapan tahun, Jihyo sudah menjalani pelatihan yang cukup keras dan ketat. Tak banyak hal indah yang bisa ia dapatkan semasa kecil karena harus berlatih vokal dan menari di agensi. 

Jihyo mengaku ia telah melewatkan banyak hal dalam hidupnya, termasuk waktu bersama keluarga. Jihyo juga iri dengan teman-teman sekolahnya yang bisa bermain dengan bebas sepulang sekolah, tetapi dirinya sibuk menjalani pelatihan. Bahkan, ia mengalami kenaikan berat badan karena stres. 

Seharusnya, Jihyo debut bersama grup Kpop perempuan bernama 6MIX, tetapi beberapa anggota keluar agensi dan grup dibatalkan. Panjangnya pelatihan dan tak kunjung debut membuat Jinhyo ingin menyerah saat itu.

Tetapi, Jihyo mencoba kesempatan lain yang ditawarkan oleh agensi untuk berjuang di acara Sixteen dan membuahkan hasil. Jihyo berhasil debut dan memegang posisi leader dari grup TWICE.  

5. Bambam 'GOT7'

Kini Sukses Besar, Ini 10 Kisah Idol K-Pop yang Nyaris Gagal DebutKpopmap.com

Dulunya, GOT7 hampir debut dengan jumlah anggota enam orang, tanpa Bambam. Idol Kpop asal Thailand ini tidak masuk line up debut karena usianya yang masih sangat muda. Bambam lulus audisi dan bergabung dengan JYP Entertainment saat ia berusia 13 tahun.

Di sebuah acara, Bambam mengakui bahwa ia awalnya akan didebutkan bersama grup Kpop selanjutnya di JYP Entertainment. Namun, Bambam mematahkan stigma umur yang melekat kepadanya.

Saat battle dance melawan trainee YG Entertainment dalam acara Win: Who is Next, Park Jin Young berubah pikiran setelah melihat bakat menari Bambam yang terus mengalami peningkatan. Hingga akhirnya, ia dimasukkan ke line debut bersama keenam anggota lainnya dan kini sukses meniti karier sebagai solois muda setelah tidak memperpanjang kontrak dengan agensi lamanya itu. 

6. Baekhyun 'EXO'

Kini Sukses Besar, Ini 10 Kisah Idol K-Pop yang Nyaris Gagal DebutSoompi.com

Sudah lama debut bersama EXO, Baekhyun baru mengungkap kondisi penyakitnya kepada penggemar setelah dirinya mendaftar wajib militer pada Mei 2021. Selama ini, Baekhyun menutup rapat-rapat mengenai penyakit hiportiroidisme yang diketahui sempat membuatnya tidak bisa debut dengan EXO. 

Hipotiroidisme adalah sebuah kelainan di mana penderitanya kekurangan hormon tiroid yang memengaruhi kinerja detak jantung dan suhu tubuh. Dampaknya, sang penderita lebih mudah lelah dan mengalami kesulitan konsentrasi. Tetapi, daya juang Baekhyun untuk debut mengalahkan rasa sakit yang dialaminya. 

Bahkan, Baekhyun mengungkapkan bahwa ia tetap ingin debut bersama EXO meski dirinya pingsan atau meninggal di atas panggung. Kendati demikian, Baekhyun berpesan agar penggemar tidak terlalu khawatir dengan kondisi tubuhnya karena ia selalu menjaga untuk tetap fit. 

7. Seulgi 'Red Velvet'

Kini Sukses Besar, Ini 10 Kisah Idol K-Pop yang Nyaris Gagal DebutSoompi.com

Menjalani rutinitas yang sama selama bertahun-tahun tentu setiap orang mengalami titik jenuh. Begitu pula yang dirasakan oleh Seulgi, ia hampir meninggalkan debut besarnya bersama Red Velvet. 

Di antara anggota lainnya, Seulgi menjalani pelatihan sekitar tujuh tahun. Di salah satu episode dalam acara Idol Party, Seulgi membagikan kisah pilunya saat menghadapi masa-masa sulit dalam hidupnya. Pada tahun ketiga sampai keempat, ia sempat berpikir untuk berhenti menjadi seorang idol Kpop. 

Namun, dorongan kuat dari sang ibu yang membuat Seulgi membatalkan niatnya tersebut dan terus mengejar mimpinya. Terbukti, ia berhasil menyelesaikan pelatihan dan menjadi bintang besar di dunia hiburan Korea Selatan. 

8. Heechul 'Super Junior'

Kini Sukses Besar, Ini 10 Kisah Idol K-Pop yang Nyaris Gagal DebutGulfnews.com

Siapa yang tak mengenal sosok idol Kpop dengan sikap blak-blakan dan kepribadian yang menyenangkan ini? Yup, Heechul menjadi salah satu idol generasi kedua yang masih eksis hingga sekarang. Bahkan, ia dikenal sebagai King of Variety Show karena bakat melawaknya di setiap acara. 

Padahal sebelum debut bersama Super Junior, Heecul sempat keluar dari agensi karena sikap tidak sopannya. Dari dulu, Heechul memiliki kepribadian yang bebas dan agak keras kepala. Ia mendapat teguran dari sang pelatih karena membantah dan diminta untuk menulis surat permintaan maaf.

Sayangnya, Heechul bersikeras bahwa dirinya tidak bersalah. Sang pelatih memberikan sanksi tegas memulangkan Heechul ke rumah. Alih-alih bersedih dan meminta maaf, Heechul malah pulang dengan senang hati. Sampai akhirnya, pihak agensi turun tangan dan membawa balik Heechul untuk debut bersama grupnya tersebut. 

9. Yesung 'Super Junior'

Kini Sukses Besar, Ini 10 Kisah Idol K-Pop yang Nyaris Gagal DebutSoompi.com

Tidak banyak yang tahu jika pemilik suara merdu yang merupakan anggota Super Junior hampir gagal debut karena terlupakan oleh pihak agensi. Saat menjadi trainee, Yesung sering berlatih bersama Yunho dan Changmin 'TVXQ'. Suatu hari, kedua anggota TVXQ tersebut diberitahu akan debut lebih dulu, sehingga tinggal Yesung yang masih berstatus trainee

Setahun kemudian, Yesung kembali ke agensi yang telah mengalami perombakan besar terhadap karyawan mereka. Ia belum bisa dipastikan debut kala itu dan harus kembali bersaing melawan puluhan trainee lainnya untuk debut. Kerja keras dan kegigihan Yesung dalam berlatih membuat usahanya tidak berakhir sia-sia. Akhirnya, ia masuk line up debut bersama Super Junior. 

10. Johnny 'NCT'

Kini Sukses Besar, Ini 10 Kisah Idol K-Pop yang Nyaris Gagal DebutKoreaboo.com

Senasib dengan Yesung, Johnny merupakan salah satu trainee terlama SM Entertainment dan harus menerima kenyataan bahwa teman-teman seperjuangannya telah lebih dulu debut dengan grup bernama EXO. 

Dilihat dari masa pelatihan yang dijalani Johnny, ia seharusnya masuk daftar line up debut bersama anggota EXO. Namun, SM Entertainment membatalkannya tanpa alasan yang jelas sehingga Johnny harus bersabar dan kembali ke ruangan latihan bersama trainee baru saat itu.

Kesabaran dan jerih payahnya selama puluhan tahun berlatih terbayarkan saat dirinya berhasil debut bersama NCT. Debut Johnny sangat dinantikan penggemar melihat perjuangan sang idola yang cukup lama. 

Itulah sepuluh idol Kpop yang nyaris gagal debut dan kini menjelma sebagai bintang idola yang sukses besar. Semoga kisah dan perjuangan mereka dalam menggapai suatu hal bisa menginspirasi kita untuk tak pantang menyerah, ya, Bela. 

Baca Juga: Fakta Karier Sehun, Debut Hingga Bintangi 'Now, We Are Breaking Up'

Baca Juga: Inilah 13 Idol K-Pop dengan Sederet Prestasi dalam Bidang Akademik  

Baca Juga: Dianggap Underrated, 10 Idol Aktor Ini Layak Mendapat Perhatian