Beberapa pekan lalu, publik dibuat tercengang atas tindakan seorang penegak hukum di Amerika Serikat hingga membuat salah satu warga kulit hitam, George Floyd, meninggal dunia. Tindakan tak terpuji tersebut berdampak pada aksi menuntut keadilan yang dilakukan oleh warga Amerika di sana. Aksi #BlackLivesMatter pun kembali digaungkan. 

Hal ini turut mendapat perhatian dari sejumlah selebritas dunia, tak terkecuali Idol Kpop. Mereka secara terang-terangan mendukung aksi #BlackLivesMatter yang sedang memanas agar keadilan dapat ditegakkan. Nggak hanya saling bersuara di media sosial, namun para idol Kpop ini sampai ada melakukan donasi. Rasa solidaritas dari para idol Kpop memang tak pernah padam untuk aksi kemanusiaan seperti ini.  Siapa saja mereka? Simak selengkapnya di sini.

1. Jay Park

Dukung Aksi #BlackLivesMatter, 7 Idol Kpop Tunjukkan SolidaritasFanpop.com

Jay Park yang pernah berkarier di dunia musik Korea dan tinggal di Seattle ini turut menyuarakan aksi keadilan dan kedamaian atas kasus yang menimpa warga kulit hitam di negara adidaya tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, Jay Park dan manajemen H1GHR Music memberikan donasi sebesar US$21ribu atau setara Rp146 juta dalam rangka mendukung gerakan #BlackLivesMatter

2. Mark 'GOT7'

Dukung Aksi #BlackLivesMatter, 7 Idol Kpop Tunjukkan SolidaritasTwitter.com

Berasal dari California dan berprofesi sebagai seorang idol di Korea, tak membuat Mark Tuan lupa akan tanah kelahirannya. Mark Tuan, salah satu anggota dari grup GOT7 melakukan aksi solidaritas untuk bersuara atas tindakan rasisme yang terjadi di tengah wabah COVID-19. 

Melalui kicauannya di Twitter, Mark berpesan agar pedemo yang ikut turun ke jalan diberi kekuatan dan keselamatan untuk mereka semua. Nggak hanya memberi dukungan lewat suaranya, Mark juga melakukan donasi ke salah satu lembaga sosial yang menggalang aksi #BlackLivesMatter sebesar US$7ribu atau sekitar Rp101 juta. 

3. Jae 'Day6'

Dukung Aksi #BlackLivesMatter, 7 Idol Kpop Tunjukkan SolidaritasKoreaboo.com

Satu lagi, idol Kpop di bawah naungan JYP Entertaiment yaitu Jae DAY6 juga tak ketinggalan untuk ambil suara dan saling dukung atas nama keadilan dan kedamaian yang diinginkan oleh seluruh publik di dunia ini. 

Pada tanggal 31 Mei, Jae yang aktif di akun Twitter-nya tiba-tiba mengunggah sebuah foto donasi dirinya ke sebuah lembaga sosial, Minnesota Freedom Fund. Minnesotta Freedom Fun sendiri adalah lembaga yang membayar jaminan pidana dan ikatan imigrasi bagi imigran yang tidak mampu dan berusaha untuk mengakhiri tindakan diskriminasi dan penindasan terhadap siapapun. Sebesar US$1.000 atau sekitar Rp14 juta didonasikan Jae untuk memerangi kekerasan dan rasisme terhadap komunitas kulit hitam. 

4. Yeri 'Red Velvet'

Dukung Aksi #BlackLivesMatter, 7 Idol Kpop Tunjukkan SolidaritasPinterest.co.kr

Mengikuti jejak idol Kpop lainnya yang telah lebih dulu bersuara, Yeri 'Red Velvet' ikut memberikan suara dan dukungan atas tragedi kemanusiaan yang baru saja terjadi beberapa minggu silam. 

Ia mengunggah ulang postingan salah satu teman idol-nya dan menyediakan link berupa petisi dukungan, dengan harapan banyak publik baik di Korea atau luar Korea yang aware dan tak tutup mata untuk kasus rasisme yang kembali terjadi. 

5. Eric Nam

Dukung Aksi #BlackLivesMatter, 7 Idol Kpop Tunjukkan SolidaritasKoreatimes.co.kr

Eric Nam yang lahir di Atlanta dan berkarya di industri musik Korea, tak segan-segan untuk mengeluarkan pendapatnya mengenai isu #BlackLivesMatter ini. Melalui suaranya, ia berupaya melawan ketidakadilan dengan menandatangani petisi tersebut. 

Eric Nam juga mengunggah sebuah foto bertuliskan Black Lives Matter di Twitter dengan caption "Tak peduli apa warna kulitmu, namun peristiwa ini akan memengaruhi hidupmu. Rasisme belum mati! George dan Ahmaud adalah dua dari sekian banyak warga kulit hitam yang kehilangan nyawa tanpa alasan. Tanda tangani petisi ini, suarakan pendapatmu, dan lakukan sesuatu yang menurut kalian bisa.

Tulisan dari Eric Nam begitu tegas dan terdengar lantang, ia juga menambahkan tagar #BlackLivesMatter di akhir cuitannya tersebut. 

6. Tiffany Young

Dukung Aksi #BlackLivesMatter, 7 Idol Kpop Tunjukkan SolidaritasTwitter.com/soompi

Dara cantik yang sempat bergabung dalam grup SNSD dan tinggal di Amerika saat ini, juga menyuarakan pendapatnya dalam aksi #BlackLivesMatter. Ia mengunggah latar hitam sebagai tanda solidaritas terhadap warga kulit hitam yang masih berperang dan menuntut keadilan yang menimpa teman mereka.

Dalam postingannya tersebut, Tiffany juga membagikan tautan ke sebuah link organisasi dan berencana untuk berdonasi kepada mereka setelah Blackout Tuesday.  

7. Eunkwang 'BTOB'

Dukung Aksi #BlackLivesMatter, 7 Idol Kpop Tunjukkan SolidaritasThejakartapost.com

Leader dari grup BTOB yang tengah menjalani wajib militernya ini nggak ketinggalan untuk bergabung dalam gerakan #BlackLivesMatter di media sosial. Eunkwang mengekspresikan pemikirannya atas kejadiannya dalam sebuah unggahan di Instagram pribadinya. 

Dalam foto latar hitam, Eunkwang menuliskan pesan untuk semua orang "Kita semua adalah orang menghirup udara yang sama di bawah langit yang sama. Saya sungguh-sungguh berdoa untuk setiap orang agar dapat merasakan hal yang sama." Ia juga menambahkan tagar #blackouttuesday di akhir postingannya.  

Mari berdoa dan saling berempati agar dunia merasakan kedamaian. Yuk, katakan tidak untuk rasis terhadap siapapun yang kamu kenal, Bela. 

Baca Juga: Ramaikan Instagram dengan #BlackoutTuesday, Emma Watson malah Dikritik

Baca Juga: Ini Seleb Hollywood yang Ikut Demonstrasi Pasca Kematian George Floyd

Baca Juga: Nggak Bermodal Paras Semata, 9 Idol Kpop Ini Gemar Membaca Buku