Kabar mengejutkan baru saja datang dari mantan pentolan grup iKON, yakni Kim Hanbin. Laki-laki kelahiran 1996 tiba-tiba menjadi trending topic di sosial media pada 10 September 2020. 

Diketahui, laki-laki yang akrab disapa B.I ini dikabarkan menjadi salah satu pemegang saham perusahaan IOK Company, dalam keputusan rapat umum pemegang saham berdasarkan data yang diposting oleh portal berita MK Sekuritas. Tak hanya itu, Kim Hanbin juga ditunjuk menjadi Direktur Eksekutif, di tempat agensi Jo In Sung bernaung. Wah, keren banget di usia muda udah punya saham dan jadi direktur. 

Namun, sebelum kariernya meningkat pesat. Banyak banget lika-liku perjuangan yang mesti Hanbin lalui. Hhmm, seperti apa perjalanan karier Kim Hanbin hingga seperti sekarang? Ikuti penelusurannya, Bela. 

1. Tampil di televisi ketika berusia belia

Diduga Jadi Direktur IOK Company, Ini 7 Perjalanan Karier Kim HanbinHellokpop.com

Laki-laki yang memiliki bakat multitalenta ini menjelma menjadi sosok karismatik dan dicintai oleh banyak orang. Sebelum bergabung di YG Entertainment, Kim Hanbin pertama kali muncul di televisi saat masih remaja. 

Kala itu, dirinya berkolaborasi dengan MC Mong pada 2009, membawakan singleIndian Boy”. Tidak hanya di live performance, ia juga tampil musik video tersebut. Selain itu, Hanbi juga tampil sebagai cameo di musik video MC Mong “Horror Show.” 

Penampilan apiknya tersebut sukses menarik mata elang Yang Hyun Suk untuk merekrut Hanbin ketika melihat bakat natural yang dimiliki oleh pemilik julukan charismatic leader ini. 

2. Menjalani masa trainee yang cukup lama

Diduga Jadi Direktur IOK Company, Ini 7 Perjalanan Karier Kim HanbinPinterest.com

Untuk bisa bergabung dengan iKON, Hanbin melewati masa pelatihan paling lama di YG Entertainment bersama Bobby dan Jinhwan. Mereka berlatih dan bekerja keras untuk bisa debut. 

Tahun 2013, Hanbin menjadi bagian dari acara "WIN: Who is The Next." Dalam ajang pencarian bakat yang dilakukan oleh agensinya, Hanbin tidak sendirian. Ia masuk ke tim B dengan Bobby, Jinhwan, Yunhyeong, Junhoe, dan Donghyuk. 

Di tim tersebut, ia mendapat posisi pemimpin. Hanbin memiliki banyak tugas, mulai dari menentukan koreografi, menulis lirik lagu, hingga aransemen musik. Sebagian lagu berhasil dibuatnya berjudul "Climax" dan "Just Another Boy" untuk acara tersebut.

Usai dari "WIN: Who is The Next", Hanbin tidak langsung debut. Ia masih harus berjuang di acara rap “Show Me The Money 3” dan "Mix and Match". Baru setelah "Mix and Match", Hanbin debut bersama keenam anggota lain di grup iKON. Meski mengalami beberapa kali penundaan debut, Hanbin meraih debutnya dengan kerja keras dan gigih dalam berusaha. Salut banget sama Kim Hanbin, deh!

3. Memiliki bakat menulis lagu yang tinggi

Diduga Jadi Direktur IOK Company, Ini 7 Perjalanan Karier Kim HanbinPinterest.com

Nggak hanya jago nge-rap dan bernyanyi saja, Kim Hanbin juga dijuluki manusia multitalenta berharga yang dimiliki oleh YG dan iKON. Di usia yang masih muda, Hanbin memiliki jiwa kreativitas cukup tinggi dan aktif dalam menulis lagu, lho. 

Semasa trainee, ia banyak menulis lagu dan melakukan composing sendiri untuk debut iKON nantinya. Bahkan, YG sendiri mengungkapkan kalau iKON tidak perlu khawatir kekurangan stok lagu ketika debut. Hanbin sudah menyiapakan banyak lagu dari jauh-jauh hari. 

PSY sendiri memuji kemampuan spesial Hanbin yang satu ini. Bahkan, salah satu pelatih di YG pernah mengungkapkan kalau Hanbin adalah murid paling berbakat yang pernah dia temui sejauh ini. 

4. Berhasil meraih kemenangan untuk grupnya

Diduga Jadi Direktur IOK Company, Ini 7 Perjalanan Karier Kim HanbinIkonupdates.com

Perjuangan Hanbin bersama grupnya nggak sia-sia, iKON berhasil membawa pulang banyak penghargaan. Pada 2015, iKON sukses penghargaan di acara Mnet Music Awards untuk aktegori Artis Pendatang Baru.

Setahun kemudian, beberapa penghargaan dari ajang musik bergensi diraih oleh grup yang pernah digawangi oleh Hanbin ini. Trofi sekelas Daesang pun berhasil dibawa pulang iKON., hal ini semakin membuktikan kemampuan Hanbin dan iKON untuk berjaya di dunia hiburan Korea Selatan. 

Lagu "Love Scenario" yang rilis pada 2018, menjadi lagu yang paling popular dan mendapat tempat di hati penggemar, termasuk di kalangan anak-anak. Lagu ini pula yang menjadi lagu penutupan Asian Games di Jakarta. Tentu ini menjadi sebuah kebanggan buat iKONIC (sebutan penggemar iKON)

5. Diterpa skandal penyalahgunaan obat terlarang

Diduga Jadi Direktur IOK Company, Ini 7 Perjalanan Karier Kim HanbinAllkpop.com

Kesukesan Hanbin bersama iKON nggak selamanya berjalan mulus, kakak kandung dari Kim Hanbyul ini mesti mengalami kenyataan pahit saat namanya terseret dalam skandal penyalahgunaan obat-obat terlarang. 

Nama Kim Hanbin muncul pertama kali pada tahun 2019. Padahal kala itu, nama iKON tengah bersinar. Hanbin dituduh membeli dan mengonsumsi obat-obatan terlarang. Media Korea Selatan juga mengungkap hasil chat Hanbin dengan seorang kenalan.  

Daripada harus mengorban grupnya, Kim Hanbin memilih keluar dari iKON. Kejadian tersebut menjadi tahun-tahun terberat buat Hanbin dan iKONIC. Setelah melewati serangkaian pemeriksaan, B.I pun dinyatakan negatif dan dibebaskan dari tuduhan tersebut.

6. Memilih bangkit dengan berbuat kebaikan

Diduga Jadi Direktur IOK Company, Ini 7 Perjalanan Karier Kim HanbinTwitter.com/mydear131

Butuh waktu hampir setahun untuk Hanbin dapat muncul ke publik, kemunculannya tersebut bukan untuk bernyanyi di atas panggung, melainkan ia muncul sebagai sosok yang baru dan meninggalkan dunia hiburan untuk sementara waktu. 

Hanbin memilih bangkit dengan caranya sendiri. Jika dulu ia menghabiskan waktu dengan berkarya, sekarang Hanbin memulihkan dirinya dengan berdonasi ke kalangan warga Korea Selatan yang kurang mampu, terutama anak-anak. 

Donasi yang Hanbin berikan tidak tanggung-tanggung, lho. Ia pernah memberikan donasi senilai 200 juta Won atau Rp2.2 miliar, dalam upaya pencegahan pandemi COVID-19 di Korea Selatan. Selain itu, pada 10 Agustus 2020, Hanbin kembali terlihat membagi-bagikan sepatu gratis kepada anak-anak lewat Angels Heaven for Children sebanyak 12 pasang sepatu.

7. Menyapa penggemar melalui Soundcloud

Diduga Jadi Direktur IOK Company, Ini 7 Perjalanan Karier Kim HanbinWeheartit.com

Walau diterpa masalah yang cukup pelik dan sempat mencemarkan namanya di dunia industri musik, Hanbin kembali menyapa penggemarnya yang masih setia menanti dirinya untuk kembali bernyanyi. 

Melalui Soundcloud, laki-laki pemiliki golongan darah O ini beberapa kali mengunggah lagu buatan sendiri melalui akun pribadinya. Menariknya, Hanbin kerap mengunggah foto-foto misterius melalui Instagram dengan username @131_vibe. 

Penggemar menduga kalau Hanbin akan kembali ke dunia musik. Kabarnya, Hanbin menjadi penyanyi di 131 Label. Penggemar menemukan bahwa 131 Label ini merupakan anak perusahaan IOK Company, sebelumnya dikabarkan Hanbin masuk ke dalam jajaran pemegang saham di perusahaan tersebut dan menjabat sebagai direktur eksekutif di sana. 

IOK Company merupakan rumah produk dari beberapa drama Korea popular, seperti Can You Hear My Heart?, Cunning Single Lady, Blood, hingga Stranger. Nggak hanya itu, agensi ini juga menaungi sederet aktor dan aktris Korea Selatan, yakni Jo In Sung dan Ko Hyun Jung. 

Akankan ini menjadi pertanda baik untuk Hanbin berkarya di bawah naungan label tersebut? Apakah kamu menantikan lagu terbaru dari Hanbin juga, Bela?

Baca Juga: Puncaki Billboard Hot 100, BTS Ukir Sejarah Jadi Pemegang Saham

Baca Juga: Cara Menabung Saham yang Mudah untuk Pemula

Baca Juga: CEO Sejak Muda, 6 Idol Ternama Ini Berkembang dengan Agensinya Sendiri