Hari ini, tepatnya 16 September 2022, BLACKPINK resmi comeback dengan rilisnya lagu terbaru berjudul "Shut Down". Lagu tersebut dirilis bersamaan dengan full album bertajuk Born Pink.

Sebelumnya, BLACKPINK lebih dulu merilis single pra-rilis berjudul "Pink Venom" pada Agustus lalu dan tampil live di panggung MTV VMAs 2022. Prestasi yang diraih "Pink Venom" pun tidak main-main, video musik mereka telah mencapai 300 juta viewers

Mumpung masih baru dirilis, cari tahu hal menarik dari lagu terbaru BLACKPINK, "Shut Down" di bawah ini. 

1. BLACKPINK menyelipkan kode tersembunyi

BLACKPINK Rilis Shut Down, 7 Hal Ini Perlu Kamu TahuInstagram.com/blackpinkofficial

Berdurasi tiga menit, "Shut Down" dibuka dengan penampilan swag dari Lisa dan Jennie. Adegan beralih ke sebuah daerah pertokoan yang penuh lampu neon warna-warni. Jika diperhatikan lebih jeli, ternyata BLACKPINK menyelipkan kode tersembunyi di video musik.

Saat menyadarinya, kamu akan melihat sejumlah tulisan random, yang merupakan judul lagu dari BLACKPINK. Mulai dari "Boombayah", "Crazy Over You", "Ice Cream", "Whistle", "DDU-DU-DDU-DU", hingga "Pink Venom".

Bahkan, lagu solo milik Lisa berjudul "LALISA" juga disematkan di video musik tersebut. Tampaknya, BLACKPINK sengaja menyelipkan judul lagu agar para penggemar dan publik dapat menyadari karya mereka selama ini. Ada yang menyadarinya?

2. Album BLACKPINK terdiri dari delapan lagu

BLACKPINK Rilis Shut Down, 7 Hal Ini Perlu Kamu TahuInstagram.com/blackpinkofficial

Born Pink menjadi tajuk album comeback terbaru BLACKPINK tahun 2022 ini. Melansir Xportsnews pada 15 September, album tersebut diri dari 8 buah lagu dengan title track berjudul "Shut Down".

Kemudian, diikuti dengan lagu lainnya seperti "Pink Venom", "Typa Girl", "Yeah Yeah Yeah", "Hard to Love", "The Happiest Girl", "Tally", dan "Ready to Love". Dalam sesi jumpa dengan media, BLACKPINK menjelaskan perbedaan album sebelumnya dengan album terbaru.

Rose mengungkapkan jika album sebelumnya lebih berfokus pada musik. Namun album kali ini, mereka lebih banyak berekspresi dan mengombinasikan berbagai genre musik.

Sang maknae, Lisa mengaku saat pertama kali mendengar demo lagu "Shut Down", mereka menyukai dan merasa lagu tersebut cocok untuk menjadi lagu pertama dari album Born Pink.

3. BLACKPINK menggelar private listening party

BLACKPINK Rilis Shut Down, 7 Hal Ini Perlu Kamu TahuInstagram.com/blackpinkofficial

Tak hanya merilis video musik, tetapi BLACKPINK juga memeriahkan comeback mereka dengan Private Listening Party di kompleks ruang budaya, Seongsu-Dong yang diadakan dua hari lalu.

Pesta pribadi tersebut dimaksudkan untuk mendengarkan album lengkap ke-2 BLACKPINK bagi mereka yang menerima undangan. Sejumlah aktor dan musisi ternama berkumpul di acara tersebut, termasuk V 'BTS'.

4. Memadukan musik klasik dengan irama hip-hop

BLACKPINK Rilis Shut Down, 7 Hal Ini Perlu Kamu TahuInstagram.com/blackpinkofficial

Terpilih sebagai title track dari album Born Pink, "Shut Down" merupakan karya yang berisi sampel musik klasik berjudul "La Campanella", yang digubah oleh Niccolo Paganini (1782 - 1840).

Niccolo Paganini adalah seorang komponis dan pemain musik klasik asal Italia. Ia dikenal dengan kemampuan intonasi dan teknik musik yang sempurna pada abad ke-19. Lagu BLACKPINK tersebut memadukan irama musik klasik dengan beat hip-hop yang trendi.

5. Ada momen lucu di balik syuting video

BLACKPINK Rilis Shut Down, 7 Hal Ini Perlu Kamu TahuInstagram.com/blackpinkofficial

Beralih ke video musik, ada adegan Rose dan Jisoo mengendarai sebuah mobil. Di adegan tersebut, muncul sebuah momen lucu yang menarik perhatian penggemar. Rose terlihat mengenakan sabuk pengaman, padahal ia tidak mengemudi mobil secara nyata selama adegan.

Rupanya, Rose memasang sabuk pengaman di mobil untuk mengantisipasi kontroversi yang sempat menyeruak saat penayangan video musik "Kill This Love" pada 2019 lalu. Akibat kesalahan kecil tersebut, KBS tidak bisa langsung menayangkan video musik "Kill This Love".

6. Jisoo berpartisipasi dalam pembuatan lagu

BLACKPINK Rilis Shut Down, 7 Hal Ini Perlu Kamu TahuInstagram.com/blackpinkofficial

Dilihat dari poster yang diunggah, Jisoo dan Rose turut andil dalam penulisan lirik salah satu lagu terbaru berjudul "Yeah Yeah Yeah". Keduanya masuk dalam daftar penulis lirik untuk title track ke-4 bersama KUSH dan VVN.

TEDDY masih dipercaya oleh YG Entertainment untuk menggarap album BLACKPINK, Born Pink. Ia bekerja sama dengan sejumlah penulis lirik dan produser seperti Bekuh BOOM, R.Tee, Danny Chung, Vince, Brian Lee, Soraya La Pread, hingga Teddy dan Willy Sinclair.

7. Menjadi album K-pop terlaris versi KTown4U

BLACKPINK Rilis Shut Down, 7 Hal Ini Perlu Kamu TahuInstagram.com/blackpinkofficial

Kurang lebih 3 jam dirilis, video musik "Shut Down" telah menembus lebih dari dari 13 juta viewers dan meraih 1,9 juta likes di akun resmi YouTube, BLACKPINK. Berbagai tagar seperti #TEDDY, #The Happiest Girl, #BLACKPINK turut meramaikan comeback grup besutan YG Entertainment ini.  

Sementara untuk albumnya, Born Pink dikabarkan menjadi album K-Pop terlaris sepanjang masa versi KTown4U, salah satu situs penjualan di Korea Selatan. Melansir Allkpop pada 15 September 2022, Born Pink terjual sebanyak 885.000 eksemplar dan terus meningkat setiap harinya.

Bagaimana ada yang melihat video musik BLACKPINK, "Shut Down"? Bikin candu banget nggak sih, dengan lagunya, Bela?

https://www.youtube.com/embed/POe9SOEKotk

Baca Juga: Taylor Swift dan BLACKPINK Kolaborasi? Ini Clue yang Perlu Kamu Tahu

Baca Juga: Anniversary Ke-6, BLACKPINK Membocorkan Jadwal Rilis "Pink Venom"

Baca Juga: Ada BLACKPINK "Born Pink", Ini 7 MV K-Pop dengan Biaya Termahal