Hari ulang tahun selalu menjadi momen spesial bagi setiap orang, tidak berbeda dengan idol Kpop. Biasanya, ada perayaan yang dilakukan saat hari ulang tahun tiba dari yang sederhana sampai super mewah. 

Sebagai idol Kpop papan atas, merayakan ulang tahun dengan mewah tentu bukan hal sulit untuk mereka lakukan, terlebih mereka mempunyai penghasilan yang fantastis. Namun, alih-alih menggelar pesta ulang tahun dan berhura-hura, para idol Kpop justru melakukan donasi di hari ulang tahunnya. 

Bahkan, beberapa idol Kpop ini dikenal rutin melakukan donasi ke masyarakat yang membutuhkan. Mereka selalu menyisihkan sebagian besar penghasilannya untuk didonasikan ke yayasan amal di Korea Selatan. Lantas, siapa saja idol Kpop yang berdonasi saat ulang tahun? Yuk, intip daftarnya di sini

1. IU

Berhati Mulia, 8 Idol Kpop Ini Berdonasi Saat Merayakan Ulang Tahun Allkpop.com

Penyanyi kelahiran 1993 ini memang dikenal dengan jiwa dermawannya. IU sering melakukan donasi ke berbagai yayasan amal di Korea Selatan. Saat berulang tahun ke-28 pada 16 Mei lalu, IU kembali memberikan donasi sebesar 500 juta won atau setara Rp6,24 miliar ke masyarakat kurang mampu. 

IU mendonasikan penghasilannya tersebut ke beberapa yayasan amal, yaitu Yayasan Kanker, Yeouldol, Lembaga Anak Pengidap Penyakit Langka, Asosiasi Kesejahteraan Anak, Asosiasi Keluarga Ibu Tidak Menikah, Pusat Dukungan Lansia Korea, Yayasan Purme. 

Kerennya, IU mendonasikan penghasilannya di hari ulang tahun bukan atas nama dirinya, melainkan atas nama penggemarnya, UENA. IU mengungkapkan bahwa ia ingin berulang tahun di akhir usia 20-an dengan penuh arti, sebelum resmi memasuki usia 30 tahun. Best girl banget, ya!

2. Suzy

Berhati Mulia, 8 Idol Kpop Ini Berdonasi Saat Merayakan Ulang Tahun Allkpop.com

Beralih profesi dari idol Kpop menjadi seorang aktris, nama Suzy yang semakin bersinar lewat drama Vagabond juga menjadikan donasi sebagai tradisi saat dirinya berulang tahun. Berkat pengaruh baik sang ibu, Suzy memilih berdonasi di hari ulang tahunnya yang ke-26 pada Oktober tahun 2019 silam. 

Sebesar 100 juta won atau senilai Rp1,18 miliar, Suzy donasi ke Life Share, sebuah lembaga yang membantu biaya pengobatan pasien dengan penyakit yang sulit disembuhkan.

Nggak hanya sekali ia melakukan donasi di yayasan tersebut, namun Suzy sudah berdonasi sejak 2016 silam. Suzy secara rutin melakukan donasi di setiap hari ulang tahunnya. 

3. Yoona 'SNSD'

Berhati Mulia, 8 Idol Kpop Ini Berdonasi Saat Merayakan Ulang Tahun Pinterest.com

Menjadi anggota Honor Society sejak 2015, Yoona menjadi salah satu anggota SNSD yang gemar berdonasi di berbagai situasi, termasuk saat ulang tahun. Honor Society adalah klub untuk para orang yang telah berdonasi lebih dari 100 juta won atau setara Rp1,3 miliar selama 5 tahun ke Comunity Chest of Korea

Yoona pertama kali berdonasi pada 2010 untuk masyarakat yang membutuhkan. Pada 2018, total donasi Yoona ke yayasan tersebut telah mencapai 300 juta Won atau sebesar Rp3,8 miliar. 

Kegiatan berdonasi Yoona saat ulang tahun terus dilakukan hingga saat ini. Pada 2020 lalu, Yoona berdonasi melalui penggalanan dana untuk tunawisma atau orang berisiko tunawisma karena pandemi COVID-19. 

4. Suga 'BTS'

Berhati Mulia, 8 Idol Kpop Ini Berdonasi Saat Merayakan Ulang Tahun Hellokpop.com

Meski memiliki penghasilan fantastis, Suga memilih merayakan ulang tahun ke-28 pada 9 Maret 2021 lalu dengan cara sederhana dan menyentuh hati publik Korea Selatan. Ia tidak menggelar pesta secara mewah, tapi Suga mendonasikan penghasilannya ke sebuah rumah sakit untuk membantu perawatan anak-anak yang mengidap kanker.

Sebesar 100 juta won atau sebesar Rp1,2 miliar, Suga berikan ke Rumah Sakit Dongsan Universitas Keimyung. Suga berharap agar donasinya bisa membantu keluarga ekonomi rendah untuk menerima perawatan dengan baik. Ia juga mendoakan yang terbaik untuk anak-anak pengidap kanker.  

5. Jin 'BTS'

Berhati Mulia, 8 Idol Kpop Ini Berdonasi Saat Merayakan Ulang Tahun Koreaboo.com

Tidak hanya Suga, anggota tertua BTS juga melakukan kegiatan mulia saat berulang tahun dengan berdonasi tepat di usianya yang ke-26 pada Desember 2020 silam. Tanpa pesta besar, Jin merayakan ulang tahun dengan memberikan sejumlah makanan, mangkuk dan selimut hangat untuk komunitas pecinta hewan terlantar. 

Selain itu, Jin sendiri yang membeli barang-barang tersebut dan dikirim ke komunitas untuk membantu para hewan yang terlantar di tempat penampungan. Donasi ini terungkap saat Korea Animal Welfare Assosiation mencantumkan informasi bahwa mereka baru menerima kiriman dari Jin 'BTS'. 

6. RM 'BTS'

Berhati Mulia, 8 Idol Kpop Ini Berdonasi Saat Merayakan Ulang Tahun Aminoapps.com

Hampir semua anggota BTS gemar berdonasi, nggak terkecuali dengan sang leader, RM. Saat berulang tahun ke-26, RM menyisihkan penghasilannya untuk didonasikan ke National Museum of Modern and Contemporary (MMCA). 

Ia berdonasi sebesar 100 juta won atau setara Rp1,2 miliar rupiah. Donasi dari RM digunakan untuk mendistribusikan 4.000 katalog dari master seni kontemporer Korea Selatan terkenal ke 400 perpustakaan umum dan sekolah di Korea Selatan. Harapannya, donasinya itu bisa mendorong budaya membaca dan menumbuhkan kepekaan artistik di kalangan anak muda Korea Selatan.

Dapat dikatakan, RM memang idol Kpop yang tertarik dan terlibat banyak dengan komunitas seni. Saat ada waktu luang, RM senang mengunjungi museum dan galeri seni. Hobinya itu sering ia bagikan ke sosial media.

7. Jae 'DAY6'

Berhati Mulia, 8 Idol Kpop Ini Berdonasi Saat Merayakan Ulang Tahun Twitter.com/jaepics

Vokalis sekaligus gitaris dari band Day6 turut merayakan ulang tahun ke-28 tahun pada September 2020 silam dengan cara istimewa, yakni ia meluncurkan proyek pribadi yang bekerja sama dengan organisasi amal. 

Proyeknya tersebut diberi nama From Friends yang menyediakan sejumlah produk dari topi, hoodie, hingga masker. Hasil kolaborasi Jae dan sebuah clothing line. Menariknya, hasil penjualan tersebut akan dipakai untuk membantu orang-orang yang mengalami gangguan kesehatan mental. 

Jae sendiri termasuk idol Kpop yang fokus terhadap isu kesehatan mental. Pasalnya, kesehatan mental Jae sempat terganggu dan membuatnya harus hiatus beberapa bulan dari band-nya.

8. Yeri 'Red Velvet'

Berhati Mulia, 8 Idol Kpop Ini Berdonasi Saat Merayakan Ulang Tahun Kpopchart.net

Lahir pada 5 Maret, Yeri 'Red Velvet' mengikuti jejak para seniornya di dunia hiburan Korea dengan memberikan donasi saat berulang tahun. Pada hari ulang tahunnya, Yeri berdonasi sebesar 10 juta won atau senilai Rp126 juta rupiah ke Yayasan Jusarang. 

Yayasan tersebut membantu keluarga dengan ibu tunggal dan bayi terlantar. Mereka menyelamatkan bayi terlantar, menawarkan konseling untuk ibu tunggal, serta memberikan perlengkapan perawatan bayi. Di hari istimewanya itu, Yeri ingin bisa membagi sedikit cinta yang selama ini ia terima dari penggemar kepada sesama, agar anak-anak bisa selalu sehat dan kuat di masa pandemi seperti ini. 

Benar-benar menginspirasi sekali, Bela. Meski berpenghasilan tinggi, ulang tahun idol Kpop ini jauh dari pesta mewah. Malah, mereka lebih memilih berdonasi ke sesama secara rutin. Pantas saja, penggemar mengaguminya dan menjadi gemar melakukan donasi seperti yang dilakukan oleh para idola. 

Baca Juga: Girls, Ini 5 Tips Berdonasi Meski Kamu Seharian di Rumah!

Baca Juga: Beri Ojol Jutaan Hingga Rutin Berdonasi, Ini 6 Kebaikan Nikita Mirzani

Baca Juga: Terharu! Ini 7 Pelajaran Hidup dari Para Idol Kpop