Sebelum drama Korea meledak di pasar hiburan Indonesia, serial Taiwan berjudul Meteor Garden telah lebih dulu menemani penikmat drama. Serial drama Taiwan ini tayang pertama kali pada 2001 silam. 

Meteor Garden versi pertama ini dibintangi oleh Barbie Xu, Jerry Yan, Vic Chou, Ken Chu, dan Vanness Wu yang berkisah tentang seorang perempuan dari keluarga miskin dan bertemu dengan keempat laki-laki dari keluarga terpandang yang tergabung dalam kelompok bernama F4 a.k.a Flower 4. 

Alur cerita yang menarik, ringan dan disertai kisah percintaan a la anak muda, membuat popularitas Meteor Garden meroket. Berkat ketenaran drama tersebut, beberapa negara lain sampai membuat drama remake dari geng Jerry Yan ini. Nah, negara mana saja yang menayangkan drama hasil remake Meteor Garden? Siapa saja pemerannya? Check this out, Bela.

1. Hana Yori Dango

Bakal Ada Versi F4 Thailand, 6 Drama Ini Hasil Remake Meteor GardenPinterest.com

Sebenarnya, drama yang dibintangi oleh Jerry Yan Cs pada era 2000-an merupakan adaptasi dari manga Jepang berjudul Hana Yori Dango. Namun, uniknya drama tersebut lebih dulu dibuat oleh negara Taiwan. 

Empat tahun setelah drama Meteor Garden versi pertama meledak, Jepang baru membuat drama remake-nya pada 2005 silam dengan judul yang sama, dengan judul manga-nya. Meteor Garden versi Jepang dibintangi oleh sejumlah artis ternama, yakni Jun Matsumoto, Mao Inoue, Shun Oguri, Shota Matsuda, dan Tsuyoshi Abe.

Alur ceritanya sendiri menggambarkan sosok perempuan miskin bernama Makino Tsukushi yang bersekolah di Eitoku Gakuen. Sayangnya, di sekolah tersebut dikuasi oleh laki-laki dari keluarga kaya raya, yaitu Domyoji Tsukasa, Hanazawa Rui, Nishikado Sojiro, dan Mimasaka Akira. 

2. Meteor Shower

Bakal Ada Versi F4 Thailand, 6 Drama Ini Hasil Remake Meteor GardenPinterest.com

Tak ingin ketinggalan dengan drama yang begitu populer ini, Tiongkok turut membuat remake Meteor Garden, dengan nama kurang lebih mirip yaitu Meteor Shower pada 8 Agustus 2009. Drama ini ditayangkan perdana di Hunan TV sebanyak 36 episode. 

Pemerannya dibintangi oleh Zheng Shuang, Hans Zhang, Yu Haoming, Vision Wei dan Zhu Zixiao. Alur ceritanya masih sama dengan alur cerita Meteor Garden awal. Tetapi sayangnya, drama ini tidak sesukses drama remake buatan Jepang dan Taiwan. Mereka juga mengganti nama F4 menjadi H4. 

3. Boys Over Flower

Bakal Ada Versi F4 Thailand, 6 Drama Ini Hasil Remake Meteor GardenFanpop.com

Di tahun yang sama, Korea Selatan turut mengadaptasi serial Meteor Garden di negaranya. Drama tersebut diberi judul Boys Over Flowers atau Boys Before Flower, dikenal juga dengan julukan BBF. 

Kerennya, drama ini mengikuti kesuksesan jejak drama pendahulunya. Malah, drama ini menjadi batu loncatan para pemain untuk semakin dikenal oleh penggemarnya. Drama ini pertama kali ditayangkan pada 5 Januari 2009 di KBS TV sebanyak 25 episode. 

Selain itu, drama ini juga pernah ditayangkan ulang oleh pihak stasiun televisi Indonesia. Boys Over Flower sendiri diperankan oleh Goo Hye Sun, Lee Minho, Kim Hyun Joong, Kim Bum, dan Kim Joon. 

4. Boys Before Friends

Bakal Ada Versi F4 Thailand, 6 Drama Ini Hasil Remake Meteor GardenAminoapps.com

Tidak hanya merambah ke negara Asia, tetapi demam Meteor Garden juga dilirik pasar hiburan Amerika. Hollywood memberanikan diri untuk mengadaptasi drama ini ke dalam versi barat berjudul Boys Before Friends pada 2018 lalu. 

Meteor Garden versi barat ini diperankan oleh Joseph Almani sebagai ketua F4 bernama Liam Montgomery.  Sementara, karakter perempuan bernama diperankan oleh aktris Riley Rae Baker. Di serial televisi ini, Zoey digambarkan sebagai mahasiswi yang berhasil masuk ke Ellison University. 

Menariknya dari drama adaptasi barat ini, Hollywood membuatnya tampak seperti adegan High School Musical karena menyisipkan adegan tari di dalamnya, serta mengambil latar di sebuah sekolah seni. Tapi, drama remake ini tidak berjalan sukses dan penggemar F4 terdahulu banyak yang kecewa, lantaran akting para pemain yang kurang menjiwai dan dinilai terlalu 'berumur' untuk ukuran anak sekolahan

5. Meteor Garden 2018

Bakal Ada Versi F4 Thailand, 6 Drama Ini Hasil Remake Meteor GardenThejakartapost.com

Selang 17 tahun berlalu, serial Meteor Garden kembali dibuat oleh Tiongkok dengan format yang lebih segar dan khas anak millenial. Umur pemainnya juga masih muda, namun memiliki kemampuan akting cukup mumpuni. 

Tidak hanya itu, suara pemainnya juga merdu, lho. Pemainnya dari serial Tiongkok ini menjadi pengisi OST Meteor Garden 2018 berjudul For You  yang merupakan lagu pembukan drama tersebut. 

Meteor Garden 2018 sendiri diproduseri oleh Angie Chai. Kerennya, produser ini merupakan produser yang sama dengan produser dari serial Meteor Garden versi Taiwan. Pantas saja, jika penampilan Meteor Garden 2018 sangat mirip dengan aslinya, dari pemain hingga penampilan

Selain itu, biaya produksi Meteor Garden 2018 ini cukup fantastis, yakni mencapai 24 juta dolar atau sekitar Rp347,3 miliar. Rilisnya drama remake ini juga disambut antusias oleh para penggemar, karena dianggap bisa kembali bernostalgia dengan geng Jerry Yan Cs versi Tiongkok. 

Kisahnya kurang lebih sama dengan kisah Meteor Garden terdahulu, namun dikemas dengan cerita yang modern dan disesuaikan dengan kondisi generasi millenial. Selain itu, drama ini juga sampai memiliki satu grup chat dan diberi nama 4 animals.

Drama ini ditayangkan secara eksklusif di portal streaming sebanyak 49 episode. Meteor Garden 2018 dimainkan oleh bintang Shen Yue, Dylan Wang, Darren Chen, Caesar Wu, dan Connor Leong.

6. F4 Thailand

Bakal Ada Versi F4 Thailand, 6 Drama Ini Hasil Remake Meteor GardenBrighttv.co.th

Terakhir, drama remake Meteor Garden juga bakal dibuat oleh negara Gajah Putih. Tahun 2019 silam, proses perilisan drama ini sudah santer terdengar. GMMTV telah lebih dulu membuat penasaran penggemar jika mereka bakal mengadaptasi drama terpopuler sepanjang masa, Meteor Garden dari versi Cina atau Boys Over Flower dari versi Koreanya. 

Drama dari Thailand ini diberi judul F4 Thailand. Menariknya, F4 Thailand ini kembali menyatukan pasangan fenomenal, yakni Bright Vachirawit dan Win Metawin yang bakal berperan sebagai sahabat di geng yang sama.

Selain dua aktor terpopuler itu, F4 Thailand juga ketambahan aktor tampan lain, yaitu Dew Jirawat, dan artis pendatang baru Nani Hirunkit. Sedangkan, karakter utama perempuannya diperankan oleh Tontawan Tantivejakul atau yang lebih akrab disapa Tu. Rencananya, drama F4 Thailand ini dirilis pada 2021 mendatang. 

Meski diwarnai pro-kontra dari segi pemain, tetapi rilisnya drama ini ditunggu oleh banyak pihak yang ingin kembali mengulang drama terlaris, Meteor Garden. Dari sekian drama remake Meteor Garden, mana yang menjadi favoritmu, Bela?

Baca Juga: Makin Hot! Ini Perbandingan Aktor Serial 'Meteor Garden' Dulu dan Kini

Baca Juga: 10 Potret Nani Hirunkit, Member F4 Thailand yang Bikin Hati Berdebar

Baca Juga: Fakta Unik "The School Nurse Files" Drama Korea yang Tayang Bulan Ini