Kemampuan dalam mengelola keuangan harus dimiliki oleh setiap orang agar tak kesulitan. Sayangnya, bagi sebagian orang menabung bukanlah kebiasaan yang dapat dengan mudah dilakukan. Dikutip dari cheatseat, sebanyak 26% orang dewasa nggak memiliki uang cadangan dan sebanyak 36% dari jumlah tersebut bahkan belum memulai menyisihkan uang untuk masa depan. Padahal selain melengkapi kebutuhan pokok, kamu pun harus memiliki tabungan dan simpanan untuk keperluan mendadak. Bila kamu ingin mulai berhemat, hindari kebiasaan ini yang dapat merugikanmu ya.

Membeli dalam kemasan besar

 
Produk dengan isi yang lebih banyak memang menawarkan harga yang lebih murah. Namun, sebelum terburu-buru memutuskan untuk membelinya, pikirkan dulu fungsi dan guna barang tersebut. Bila kamu tinggal seorang diri, rasanya membeli minyak atau gula dengan ukuran yang kecil sudah cukup. Terlebih lagi bila sebenarnya kamu memiliki banyak aktivitas yang membuatmu jarang memasak. Sisa yang nggak terpakai atau melewati batas waktu kadaluarsa justru akan terbuang sia-sia.

Tergiur promosi kartu kredit

 
Beberapa restoran dan toko memang memberikan potongan harga bagi pembeli yang melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Hal ini tentu membuat kamu tergiur untuk menggunakannya setiap hari. Alih-alih berhemat dengan adanya potongan harga, kamu justru menjadi boros karena membeli barang yang nggak dibutuhkan. Sebaiknya, tinggalkan kartu kredit di rumah dan gunakan uang cash untuk berbelanja barang seperti makanan dan baju.

Melupakan tabungan pensiun

 
Banyak orang yang berpikir akan mulai memikirkan tabungan hari tua saat sudah berumur lebih dari 35 tahun. Padahal, menyimpan uang untuk masa pensiun harus sudah dilakukan dari awal kamu mulai bekerja. Nggak hanya menabung untuk membeli barang kebutuhan, kamu juga harus memisahkan uang untuk masa depan agar hidup menjadi lebih tenang. Nggak mau kan bergantung pada anak dan menantu di hari tua?

Nggak memiliki tabungan dadakan

 
Selain untuk membeli barang kebutuhan dan tabungan pensiun kamu juga harus memiliki uang cadangan untuk keperluan mendadak. Ingat Bela, nggak ada yang tahu kapan kamu akan selalu sehat dan mendapat keuntungan besar dalam berbisnis. Bukan mengharap suatu hal buruk terjadi, kamu tentu harus berjaga-jaga bila ada bisnismu mendadak bangkrut atau terjadi kecelakaan yang membutuhkan banyak biaya secara tiba-tiba.

Menunda bayar cicilan

 
Bela, usahakan selalu membayar cicilan tepat waktu agar bunga yang kamu dapatkan nggak membengkak. Selain membayar tagihan kartu kredit, hal ini juga berlaku untuk membayar kebutuhan rumah tangga seperti air, listrik, dan koneksi internet. Kebiasaan menunda kewajiban bukan hanya membuat kamu kesulitan saat listrik dipadamkan otomatis, namun juga membuat kamu harus membayar lebih pada denda yang diberikan.

 

BACA JUGA: Ini Dia 5 Cara Tercepat Jadi Jutawan di Usia Muda