Mengenang masa kecil, kamu mungkin pernah diceritakan dongeng sebelum tidur. Bukan hanya cerita tentang putri Disney seperti Cinderella, kamu juga familiar dengan cerita rakyat dari Indonesia. Malin kundang, bawang putih dan Bawang Merah, Danau Toba, hingga Timun Mas, ternyata sudah ada sejak turun-temurun. Walaupun bukan kisah nyata, sebenarnya dongeng ini memberi pesan tentang kehidupan lho.

Ini intisari yang bisa kamu ambil dari dongeng Indonesia.

Malin kundang

Sebenarnya, 3 Dongeng Asal Indonesia Ini Mengajarkan Kamu Tentang Kehidupanpustakanasional.com

Siapa yang nggak tahu cerita dari Sumatera Barat ini? Berkisah tentang seorang anak dari keluarga miskin yang pergi merantau dan menjadi seorang saudagar kaya. Setelah menikahi putri dari orang terpandang, ia kembali berlayar dan membawa istrinya untuk mengunjungi kota kelahirannya. Sayang, begitu ibunya yang miskin menyambut, ia malu untuk mengakui dan memilih untuk pura-pura nggak mengenalnya. Ibunya yang sakit hati, berdoa dan mengutuknya menjadi batu.

Dongeng ini mengajarkan kita untuk selalu hormat pada ibu kita sendiri. Bagaimanapun juga, ia telah banyak berkorban dan mendidik kita hingga dewasa. Jangan sampai menyakitinya karena ucapan Ibu bisa menjadi doa yang dapat terkabul untuk kesuksesan atau bahkan karma bagimu.

Bawang Putih dan Bawang Merah

Sebenarnya, 3 Dongeng Asal Indonesia Ini Mengajarkan Kamu Tentang Kehidupaneventanak.com

Nggak kalah terkenal, dongeng ini menceritakan bawang putih yang baik hati memiliki ibu dan saudara tiri yang serakah dan licik. Bawang putih dipaksa untuk mengerjakan seluruh pekerjaan rumah disaat keduanya justru bermalas-malasan.  Suatu saat, ia mencuci pakaian dan menghanyutkan baju kesayangan ibunya. Baju tersebut ternyata ditemukan seorang nenek yang meminta bawang putih untuk membantunya.

Atas kebaikannya, sang nenek memberi hadiah labu dan memintanya untuk memilih yang kecil dan besar. Ternyata, ia memilih labu kecil berisi harta dan bawang merah yang serakah mengikuti cara bawang putih dan memilih labu yang besar. Bukannya harta, ia justru menemukan ular dan kalajengking berbisa.

Dari kisah ini, kita belajar bahwa ketulusan akan dibalas dengan hal yang lebih baik. Kita nggak perlu bersikap serakah karena rejeki nggak akan tertukar. Selain itu, kamu perlu berperilaku baik pada siapa saja karena rejeki bisa datang dari orang yang nggak kita duga.

Timun Mas

Sebenarnya, 3 Dongeng Asal Indonesia Ini Mengajarkan Kamu Tentang Kehidupanartstation.com/Erwin Ariston

Cerita ini mengisahkan tentang sepasang suami istri yang berharap memiliki anak dan selalu berdoa pada Tuhan. Suatu hari, seorang raksasa tidak sengaja mendengarnya dan memberikan sebuah timun yang bila dibelah akan berisi seorang bayi yang dinamakan Timun Mas. Sebagai syarat, keduanya harus menyerahkan Timun Mas kembali setelah dewasa untuk menjadi santapannya. Setelah harinya tiba, Timun Mas yang ingin tetap bersama orangtuanya, dibekali beberapa bahan mulai dari garam, biji timun, hingga terasi, untuk mengalahkan Buto Ijo.    

Kita memang perlu berdoa untuk mendapatkan sesuatu. Namun, kita juga harus mengimbanginya dengan usaha untuk tetap mempertahankan keinginan tersebut. Cerdas dan pemberani menjadi karakter Timun Mas agar nggak menjadi korban Buto Ijo. Dongeng ini mengajarkan kita untuk mencapai keinginan meski harus melewati banyak rintangan.

Nah bela, sebenarnya masih banyak dongeng lain yang memiliki pesan penting untuk menjalani kehidupan. Bukan hanya sekedar cerita, pesan yang terkandung di dalamnya bisa saja memberi pengaruh pada kehidupanmu yang sekarang. Lalu, dongeng apa yang kamu ingat hingga sekarang?                              

 

Alternatif judul: Hanya Karakter Fiksi, 5 Tokoh Ini Justru Menjadi Inspirasi