Seiring perkembangan teknologi, kebutuhan hadir di dunia maya semakin meningkat setiap harinya. Hampir setiap orang termasuk kamu, terhubung koneksi internet setiap harinya untuk beraktivitas. Mengecek email, berkomunikasi dengan teman yang jauh, hingga sekedar menggunakan media sosial tentu membuat privasi semakin berkurang. Dalam membuat akun, kamu pun perlu melengkapi data pribadi yang sebaiknya tidak diketahui orang lain. Tanpa disadari, ada orang yang menyalahgunakan kemampuan untuk mencuri data kamu untuk kepentingan diri sendiri. Nggak perlu terlalu parno, kamu bisa melakukan hal ini untuk menjaga diri.

Pilih password yang sulit ditebak

 
Password menjadi kunci pertahanan yang sebaiknya hanya diketahui oleh diri sendiri. Agar mudah diingat, sayangnya banyak orang yang memilih untuk menggunakan password yang mudah ditebak. Sebaiknya hindari penggunaan nama, tanggal lahir, atau menggunakan username sebagai kata sandi yang akan dicoba pertama kali saat orang akan menjebol akunmu. Pilihlah password unik dengan kombinasi huruf dan angka yang cukup panjang yang nggak mengingatkan orang lain tentang dirimu.

Gunakan VPN

 
Menggunakan VPN (Virtual Protocol Network) dapat menyembunyikan IP Adress kamu yang sebenarnya. Cara ini membuat aktivitas kamu saat online nggak terlacak oleh orang lain terhadap keberadaanmu. Selain menjaga dari hackers saat menggunakan wifi umum, menggunakan VPN juga dapat mencegah masuknya sembarang konten yang nggak berguna.

Cerdas menggunakan email

 
Email memang menjadi kebutuhan penting dalam beraktivitas di dunia online. Namun, ada baiknya kamu selalu berhati-hati terhadap email masuk yang nggak kamu tahu siapa pengirimnya. Terkadang, ada email bermuatan link yang justru dapat membahayakanmu. Bila kamu mengunduhnya, bisa saja lampiran tersebut berisi virus atau aplikasi berbahaya yang terpasang otomatis setelah diunduh.

Gunakan antivirus

 
Perangkat yang terkena virus tentu dapat membahayakan data-data yang terdapat di dalamnya. Nggak mau kan bahan presentasi kamu mendadak hilang atau nggak bisa dibuka akibat malas memasang antivirus? Selalu cek setiap satu bulan sekali untuk mendeteksi adanya kejanggalan pada sistem komputermu. Pilihlah antivirus yang tepercaya dan bersihkan segera untuk mencegah kerusakan yang semakin parah.

Bijak dalam menggunakan media sosial

 
Munculnya beragam media sosial, banyak membuat orang nggak peka terhadap privasi dirinya. Padahal, bahaya dapat muncul kapan saja karena kamu ceroboh membiarkan orang lain mengupas segala informasi tentangmu. Sebaiknya, hindari menyimpan nomor hp dan alamat rumah atau sekedar mengambil video yang menunjukan lokasi dirimu saat ini. Selain itu pilihlah tempat pickup yang umum dan nggak tepat di rumahmu saat memesan transportasi online untuk mencegah bahaya yang mengintai.                              

 

BACA JUGA: 5 Perusahaan Ini Kasih Dana Khusus Liburan ke Setiap Karyawannya