Sebelum gempuran grup K-Pop melanda industri musik dunia setidaknya dalam satu dasawarsa terakhir, ada masanya boyband Inggris dan Amerika merajai industri musik di pertengahan tahun 90-an hingga pertengahan tahun 2000. Inilah masa keemasan Backstreet Boys, Take That, Boyzone, hingga yang turut legendaris, Westlife.

Nah, kabar bahagia datang untuk pendengar boyband era tersebut, karena Westlife telah dikonfirmasi akan meluncurkan album pertama setelah kembali bergabung menjadi satu grup pada tahun 2019.

Grup asal Irlandia yang telah berdiri sejak tahun 1998 ini, beranggotakan Shane Filan, Brian McFadden, Kian Egan, Nicky Byrne dan Mark Feehily. Menyambut kelahiran baru album Westlife, simak perjalanan karier band yang telah bertahan lebih dari 20 tahun tersebut.

Berkali-kali mengganti nama grup

Westlife Kembali! Hadirkan Album 'Wild Dreams'billboard.com

Pada 1996, sebelum resmi menjadi band Westlife, Kian Egan, Mark Feehily dan Shane Filan sempat tampil di drama musikal Grease. Sukses dengan penampilannya, mereka bertiga memutuskan untuk menggunakan nama Six as One yang kemudian diganti menjadi IOYOU dengan lagu "Together Girl Forever". 

Kurang populer, Nicky Byrne dan Brian McFadden bergabung dengan IOYOU. Untuk ketiga kalinya, IOYOU mengganti namanya menjadi Westside, baru kemudian menjadi Westlife karena sudah ada band lain yang menggunakan nama Westside. Mengalami naik turun dalam industri musik, tahun 1999 kepopuleran Westlife mulai menanjak sejak lagu Swear it Again diluncurkan dan menjadi best seller.

Penghargaan yang diterima

Westlife Kembali! Hadirkan Album 'Wild Dreams'Instagram/westlife_1998

Setelah meluncurkan lagu Flying Without Wings, Westlife meraih penghargaan pertama mereka, yaitu The Record of the Year pada tahun 1999. Secara mengejutkan, Westlife kembali meraih penghargaan yang sama untuk lagu "My Love" (2000), "Mandy" (2003) dan "You Raise Me Up" (2005).

Penghargaan lain yang pernah diterima oleh Westlife antara lain, Best UK & Ireland Act dari MTV Europe Music Awards 2000, Favourite Pop Act dari MTV Asia Awards 2002, Best UK Band dari National Music Awards 2002 dan Best Male Pop Act – Solo/Duo/Group dari MTV Immies Awards 2003. Selama 10 tahun berturut-turut, Westlife berhasil mengoleksi 14 penghargaan dari kategori Best Irish Pop Act, Best Irish Pop Album dan Best Irish Pop Single. 

Westlife telah menjual lebih dari 55 juta rekaman lagu di seluruh dunia. Westlife juga satu-satunya band dengan 7 lagu pertama, yang memasuki chart Inggris di posisi nomor satu. Secara keseluruhan, band ini memiliki 33 album serta telah menjual 5 juta tiket konser di seluruh dunia.

Berkurangnya anggota dan bubarnya grup

Westlife Kembali! Hadirkan Album 'Wild Dreams'heatworld.com

Tahun 2004, Westlife harus ditinggalkan salah satu anggotanya, Brian McFadden yang memutuskan untuk fokus pada keluarga dan karier solonya. Meski begitu, Westlife masih terus mengukir prestasi dan berkali-kali mengadakan konser di berbagai kota.

Namun, karena kesibukan masing-masing anggota, pada 2012 band Westlife memutuskan untuk bubar. Hanya bertahan 6 tahun, Westlife memutuskan untuk kembali menyapa penggemar dengan kembali menjadi satu grup dan meluncurkan lagu "My Love", "Fool Again" dan "Uptown Girl".

Merilis album Wild Dreams

Westlife Kembali! Hadirkan Album 'Wild Dreams'www.westlife.com

Wild Dreams adalah album pertama Westlife dengan EastWest Records setelah Shane, Nicky, Mark dan Kian menandatangani kontrak baru dengan label tersebut, awal tahun ini.

Album Wild Dreams  yang berisi 15 koleksi lagu pop dan ballad yang segar dengan lagu utama "Starlight" serta lagu lainnya yaitu, "Alone Together", "Wild Dreams", "Lifeline", "Alive", "Rewind', "Do You Ever Think of Me", "My Hero", "End of Time", "Magic" dan "Always with Me"

Sebagai hadiah untuk penggemar, versi album Deluxe Edition memiliki rekaman live baru dari lagu hits unggulan Westlife, termasuk "Flying Without Wings", "World of Our Own" dan "Uptown Girl". Secara eksklusif, Westlife akan membawakan lagu "Starlight" dan "My Hero" di Pride of Britain Awards. 

https://www.youtube.com/embed/l1vEP2qiBqY

Itulah perjalanan Westlife setelah lebih dari 20 tahun berkecimpung dalam industri musik. Untuk para penggemar, nantikan terus karya dan konser mereka, ya, Bela!

Baca Juga: Rilis Single Baru, Ini 7 Video Klip Paling Memorable dari Westlife

Baca Juga: 10 Transformasi Westlife dari Masa ke Masa

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Konser Westlife di Indonesia