Menata apartemen kecil agar terlihat minimalis akan membantu kamu memiliki lebih banyak ruang. Apartemen layaknya rumah yang kamu gunakan untuk berlindung dengan aman, juga tempat yang kamu tuju saat ingin mengistirahatkan diri setelah seharian bekerja.

Untuk itu, penting sekali menata ruang apartemen agar terorganisir, bersih dari kekacauan, serta nyaman untuk bersantai di kala penat. Bingung mulai dari mana? Yuk, simak tips mengatur apartemen kecil kamu yang telah Popbela rangkum dari berbagai sumber.

1. Cat dinding menggunakan warna palet netral

Lebih Rapi, 5 Tips Mengatur Apartemen Kecil Agar Terasa Lapangseoulistic.com

Salah satu kunci untuk membuat apartemen kecil kamu terlihat luas dan 'hidup', adalah dengan mengecat dinding menggunakan warna netral. Kamu dapat menggunakan palet klasik seperti putih, cokelat dan abu-abu. Warna-warna klasik tidak hanya membuat ruang terlihat lebih besar, namun juga membuat ruangan terlihat lebih terang.

Supaya ruangan terlihat lebih terkoordinasi dengan warna, kamu dapat melengkapi dinding dengan mebel atau aksesori dinding berwarna gelap. Kombinasi antara warna berani dengan netral akan menghasilkan sentuhan lembut dan bersih pada interior.

2. Gunakan perabotan multifungsi

Lebih Rapi, 5 Tips Mengatur Apartemen Kecil Agar Terasa LapangStaddons Beds

Perabotan multifungsi biasanya memiliki fungsi ganda yang dapat menghemat ruang. Selain ringkas dan praktis, penggunaan perabotan multifungsi juga fleksibel sehingga memudahkan kamu memindahkannya. Sebagai contoh adalah sofa bed.

Untuk bagian dapur, kamu dapat mempertimbangkan menggunakan mebel yang dapat diperpanjang atau dilipat. Seperti laci dapur yang dapat ditarik dan digunakan sebagai meja makan.

3. Menggunakan hiasan minimalis

Lebih Rapi, 5 Tips Mengatur Apartemen Kecil Agar Terasa Lapangfreepik.com

Minimalis tidak selamanya membosankan. Menambahkan tanaman hijau atau dekorasi dinding dengan koordinasi warna yang apik akan membuat apartemen semakin berwarna. Namun, mengisi ruang dengan berbagai elemen yang tidak diperlukan dapat menyebabkan kekacauan visual sehingga terlihat berantakan.

4. Tambahkan cermin besar di dinding

Lebih Rapi, 5 Tips Mengatur Apartemen Kecil Agar Terasa LapangBerbagai Sumber

Menurut pakar desain interior, menambahkan cermin dan menempatkannya pada posisi di mana cermin akan memantulkan cahaya alami adalah solusi paling sederhana untuk membantu membuat ruang terlihat lebih luas. Pada apartemen kecil, menggunakan cermin yang menempel di dinding adalah keputusan bijak, agar tidak memakan ruang lebih banyak.

5. Gunakan lampu gantung agar langit terlihat tinggi

Lebih Rapi, 5 Tips Mengatur Apartemen Kecil Agar Terasa Lapangarchilovers.com

Kamu dapat menggunakan lampu gantung putih jika memiliki plafon apartemen yang rendah. Lampu gantung akan menerangi setiap sudut ruang, sekaligus membuat langit-langit rendah akan tampak lebih tinggi. Apabila cahaya dari lampu tidak cukup untuk menerangi setiap sudut, maka bagian gelap akan membuat ruangan terlihat lebih sempit dan terasa sesak.

Itulah beberapa tips yang dapat membantu mengorganisir apartemen kecil kamu agar terlihat lebih luas. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Bikin Lega, 10 Cara Mendekorasi Kamar Minimalis Apartemen Studio

Baca Juga: Nyaman dan Bikin Betah, Ini 10 Inspirasi Desain Apartemen Minimalis

Baca Juga: Memiliki Keunikan Tersendiri, Inilah 5 Desain Apartemen di Drama Korea