Telah berakhir sejak episode terakhirnya ditayangkan, Squid Game masih terus mencetak prestasi. Masih menjadi bahan perbincangan, banyak penggemar yang berharap serial ini dapat kembali hadir ke season dua.

Disutradarai dan ditulis oleh Hwang Dong Hyuk, Squid Game berhasil menerima nominasi untuk Golden Globe Awards 2022 yang akan dilaksanakan pada Sabtu (9/01/2022).

Namun, aktor Lee Jung Jae yang berperan sebagai Seong Gi hun, telah mengonfirmasi bahwa dirinya tidak akan hadir dalam upacara Golden Globe Awards 2022. Kenapa?

Tiga nominasi yang berhasil diraih Squid Game

'Squid Game' Masuk 3 Nominasi Golden Globe, Lee Jung Jae Pilih AbsenNetflix

Squid Game mencetak rekor baru sebagai serial Korea Selatan pertama yang masuk nominasi Golden Globe. Secara mengejutkan, Squid Game berhasil memboyong tiga nominasi sekaligus. 

Squid Game masuk ke dalam nominasi Best Television Series, yang akan bersaing dengan Lupin, The Morning Show, Pose dan Succession. Sementara aktor Lee Jung Jae dinominasikan untuk Best Performance by an Actor in a Television Series bersama Brian Cox, Jeremy Strong, Billy Porter dan Omar Sy.

Aktor O Yeong Su juga masuk ke dalam nominasi Best Supporting Actor dengan Billy Crudup, Mark Duplass, Kieran Culkin dan Brett Goldstein.

Lee Jung Jae tidak akan menghadiri Golden Globe Awards

'Squid Game' Masuk 3 Nominasi Golden Globe, Lee Jung Jae Pilih AbsenYOUNGKYU PARK

Selain karena lonjakan kasus COVID-19 dan masa karantina yang tidak sebentar, Netflix juga tidak akan berpartisipasi dalam acara ini.

Sebagai agensi yang menaungi Lee Jung Jae, Artist Company telah memberikan pernyatannya. “Dia sangat bersyukur telah dinominasikan dalam kategori Aktor Terbaik di Golden Globe, tetapi dia telah memutuskan untuk tidak menghadiri upacara tersebut. Dia mengakui bahwa Netflix tidak berpartisipasi dalam Golden Globe, seperti yang telah dilaporkan secara luas di seluruh dunia. Dia juga membuat keputusan dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti situasi Covid 19 dan persyaratan karantina.”

Golden Globe Awards akan digelar tanpa artis dan karpet merah

'Squid Game' Masuk 3 Nominasi Golden Globe, Lee Jung Jae Pilih AbsenBerbagai Sumber

Melansir dari The Hollywood Reporter, perayaan Golden Globe ke-79 tahun ini tidak akan dihadiri oleh para selebriti, penonton dan red carpet. Faktor lonjakan kasus COVID-19 yang semakin parah, menjadi alasan utama pihak penyelenggara hanya menyiarkannya secara daring tanpa tamu undangan. Para pemenang akan dibacakan secara berurutan dari Beverly Hilton selam 90 menit.

Seruan pemboikotan untuk Golden Globe Awards

'Squid Game' Masuk 3 Nominasi Golden Globe, Lee Jung Jae Pilih Absenwww.hollywoodreporter.com

Golden Globe Awards mendapat seruan boikot secara terang-terangan dari banyak bintang film dan sutradara papan atas. Tuduhan rasisme sering kali muncul, salah satunya pada saat film Minari memenangkan penghargaan.

Meski mendapat penghargaan Film Berbahasa Asing Terbaik, namun publik menganggap bahwa ini merupakan film keluarga Amerika yang digarap oleh sutradara keturunan Korea dan perusahaan produksi Amerika. 

Selain itu, isu korupsi dan minimnya keberagaman dalam keanggotaan HFPA membuat banyak pihak menuntut untuk reformasi.  

Studio yang sudah mendunia seperti Netflix, Amazon dan Warner Media telah mengumumkan bahwa mereka tidak akan berpartisipasi. Bahkan NBC, sebagai stasiun televisi langganan yang menayangkan Golden Globe Awards, juga ikut menarik diri.

Golden Globe Award adalah penghargaan untuk film dan program televisi yang diberikan oleh anggota Hollywood Foreign Press Association (HFPA), baik untuk karya domestik maupun asing.

Meski kejelasan mengenai stasiun televisi mana yang akan menayangkan Golden Globe Awards belum diketahui, penonton dapat menonton rangkaian acara dengan streaming online.

Baca Juga: Lampu Hijau 'Squid Game' Season 2, Akankah 6 Misteri Ini Terungkap?

Baca Juga: 'Squid Game' Musim Kedua akan Segera Diproduksi, Ini Jawaban Sutradara

Baca Juga: Ada 'Squid Game' & BTS, Ini Daftar Nominasi People Choice Awards 2021