Keamanan dan kenyamanan menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan saat menempatkan tangga di rumah. Tangga dirancang agar aman digunakan baik untuk anak-anak, remaja, orang tua, maupun lansia. Kenyamanan diperlukan, karena tangga merupakan penghubung antara lantai dasar dengan lantai atas. 

Penempatan tangga yang asal-asalan, dapat memengaruhi energi positif yang berada di dalam rumah. Penataan dengan feng shui, akan memberikan dampak pada keseimbangan elemen dan aspek kehidupan penghuni rumah. 

Dalam feng shui, tangga berfungsi sebagai pintu masuk dan keluar, dari energi positif dan negatif setelah pintu utama. Untuk mempermudah kamu mengatur penempatan dan bentuk tangga yang akan dibangun, inilah posisi tangga terbaik menurut feng shui.

1. Jangan menghadap pintu utama

7 Posisi Tangga Menurut Feng Shui, Agar Energi Positif Dapat Mengalircourtina.id

Posisi tangga terbaik menurut feng shui yang pertama adalah; menghindari peletakan tangga yang menghadap ke pintu utama. Di dalam rumah, terdapat pintu sebagai jalan masuk dan keluarnya energi positif. Jika kamu membangun tangga dengan menghadap  pintu utama, hal ini akan menyebabkan tarik menarik energi. Sehingga, keberuntungan dan rezeki yang seharusnya masuk ke dalam rumah tertarik keluar. 

2. Hindari meletakkan tangga di luar ruangan

7 Posisi Tangga Menurut Feng Shui, Agar Energi Positif Dapat Mengalirwww.pinhome.id

Kamu perlu menghindari peletakan tangga di luar ruangan. Biasanya, tangga yang berada di luar, dibuat karena adanya perbedaan ketinggian tanah. Ternyata, hal ini tidak baik dilakukan, karena meletakkan tangga di luar ruangan, dipercaya dapat menghambat karier dan usaha. Sehingga kehidupan pemilik rumah dapat menjadi sulit. 

3. Jangan meletakkannya di tengah ruangan

7 Posisi Tangga Menurut Feng Shui, Agar Energi Positif Dapat MengalirLunas Visualization

Peletakan tangga yang paling ideal adalah dengan memahami selera dan kebutuhan penghuni rumah. Namun, jika kamu meletakkan tangga di tengah ruang, hal ini dipercaya dapat menarik energi negatif masuk ke dalam rumah. Peletakan tangga di barat daya rumah dan timur laut rumah juga perlu dihindari, karena dapat menghambat karier dan rezeki para penghuni rumah.

4. Jangan berhadapan langsung dengan kamar mandi

7 Posisi Tangga Menurut Feng Shui, Agar Energi Positif Dapat Mengalirpolarumah.com

Posisi tangga terbaik menurut feng shui yang selanjutnya adalah menghindari meletakkan tangga yang berhadapan langsung depan pintu kamar mandi. Hal tersebut diyakini dapat menyerap energi positif, sehingga merusak keseimbangan energi di dalam rumah.

5. Memperhitungkan jumlah anak tangga

7 Posisi Tangga Menurut Feng Shui, Agar Energi Positif Dapat MengalirUkrainian house karya Azovskiy & Pahomova Architects/A Avdeenko

Setiap jumlah anak tangga di dalam feng shui memiliki artinya masing-masing. Anak tangga pertama artinya lahir, anak tangga kedua artinya muda, anak tangga ketiga artinya tua, anak tangga ketiga artinya mati dan anak tangga kelima artinya sengsara. 

Menurut feng shui, perhitungan anak tangga yang baik adalah, menghitungnya dengan kelipatan lima ditambah satu atau dua, yaitu 6. 7, 11, 12, 16, 17, 21, 22 dan seterusnya.

6. Memperhatikan bentuk tangga

7 Posisi Tangga Menurut Feng Shui, Agar Energi Positif Dapat Mengalirdekorrumah.net

Hal lain yang perlu kamu perhatikan saat mengatur posisi tangga terbaik menurut feng shui, adalah dengan memperhatikan bentuk tangga. Usahakan menggunakan bentuk tangga menyerupai huruf U dan L, agar energi positif terkumpul terlebih dahulu sebelum menyebar ke seluruh ruangan. Hindari tangga berbentuk putar, karena hal ini akan membuat suasana di dalam rumah terasa tidak menyenangkan.

7. Memperhatikan ruang kosong di bawah tangga

7 Posisi Tangga Menurut Feng Shui, Agar Energi Positif Dapat Mengalirnakamichisokuho.com

Apakah kamu menggunakan ruang di bawah tangga sebagai gudang? Menurut feng shui, hal ini tidak disarankan. Jika kamu menggunakan area bawah tangga sebagai gudang, hal ini dapat menghentikan energi yang sedang mengalir. Energi di sekitarnya, juga dapat terperangkap sehingga tidak dapat mengalir ke atas. 

Itulah posisi tangga terbaik menurut feng shui, untuk menjaga energi positif di dalam rumah. Kamu bisa mengatur posisi tangga dan ruangan lainnya di dalam rumah, menurut feng shui atau sesuai dengan selera pribadi, karena yang utama adalah kenyamanan dari penghuni rumah itu sendiri. 

Baca Juga: 17 Tips Feng Shui untuk Ruang Tamu yang Sehat dan Nyaman

Baca Juga: 10 Kesalahan Interior Rumah Menurut Feng Shui

Baca Juga: Inspirasi Desain Tangga Minimalis