Berbagai kegiatan biasanya dilangsungkan untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus. Dimulai dengan upacara di pagi hari bagi anak-anak yang masih bersekolah, kemudian dilanjut dengan mengikuti berbagai perlombaan yang seru, menarik dan menantang.

Biasanya, di wilayah-wilayah tertentu, akan dibentuk panitia 17-an yang diisi oleh anggota dari karang taruna untuk mengatur dan menyusun acara agar perayaan ulang tahun Republik Indonesia semakin meriah. Buat kamu yang masih bingung mau mengadakan lomba apa, simak artikel ini sampai habis, yuk!

1. Lomba fashion show

https://www.youtube.com/embed/npyIiiKpXGk

Ramainya tren Citayam Fashion Week bisa jadi inspirasi buat kamu yang sedang mencari inspirasi lomba 17 Agustus yang unik dan lucu. Sebagai panitia, kamu bisa mengajak anak-anak hingga orang dewasa untuk bergaya dengan menggunakan kostum semenarik mungkin untuk dipertontonkan di hadapan dewan juri. 

2. Lomba makan cabai rawit

https://www.youtube.com/embed/llAZJAZssIU

Pedas dan membakar semangat! Lomba makan cabai rawit bisa menjadi salah satu cabang perlombaan yang kamu ajukan untuk 17 Agustus nanti. Bagi penggemar makanan pedas, cabang lomba ini pasti ramai peminat. Ditemani dengan sepiring gorengan, tertarik mengikutinya?

3. Lomba mengiris bawang merah

https://www.youtube.com/embed/IAp-x---sIA

Siapa yang suka menangis saat mengiris bawang meski belum lima menit mengerjakannya? Masih jarang diperlombakan, kamu bisa mengajukan ide ini untuk memeriahkan acara 17 Agustus nanti. Sebagai hadiah, pemenang bisa membawa seluruh bawang yang diirisnya selama perlombaan. 

4. Lomba memindahkan air menggunakan sendok

https://www.youtube.com/embed/D9X1eHu3vJU

Salah satu lomba 17 Agustus yang unik dan lucu yakni memindahkan air menggunakan sendok. Menguji kesabaran dan ketekunan, kamu dapat membentuk kelompok agar pekerjaan melelahkan ini cepat selesai. Di sisi lain, lewat perlombaan ini kamu bisa meningkatkan kemampuan memimpin dan bekerja sama di dalam tim, lho!

5. Lomba merias wajah pasangan

https://www.youtube.com/embed/7X3BZuGW-8o

Lewat berbagai video tutorial di YouTube, kita dapat dengan mudah belajar merias wajah agar penampilan semakin menarik. Namun, bagaimana jika yang melakukannya adalah kekasih atau suami yang bahkan sulit membedakan antara pensil alis dan maskara? Dijamin, sebagai panitia dan penonton kamu bakal tertawa terpingkal-pingkal selama perlombaan. Biar lebih seru, yang didandani harus ditutup mata, dong!

6. Lomba bermain voli dengan net tertutup

https://www.youtube.com/embed/sURl9LLH2G8

Sama seperti peraturan permainan bola voli pada umumnya, perbedaannya hanya terdapat pada penggunaan net. Jika biasanya permainan bola voli menggunakan net berjaring-jaring yang memudahkan kita melihat lawan di seberang, kali ini net diganti dengan kain.

Akibatnya, kedua tim akan sulit melihat satu sama lain sehingga sepanjang permainan harus menebak-nebak arah bola datang. Biar lebih seru, bagaimana jika tiap pemain wajib menggunakan sarung?

7. Lomba main bola dengan daster dan helm

https://www.youtube.com/embed/ZsjKuNS5xe8

Menjadi salah satu cabang olahraga yang banyak disukai, lomba main bola wajib dimasukkan ke dalam daftar perlombaan selama 17 Agustus. Biar makin menghibur, para peserta wajib menggunakan daster dan helm.

Meski terlihat mudah, buat bapak-bapak pasti sulit bermain bola dengan baju kebanggaan ibu-ibu itu. Dijamin, sepanjang pertandingan penonton nggak akan berhenti tertawa dan bersorak. 

8. Lomba menyusun puzzle

https://www.youtube.com/embed/ZjKFbddSVoM

Lomba 17 Agustus yang unik dan lucu selanjutnya adalah lomba menyusun puzzle untuk kategori orang dewasa. Bermain puzzle akan membantu meningkatkan daya ingat sekaligus menghilangkan penat dari pekerjaan di kantor. Di sisi lain, lewat perlombaan yang cukup memakan waktu ini, kamu dapat melatih diri untuk melipir sejenak dari ketergantungan dengan ponsel.

9. Lomba cerdas cermat

https://www.youtube.com/embed/OJi4Wud3nqI

Lomba cerdas cermat cocok untuk kamu yang malas mengeluarkan energi berlebih dan lebih suka duduk sambil berpikir. Selain memerlukan wawasan yang luas, lomba cerdas cermat dengan tema Hari Kemerdekaan HUT RI ini akan membantu kamu dan juga peserta lomba memahami lebih dalam perjuangan para pahlawan saat memerdekakan Indonesia.

10. Lomba tebak gambar

https://www.youtube.com/embed/AWRZIQ224oU

Tebak gambar memerlukan ketangkasan dan kecepatan dalam berpikir dari tiap peserta untuk memenangkan permainan. Meski terlihat mudah, para panitia juga dituntut untuk kreatif agar para peserta tidak mudah menebaknya. Untuk peraturannya sendiri, kamu dapat menyesuaikannya dengan jumlah peserta, lokasi dan waktu pelaksanaan.

11. Lomba panjat pinang

https://www.youtube.com/embed/TbcGiOrODKU

Menjadi salah satu lomba yang hampir selalu ada saat perayaan 17 Agustus, panjat pinang memang sudah terbukti keseruannya. Peminatnya pun selalu ramai, sebab para pemenang panjat pinang dapat membawa berbagai hadiah yang diinginkannya. 

12. Lomba tarik tambang

https://www.youtube.com/embed/pRFQ1XyAVFg

Dibutuhkan kekompakan dan kerja sama tim, lomba tarik tambang akan semakin meriah jika para peserta diwajibkan menggunakan daster dan sarung selama permainan. Beranggotakan 10 orang, setiap tim harus berusaha sekuat tenaga untuk menarik tambang lawan hingga terjatuh.

13. Lomba estafet tepung dan air

https://www.youtube.com/embed/cVq_WgYFuP0

Lagi-lagi permainan kelompok, lomba 17 Agustus yang unik dan lucu berikutnya adalah estafet tepung dan air. Caranya, orang pertama akan menuangkan tepung dan air kepada pemain selanjutnya tanpa menoleh ke belakang dari atas kepala menggunakan baskom.

Bagi tim yang memiliki tepung dan air terbanyak di akhir permainanlah pemenangnya. Permainan ini susah susah gampang, bagi kamu yang belum terbiasa, bisa-bisa yang kamu lakukan adalah menyiram temanmu menggunakan sebaskom tepung dan air.

14. Lomba menebak benda di dalam kardus

https://www.youtube.com/embed/Rmn9HBVLcz0

Tidak kalah seru, lomba menebak benda-benda di dalam kardus dapat diikuti oleh semua jenjang umur. Setiap peserta yang mampu menebak paling banyak benda yang berada di dalam kardus berhak menjadi pemenang.

Agar lebih seru, sebagai panitia kamu perlu memberikan tenggat waktu untuk meningkatkan adrenalin permainan. Kemudian, bagi peserta yang terlambat atau salah menjawab perlu mendapat hukuman, bisa dengan disiram atau wajahnya diberi tepung.

15. Lomba menangkap bebek dengan mata tertutup

https://www.youtube.com/embed/U7ykP4uD7GQ

Menangkap bebek dengan mata tertutup merupakan lomba 17 Agustus yang unik dan lucu. Karena sulit, tidak jarang para peserta malah saling bertabrakan satu sama lain sementara si bebek kabur entah kemana. Untuk menjaga keamanan tiap peserta, sebaiknya dalam satu sesi hanya diikuti oleh 3-5 orang saja.

16. Lomba menangkap belut

https://www.youtube.com/embed/XKt2UWdIEy0

Biasanya, lomba menangkap belut identik dengan anak-anak. Namun, orang dewasa juga bisa menjadi pesertanya, lho! Meski terlihat sederhana, sulit menangkap hewan kecil yang licin ini, tidak jarang belut yang ditangkap malah kembali terlepas sebelum dimasukkan ke dalam ember. Pernah mencobanya?

17. Lomba balap egrang

https://www.youtube.com/embed/qiPV3l_8qxE

Egrang merupakan permainan tradisional asal Lampung yang juga dikenal dengan nama terompang pancung. Saat memainkannya, diperlukan keseimbangan antara kaki dengan tongkat bambu panjang tersebut.

Para pemenang dapat ditentukan dengan siapa peserta yang paling cepat sampai di garis finish. Selain menjaga kelestarian permainan tradisional, lewat balap egrang para peserta dapat melatih keseimbangan, ketekunan, kecepatan dan keberanian.

Itulah deretan lomba 17 Agustus yang unik dan lucu. Punya ide perlombaan yang lebih menarik dan inovatif lainnya? Yuk, komen di bawah!

Baca Juga: 8 Rekomendasi Fashion Item yang Cocok dipakai Saat 17 Agustus

Baca Juga: 7 Ide Dekorasi Rumah 17 Agustus yang Unik Bertema Merah Putih

Baca Juga: 7 Model Sanggul yang Bisa Jadi Inspirasi untuk Perayaan 17 Agustus