Bukan hal baru melihat para produser film melirik berbagai video game untuk dijadikan sebuah film atau serial. Mulai dari video game horor yang menantang serta penuh teka-teki, hingga video game anak-anak yang menyenangkan.

Terkadang, saking populernya video game yang sedang digandrungi, rumah produksi pun berlomba-lomba untuk mengadaptasinya menjadi sebuah film atau serial.

Nah, untuk kamu yang gemar menyaksikan adaptasi film atau serial yang berasal dari video game, tidak ada salahnya menunggu jajaran judul ini tayang. Memiliki jalan cerita yang cukup menjanjikan, siapa yang tidak penasaran? 

1. Resident Evil

https://www.youtube.com/embed/uIdjcDTc9Vk

Menjadi salah satu judul game yang berkali-kali diadaptasi ke dalam film, Resident Evil banyak mendapat pujian serta rentetan kritik pedas dari penikmatnya. Kali ini, melalui 8 episode yang dihadirkannya, Resident Evil versi adaptasi Netflix menampilkan sudut pandang baru lewat anak dari Albert Wesker.

Bertahun-tahun setelah wabah virus yang menyebabkan kiamat global, Jade Wesker (Ella Balinska), berusaha untuk menjatuhkan dalang di balik mewabahnya virus sembari bertahan hidup di tengah-tengah mereka yang terinfeksi. Penuh ketegangan dan kengerian, Resident Evil garapan Netflix ini tayang secara perdana sejak 14 Juli 2022 lalu.

2. Cyberpunk: Edgerunners

https://www.youtube.com/embed/x4ztgjvfU60

Akan hadir di Netflix pada September 2022, Cyberpunk: Edgerunners akan berfokus pada kisah seorang anak jalanan yang mencoba untuk bertahan hidup di Kota Malam. Serial berjumlah 10 episode ini akan menampilkan kisah seorang anak yang terpaksa untuk menjadi seorang 'Edgerunner' atau seorang tentara bayaran untuk menyelamatkan hidupnya. 

Sejauh ini, Cyberpunk: Edgerunners telah menampilkan dua tokoh utama, yakni David si edgerunner dan Lucy seorang hacker. Bagi kamu yang bahkan tidak tahu tentang permainan Cyberpunk 2077 tidak perlu khawatir, sebab animasi produksi studio Trigger ini kabarnya akan berdiri sendiri dan dapat ditonton untuk kamu yang tidak memainkannya.

3. Untitled Mario Movie

https://www.youtube.com/embed/xe-K518aWOg

Di bawah studio animasi  Illumination, Untitled Mario Movie kabarnya akan hadir di tahun 2023 dengan Chris Pratt sebagai pengisi suara dari Mario. Sebelumnya, film ini dikabarkan akan rilis pada Desember 2022, namun Shigeru Miyamoto dari Nintendo mengumumkan melalui akun Twitter Nintendo of America bahwa film tersebut akan diundur ke Musim Semi 2023, tepatnya bulan April. Selain Chris, Anya Taylor-Joy akan mengisi suara sebagai Peach, Charlie Day sebagai Luigi, hingga Fred Armisen sebagai Cranky Kong.

4. The Last of Us

Layak Ditunggu! Ini 9 Film dan Serial yang Diangkat dari Game Populertwitter.com/HBOsTheLastofUs

The Last of Us merupakan sebuah video game yang dikembangkan oleh perusahaan permainan video asal Amerika Serikat, Naughty Dog, dan diterbitkan oleh perusahaan multinasional asal Jepang, Sony Interactive Entertainment yang rilis pada 2013 lalu.

Diangkat menjadi serial dengan judul yang sama, The Last of Us akan tayang di HBO tahun 2023. Meski belum pasti jadwal penayangannya, serial ini telah menyelesaikan syutingnya di Calgary, Alberta, Kanada. 

The Last of Us menggambarkan keadaan dunia 20 tahun setelah peradaban modern dihancurkan. Joel, seorang penyintas disewa untuk menyelundupkan Ellie, seorang gadis berusia 14 tahun dari zona karantina. Meski terlihat mudah, perjalanan mereka menjadi sebuah mimpi buruk saat harus melintasi Amerika. Pada akhirnya, keduanya harus bergantung satu sama lain untuk bertahan hidup.

5. Untitled Knuckles Series

Layak Ditunggu! Ini 9 Film dan Serial yang Diangkat dari Game Populertwitter.com/DrIvoTheEgg

Setelah Sonic the Hedgehog menjadi hit blockbuster, penggemar terus bertanya-tanya kapan film ketiga akan keluar? Menjawab antusiasme para penontonnya, studio film Paramount Pictures telah mengumumkan bahwa alam semesta milik Sonic akan semakin berkembang. 

Bukan hanya film ketiga yang sedang dalam garapan, tetapi serial live action mengenai Knuckles yang dibintangi Idris Elba juga sedang dalam pengerjaan. Kabarnya, serial live action milik Knuckles akan hadir di tahun 2023. Namun, belum ada prediksi kapan Sonic 3 akan tayang.

6. Minecraft: The Movie

Layak Ditunggu! Ini 9 Film dan Serial yang Diangkat dari Game Populertwitter.com/Minecraft

Telah hadir sejak 2009, namun sampai saat ini belum ada film ataupun serial Minecraft yang hadir. Jadwal penayangan Minecraft: The Movie seharusnya hadir pada Maret 2022, namun harus mengalami pengunduran akibat pandemi Covid-19. Disutradarai oleh Jared Hess, petualangan 3D ini diproduksi serta didistribusikan oleh Mojang AB, Vertigo Entertainment serta Warner Bros. Entertainment. 

Kabarnya, Minecraft: The Movie akan menceritakan kisah seorang gadis remaja dan teman-temannya saat menyelamatkan dunia mereka yang indah dan penuh balok setelah Ender Dragon yang jahat memulai kehancuran. 

Meski awalnya telah menentukan jadwal penayangan, hingga saat ini hanya satu pemeran yang telah dikonfirmasi, yakni Jason Momoa yang akan mengisi suara Gabriel the Warrior—karakter dari game petualangan spin-off Minecraft: Story Mode.

7. Twisted Metal

Layak Ditunggu! Ini 9 Film dan Serial yang Diangkat dari Game Populertwitter.com/Twisted95733554

PlayStation Production bersama Sony Pictures Television  mencoba untuk mengadaptasi Twisted Metal menjadi salah satu acara televisi series setelah kesuksesannya mengangkat Uncharted (2022) ke layar lebar. Telah diumumkan jika bintang Marvel, Anthony Mackie, akan memerankan karakter utama yang dikenal sebagai John Doe. 

Twisted Metal bercerita tentang John Doe yang mendapat tawaran untuk menjalani kehidupan lebih baik, tetapi hanya jika dia berhasil mengirimkan paket misterius di seluruh gurun pasca apokaliptik yang mematikan.

Dibantu oleh temannya—seorang pencuri mobil handal—John Doe akan menghadapi berbagai lawan tangguh. Mulai dari bandit, perampok biadab, pihak militer, wanita psikopat, hingga seorang badut gila yang mengendarai truk es krim.

8. Assassin's Creed

Layak Ditunggu! Ini 9 Film dan Serial yang Diangkat dari Game Populertwitter.com/assassinscreed

Bukan kali pertama Netflix menghadirkan film atau serial yang diadaptasi dari game-game populer. Di tahun 2021, Netflix mengumumkan bahwa timnya telah mengerjakan proyek untuk serial Assassin's Creed dengan berkolaborasi bersama Ubisoft. Skenarionya sendiri dikerjakan oleh Jeb Stuart yang sebelumnya telah sukses dengan The Liberator (2020). 

Sayangnya, meski rasanya serial ini akan populer, baik Netflix maupun Ubisoft belum memberikan gambaran mengenai apa yang akan dihadirkan pada serial ini. Mereka hanya menyebutkan jika serial ini akan seru seperti film pertamanya yang tayang di tahun 2016. Kabarnya, serial ini akan mengusung format film action layaknya The Witcher (2019) yang telah lebih dahulu populer.

9. Horizon

Layak Ditunggu! Ini 9 Film dan Serial yang Diangkat dari Game Populertwitter.com/photomodeoftsu

Sampai saat ini, Netflix belum mengumumkan secara resmi judul untuk adaptasi live action dari permainan Horizon. Meski demikian, proses produksi telah dimulai sejak 2022 sehingga besar harapan jika musim pertamanya akan tayang di awal 2024.

Pada game, Horizon Zero Dawn diatur di Amerika Serikat pasca apokaliptik pada abad ke-31. Manusia hidup dalam suku-suku primitif yang tersebar dengan tingkat perkembangan teknologi yang bervariasi. Sebagian besar hidup berdampingan secara damai dengan manusia—terkadang memburu mereka untuk diambil bagiannya.

Pada permainan, terdapat karakter utama yakni Aloy yang tumbuh tanpa orang tua dan hidup terisolasi dari empat suku. Dia tumbuh dewasa sampai akhirnya harus menyelidiki fenomena yang dikenal sebagai “Derangement” yang telah menyebabkan mesin menjadi lebih agresif terhadap manusia, dan mesin yang lebih besar serta lebih mematikan mulai muncul.

Itulah berbagai judul film yang berasal dari adaptasi video game. Judul mana nih, yang kamu paling tunggu penayangannya?

Baca Juga: Selain 'Interstellar', Ini 7 Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaik

Baca Juga: Game Perancang Dunia yang Populer, Ini 9 Fakta Mengenai 'Minecraft'

Baca Juga: 7 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Dimainkan, Ada yang Mirip 'Pokemon'