Harta yang paling berharga adalah keluarga
Istana yang paling indah adalah keluarga
Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
Mutiara tiada tara adalah keluarga

Setiap mendengar penggalan lirik lagu di atas, siapa yang langsung teringat dengan film Keluarga Cemara? Diadaptasi dari novel berseri karya mendiang Arswendo Atmowiloto dan sinetron dengan judul yang sama, Keluarga Cemara berhasil tayang di Jogja-NETPAC Asian Film Festival.

Konflik yang Dekat dengan Keluarga, 5 Fakta Film Keluarga Cemara 2instagram.com/visinemaid

Mengingat kesuksesan film pertamanya, Visinema Pictures kembali memproduksi kelanjutan kisah keluarga Abah dalam film Keluarga Cemara 2 yang akan tayang pada 23 Juni 2022 mendatang.

Kembali diproduseri oleh Anggia Kharisma, pemeran utama Keluarga Cemara 2 masih dibintangi oleh jajaran aktor dan aktris dari film sebelumnya, yakni, Ringgo Agus Rahman (Abah), Nirina Zubir (Emak), Adhisty Zara (Euis), Widuri Puteri (Ara) dan tokoh baru Niloufer Bahalwan (Agil).

Setelah sebelumnya berhasil menyuguhkan drama keluarga yang menghangatkan hati, simak fakta menarik kelanjutan kisahnya dalam film Keluarga Cemara 2, yuk!

1. Kembali dengan lembar kehidupan baru

Konflik yang Dekat dengan Keluarga, 5 Fakta Film Keluarga Cemara 2YouTube/Visinema Pictures

Mengusung tema pertumbuhan dengan slogan, “Istana yang paling indah adalah keluarga”, film Keluarga Cemara 2 akan melanjutkan kisah tentang keluarga Abah, Emak, Euis, Ara dan Agil.

Bermula dengan latar setelah pandemi, keluarga yang dipimpin Abah memulai kisah dengan lembaran kehidupan yang baru. Dimulai dari Abah yang mendapat pekerjaan baru, Euis yang beranjak dewasa, Emak yang fokus merawat si bungsu Agil, serta Ara yang memiliki teman pulang baru.

2. Konflik yang dekat dengan keluarga Indonesia

Konflik yang Dekat dengan Keluarga, 5 Fakta Film Keluarga Cemara 2YouTube/Visinema Pictures

Pada Rabu (18/05/2022), Visinema Pictures telah membagikan video trailer resmi film Keluarga Cemara 2 melalui akun YouTube resmi milik mereka.

Seperti yang terlihat pada trailer, kini Abah telah memiliki pekerjaan baru sehingga tidak dapat menjemput Ara sepulang sekolah. Euis yang beranjak dewasa mulai merasakan berbagai persoalan remaja.

Sementara itu, di tengah kebutuhan ekonomi, Emak harus bekerja sembari menjaga si bungsu. Ketika semua orang tengah fokus dengan kehidupan masing-masing, Ara, mulai merasa tersisihkan.

Konflik yang Dekat dengan Keluarga, 5 Fakta Film Keluarga Cemara 2YouTube/Visinema Pictures

“Saya melihat permasalahan keluarga, khususnya Emak di Keluarga Cemara 2 itu seperti melihat keresahan ibu-ibu Indonesia pada umumnya. Nambah satu anak lagi, masih bayi, sementara yang dua anak sebelumnya yang juga perempuan mulai beranjak dewasa. Anak yang paling besar (Euis) mulai masuk masa mencari jati diri. Terus anak yang satunya (Ara) masih butuh perhatian. Jadi kaya kewalahan banget,” ujar Nirina dalam keterangan resmi yang Popbela terima, Rabu (18/05/2022).

3. Pesan yang ingin disampaikan

Konflik yang Dekat dengan Keluarga, 5 Fakta Film Keluarga Cemara 2YouTube/Visinema Pictures

Pada film sebelumnya, Keluarga Cemara telah memberikan sebuah kisah sederhana yang penuh kehangatan dan kasih sayang. Penonton dapat menikmati sebuah tayangan dengan nilai-nilai penuh makna yang diperoleh dari kehidupan sehari-hari. 

Dipercaya sebagai sutradara untuk film Keluarga Cemara 2, Ismail Basbeth juga ingin menyampaikan pesan kepada para penonton. “Sebagai sutradara, pesan yang ingin aku tawarkan ke penonton adalah tentang bagaimana saat sebuah keluarga menghadapi masalah. Yakni menghadapi masalah di dalam keluarganya dengan cara-cara yang mendahulukan perasaan serta pengertian. Hal ini tentunya dimulai dengan komunikasi yang baik.”

4. Ini kata para pemain

Konflik yang Dekat dengan Keluarga, 5 Fakta Film Keluarga Cemara 2instagram.com/visinemaid

Mengomentari trailernya yang belum lama dirilis oleh Visinema Pictures, Nirina Zubir yang mendapat peran sebagai Emak ikut menyatakan antusiasmenya. “Kembali memerankan karakter Emak, tentunya saya tidak sabar untuk memperlihatkan Keluarga Cemara dengan lembaran kehidupan barunya ke penonton. Gemes banget ngeliat teaser-nya yang ngasih keseruan kami di film ini!”

Konflik yang Dekat dengan Keluarga, 5 Fakta Film Keluarga Cemara 2instagram.com/visinemaid

Selain itu, memerankan sosok Abah, Ringgo Agus turut mengomentari trailer Keluarga Cemara 2. Dirinya menyebutkan jika Abah akan mendapatkan pelajaran penting dalam berkeluarga. “Di Keluarga Cemara 2 ini Abah akan belajar banyak tentang menyeimbangkan waktu dan kehadiran, mulai dari pekerjaan barunya hingga tentang bagaimana membagi waktu bersama keluarga. Karena saya yakin, Abah selalu ingin yang terbaik untuk keluarganya. Abah akan selalu berusaha,” ujarnya.

5. “Jatuh Cinta” sebagai official soundtrack film 'Keluarga Cemara 2'

Konflik yang Dekat dengan Keluarga, 5 Fakta Film Keluarga Cemara 2YouTube/Visinema Pictures

Hasil kerja sama antara Visinema dengan Universal Music Indonesia dan Dominion Records telah mempertemukan Marion Jola dan Teza Sumendra untuk membawakan lagu, “Jatuh Cinta”.

Lagu “Jatuh Cinta” sendiri merupakan hasil remake dari lagu “Jatuh Cinta” karya Harry de Fretes yang populer di 1996. Akan dijadikan official soundtrack untuk film Keluarga Cemara 2, tangan dingin Ofel Obaja Setiawan dipercaya untuk menjadi penata musik film ini.

Konflik yang Dekat dengan Keluarga, 5 Fakta Film Keluarga Cemara 2Press Conference Keluarga Cemara 2

Keluarga Cemara 2 sendiri diketahui telah memasuki proses pra produksi di tahun 2020. Kini, hanya dalam hitungan hari, penonton dapat menyaksikan film Keluarga Cemara 2 di bioskop kesayangan. Jangan lupa ajak teman dan keluarga agar pengalaman nonton kamu semakin seru!

https://www.youtube.com/embed/DdpM2cLoJUQ

Baca Juga: Catat Tanggalnya, Film 'Srimulat: Hil yang Mustahal' Tayang 19 Mei

Baca Juga: Menegangkan dan Bikin Penasaran, Ini 5 Fakta Film 'KKN di Desa Penari'

Baca Juga: 'Seperti Dendam', Film Indonesia Pertama yang Menang Golden Leopard