Jarang Ada Tahu! 11 Lagu Hits Ini Ditulis oleh Ed Sheeran

Jarang Ada yang Tahu! 11 Lagu Hits Ini Ditulis oleh Ed Sheeran

Terkadang Ed lupa bahwa dirinya yang menulis lagu tersebut

Jarang Ada yang Tahu! 11 Lagu Hits Ini Ditulis oleh Ed Sheeran

Penyanyi Ed Sheeran telah berkali-kali membuktikan bahwa dirinya juga ‘benar-benar’ seorang penulis lagu yang handal. Bukan hanya karena lagu-lagunya miliknya yang populer, namun lagu ciptaannya untuk penyanyi lain juga tidak kalah bersaing di pasaran. 

Terlalu banyak menulis lagu, Ed bahkan pernah melupakan lagu ciptaannya sendiri. Tidak mengherankan, sebab dirinya telah bekerja sama dengan banyak penyanyi yang namanya telah dikenal secara internasional.

Jika penulisnya saja suka lupa, mungkin saja kamu bahkan tidak menyadari jika lagu tersebut mencantumkan nama Ed Sheeran dalam kreditnya. Penasaran? Keep scrolling, Bela!

1. “Cold Water” - Major Lazer feat. Justin Bieber & MØ

https://www.youtube.com/embed/a59gmGkq_pw

Pada 2016 lalu, Major Lazer meluncurkan single terbarunya berjudul “Cold Water” yang langsung menjadi trending topic di Twitter dengan tagar #ColdWater. Bahkan, lagu ini berhasil meraih penghargaan dari Radio Disney Music Award untuk kategori Best Dance Track.

Dalam salah satu wawancara bersama 97.1 AMP Radio, Ed mengungkapkan bahwa dirinya sempat lupa pernah menulis lagu tersebut, sampai Diplo—DJ, produser rekaman, rapper— mengirimkannya email.

Bukan hanya Ed Sheeran, akan tetapi nama  Thomas Pentz, Justin Bieber, Karen Marie Ørsted, Benjamin Levin Henry,  Allen Philip Meckseper dan Jamie Scott juga turut masuk ke dalam kredit lagu. 

2. “2002” - Anne-Marie

https://www.youtube.com/embed/u3ePPA0yzSU

Telah saling mengenal sejak 2010, Anne mengungkapkan bahwa dirinya sering bekerja sama dengan Ed Sheeran. “2002” merupakan single dari album debut miliknya, Speak Your Mind yang rilis pada April 2018. “2002” menceritakan tentang masa kecil manis yang terjadi di tahun-tahun tersebut. Lewat lagu ini, Anne seakan-akan kembali mengingat setiap memori manis yang terjadi saat itu.

3. “Love Shine Down” - Olly Murs

https://www.youtube.com/embed/aRTNh6e6oEk

Sebagai salah satu lagu dalam album debut milik Olly Murs, “Love Shine Down” ditulis langsung oleh Olly Murs dengan Ed Sheeran sebagai co-writer. Penggalan lirik di bawah ini adalah milik Ed yang benar-benar mencerminkan gayanya. 

You're the battery to my heart 
And without you I can't start
Don't you leave me in the dark

4. “Tattoo” - Hilary Duff

https://www.youtube.com/embed/imexEq1kzfY

Tahun 2014, Hilary Duff bekerja sama dengan Ed Sheeran untuk lagu “Tattoo” miliknya. Karena sulitnya mencocokan jadwal, keduanya harus melakukan rekaman di malam hari. Namun, kerja keras keduanya tidak mengecewakan, lagu “Tattoo” benar-benar mendapat sambutan baik dari penggemar. Dalam wawancaranya bersama majalah Billboard, Hilary menjelaskan jika lagu ini menceritakan tentang sebuah hubungan yang berakhir dan apa yang ditinggalkannya.

5. “Lay It All on Me” - Rudimental feat Ed Sheeran

https://www.youtube.com/embed/WtejRvpwscY

Rudimental merupakan band asal Inggris yang sempat masuk ke dalam nominasi Mercury Prize di tahun 2013. Band yang telah menandatangani kontrak dengan Asylum Records, Atlantic Records dan Black Butter Records ini telah banyak menerima penghargaan, termasuk Brit Award dan MOBO Award untuk kategori Best Album.

Bukan hanya ikut bernyanyi untuk lagu “Lay It All on Me”, Ed juga bekerja keras sebagai penulis lagu. Setelah menyelesaikannya, Ed mengabarkan bahwa ini menjadi lagu terakhir yang akan dirinya produksi untuk sementara waktu—di tahun lagu ini rilis, 2015. 

6. “Little Things” - One Direction

https://www.youtube.com/embed/xGPeNN9S0Fg

Ditulis oleh Ed Sheeran dan Fiona Bevan, single “Little Things” milik One Direction diproduksi oleh Jake Gosling di tahun 2012. Setelah sebelumnya “Live While We're Young” meraih kesuksesan di pasar, One Direction berhasil terpilih menjadi brand ambassador merek-merek besar, menjadikan kelima pemuda yang terbentuk lewat X Factor di tahun 2010 itu meraih kepopuleran lebih jauh lagi.

7. “Love Yourself” - Justin Bieber

https://www.youtube.com/embed/oyEuk8j8imI

“Love Yourself” merupakan salah satu lagu Justin Bieber yang sempat memecahkan rekor dengan pendengar bulanan di Spotify berjumlah 90.2 juta pada tahun 2021.

Tergabung ke dalam album Justice, Justin mengungkapkan jika album ini lahir dari rasa gelisahnya melihat banyaknya ketidakadilan di dunia saat ini. 

Meski judulnya terdengar seperti lagu yang gembira, nyatanya kata “Love” awalnya merupakan kata “Fuck”. Terungkap, pada sebuah wawancara di tahun 2019 dengan Capital FM, diketahui jika Blanco mendesak Ed Sheeran agar sedikit menganti liriknya.

8. “Say You Love Me” - Jessie Ware

https://www.youtube.com/embed/DAMM8JVbr8g

Masuk ke dalam album Tough Love, “Say You Love Me” merupakan single kedua milik Jessie Ware pada album tersebut. Berkolaborasi bersama Ed Sheeran, “Say You Love Me” dirilis secara resmi di tahun 2014. 

Bersama The Daily Star, Jessie mengungkapkan bagaimana etos kerja Ed yang luar biasa mendorongnya sebagai penyanyi untuk lebih maju. Untuk video musiknya sendiri disutradarai oleh duo Tell No One dari Luke White dan Remi Weekes.

9. “Your Song” - Rita Ora

https://www.youtube.com/embed/RsELrcVNzG0

Berteman sejak remaja, pada akhirnya Ed dan Rita mendapat kesempatan bekerja sama untuk lagu “Your Song”. Masuk ke dalam album Phoenix miliknya, Rita mengungkapkan bahwa lagu ini merupakan single terakhir yang direkam untuk albumnya. Rita Ora juga menjelaskan jika lagu ini penuh dengan hal positif, seakan-akan dirinya sedang berada di puncak dunia. 

10. “A Different Way” - DJ Snake feat Lauv

https://www.youtube.com/embed/UuCq8mtK8J4

Untuk menciptakan single “A Different Way”, DJ Snake tidak ragu merekrut orang-orang seperti Ed Sheeran, Steve Mac dan Johnny McDaid untuk membantunya. Hasilnya? Lewat lagu upbeat dengan tambahan xylophone yang digabungkan dengan piano, lagu ini sayang jika tidak pernah kamu dengarkan.

11. "Thursday" - Jess Glynne feat Ed Sheeran

https://www.youtube.com/embed/epm2Di1IRPc

Bersama Billboard, Jess Glynne mengungkapkan bahwa dirinya dan Ed pernah mengobrol panjang mengenai suka dan duka dalam pekerjaan mereka masing-masing. Lewat obrolan yang berkembang menjadi single, Jess Glynne juga turut membantu Ed dalam menulis lirik dan memasukkannya ke dalam album studio kedua yang dirilisnya, Always in Between.

Itulah jajaran lagu yang mencantumkan nama Ed Sheeran sebagai salah satu atau penulis lagu keseluruhan. Bahkan, tidak jarang karyanya menerima berbagai penghargaan. Ada lagu favorit kamu, Bela?

Baca Juga: Lirik Lagu Thinking Out Loud - Ed Sheeran

Baca Juga: Lirik Lagu 'Best Part of Me' Ed Sheeran Feat. Yebba

Baca Juga: Jadi Ajang Reuni, Deretan Fakta Partisipasi Ed Sheeran di Lagu BTS

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Kenalan, Yuk, Sama 3 Tokoh Utama 'Poong, The Joseon Psychiatrist 2'

Kenalan, Yuk, Sama 3 Tokoh Utama 'Poong, The Joseon Psychiatrist 2'

trending

Trending

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

Review 'Mangkujiwo 2': Hidup dari Dendam, Darah, dan Dusta

Review 'Mangkujiwo 2': Hidup dari Dendam, Darah, dan Dusta