Artis Kpop selalu terlihat tidak memiliki celah, mereka cantik dan tampan, bertalenta, serta memiliki sikap yang baik di hadapan penggemar. Bergelut di industri media hiburan, para idol Kpop ini terkenal akan kemampuannya saat menari dan menyanyi. Namun, masih banyak orang tidak mengetahui kepintaran mereka di bidang akademik. 

Memilih terjun ke industri hiburan bukan berarti harus melupakan pendidikan. Selain fokus pada kariernya, deretan idol K-pop ini memiliki segudang prestasi bidang akademik, lho. Penasaran siapa saja? Yuk, intip daftarnya!

1. Wendy Red Velvet

Selain berperan menjadi main vocal di Red Velvet, ternyata Wendy adalah murid berprestasi selama masa sekolahnya, Bela. Wendy bersekolah di Shattuck Saint Mary’s di Minnesota, Amerika. Selain fasih berbahasa Inggris, dirinya juga belajar bahasa Spanyol dan Prancis. 

Saat duduk di bangku SMA, Wendy berhasil meraih peringkat ke-5 dalam kompetisi matematika. Serta, mendapat penghargaan pendidikan yang ditandatangani oleh Presiden Barack Obama, atas prestasi akademik dan kepemimpinan yang luar biasa.

2. Eric Nam

Penyanyi sekaligus penulis lagu, Eric Nam, merupakan lulusan dari Boston College pada tahun 2011, mengambil jurusan international studies dan asian studies. Selain mahir berbahasa Inggris, Eric mampu berbicara dengan bahasa Spanyol dan Mandarin. Kemampuan bahasa Mandarinnya sudah terbukti, sebab, Erik pernah berkuliah selama satu tahun di Universitas Peking di Tiongkok.

3. Sojin Girl's Day

Leader girl group dari Girl's Day ini, menempuh pendidikannya di jurusan teknik mesin, Universitas Yeungnam. Dari ribuan murid laki-laki, hanya ada delapan perempuan termasuk dirinya di jurusan tersebut. Ada rumor mengatakan, bahwa Sojin sempat diterima di Universitas Hanyang, namun tidak menerimanya karena masalah biaya.

4. RM BTS

Kecerdasan dan kepintaran RM BTS tidak perlu diragukan lagi. Idol K-pop yang satu ini memiliki IQ 148, yang masuk ke dalam kategori jenius. Menjadi satu-satunya member BTS yang fasih berbahasa Inggris, RM berhasil meraih nilai 900 untuk tes TOEIC. Leader BTS yang satu ini menempuh pendidikan S1 di Global Cyber University, dengan jurusan Broadcasting and Performing Art. Ia kemudian melanjutkan S2 di Hanyang Cyber University jurusan MBA Advertising and Media.

5. Seohyun SNSD

Member SNSD, Seohyun, terkenal akan kegemarannya membaca buku. Idol Kpop yang satu ini, pernah tertangkap basah media sedang duduk berjam-jam di sebuah kafe hanya untuk membaca. Seohyun berhasil lulus dari Universitas Dongguk, pada tahun 2014 dan menerima penghargaan pada upacara kelulusannya. Soehyun berhasil memukau penggemar dengan kecerdasannya saat berhasil menjawab seluruh pertanyaan pada acara “100 Billion Quiz”.

6. Park Kyung Block B

Park Kyung memiliki IQ sebesar 156 dan menjadi anggota Mensa Internasional, organisasi terbesar dan tertua tentang IQ. Untuk menjadi anggota Mensa Internasional, kamu perlu mencapai nilai IQ dua persen teratas, dari rata-rata orang di dunia. Park Kyung adalah seorang jenius matematika, dirinya selalu menghitung pendapatannya secara rinci, serta dikabarkan menempuh pendidikannya SMA di sekolah khusus.

7. Taeyang Bigbang

Main vocal dari grup besutan YG Entertainment, Taeyang, berhasil menyelesaikan pendidikan S2 di jurusan Producing Performance and Images, Universitas Daejin. Taeyang berhasil menyusun tesis sebanyak 104 halaman dengan judul The Influence of BIGBANG 2015 World Tour [MADE] on the Sustainability of the Korean Wave.

8. Hyerim Wonder Girls

Inilah 13 Idol K-Pop dengan Sederet Prestasi dalam Bidang Akademik  hallyumusic.com

Selain berbakat sebagai penulis lagu, penyanyi dan rapper, mantan personil Wonder Girls, Hyerim, juga memiliki segudang prestasi pada bidang akademik, lho! Selain fasih berbahasa Korea, Hyerim juga fasih berbahasa Inggris, Kanton dan Mandarin. Hyerim juga melanjutkan pendidikannya dengan beasiswa di Department of English for International Conference and Communication, di Hankuk University of Foreign Studies.

9. Aaron NU’EST

Personil NU’EST, Aaron, berhasil diterima di jurusan Jurnalistik, Universitas New York, dengan peringkat teratas pada ujian SAT (Scholastic Assessment Test). Ingatan yang dimiliki member tertua NU’EST ini juga kuat. Aaron mampu mengingat setiap kesalahan yang dibuatnya selama mengikuti ujian SAT. Namun, Aaron memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikannya dan memilih fokus pada kariernya.

10. Kyuhyun Super Junior

Kyuhyun, adalah seorang jenius matematika dengan nilai IQ sebesar 130. Dengan kejeniusannya, Kyuhyun mampu menduduki peringkat lima teratas dalam tes bakat matematika, serta mendapat penghargaan dari menteri sains dan teknologi Korea, untuk pencapaiannya. Kyuhyun berhasil menyelesaikan pendidikannya di Universitas Kyunghee pada tahun 2013.

11. Hani EXID

Idol K-pop dengan image panggung yang seksi ini, masuk ke dalam jajaran idol Kpop dengan IQ yang tinggi. Hani berhasil meraih nilai 900 untuk tes TOEIC, setelah belajar selama dua bulan. Dirinya memiliki IQ sebesar 145, serta mampu berbicara dengan bahasa Korea, Inggris dan Mandarin.

12. Tablo Epik High

Inilah 13 Idol K-Pop dengan Sederet Prestasi dalam Bidang Akademik  Dok, Internet

Salah satu anggota grup legendaris Epik High, Tablo, merupakan lulusan Stanford University, dengan jurusan penulisan kreatif. Dikabarkan, dirinya memiliki IQ sebesar 170, serta mampu menyelesaikan soal yang diberikan hanya dalam waktu 11 detik. Setelah menyelesaikan pendidikannya, Tablo pindah ke Korea Selatan dan membentuk grup Epik High.

13. Changmin TVXQ

Maknae TVXQ, Changmin, berhasil menempuh pendidikan S1 nya di jurusan post modern music di Universitas Kyunghee, lalu melanjutkan pendidikannya di jurusan film dan seni di Universitas Konkuk. Dengan IQ sebesar 150, Changmin kembali melanjutkan pendidikannya di Universitas Inha.

Itulah daftar idol K-pop dengan sederet prestasi dalam bidang akademik. Meskipun sibuk dengan kariernya, para idol ini membuktikan bahwa mereka mampu membagi waktu untuk belajar. Yuk, mari ikuti jejak mereka, untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya!

Baca Juga: Siapa Sangka, 5 Artis Idola Kpop Ini Meneruskan Jenjang Pendidikan S2

Baca Juga: Ada Pendidikan Seks, 5 Artis Korea Ini Punya Sertifikasi Unik

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Dirasakan Oleh Pemilik IQ Tinggi