Melisa Irene merupakan Partner at East Ventures yang telah tergabung sejak tahun 2015. Ia memulai perannya menjadi Associate dan berhasil mendapatkan banyak kesepakatan dengan perusahaan. Hanya dalam waktu tiga tahun, perempuan lulusan Binus University ini berhasil menjadi kepala perusahaan sebelum akhirnya dipromosikan sebagai Partner perempuan pertama. Hadir di panggung Future is Female pada Kamis, (29/09/2022) sesi keempat, Melisa membocorkan jenis bisnis yang disukai oleh investor. Penasaran? Keep reading! 

#IMGS2022: Bocoran Bisnis yang Disukai Investor dari Melisa IrenePopbela.com/Aisyah Banowati

Sebelum lebih jauh membahas mengenai jenis bisnis yang disukai investor, Melisa memaparkan jika pattern atau pola suatu perusahaan untuk mendapatkan investasi ada bermacam-macam.

Kini, banyak konferensi start-up yang bisa menjadi peluang mereka untuk mendapat investasi. Namun, Melisa juga mengakui jika suatu perusahaan bisa saja mendapat investasi lewat referral dari orang lain alias rekomendasi. Ia juga menjabarkan seperti apa bisnis yang disukai investor.

Menjabarkan secara gamblang jika journey pertama yang dilewatinya adalah membangun kepercayaan customer, Melisa menuturkan jika strategi awal yang dilakukannya lewat e-commerce.

“Untuk kita berinvestasi awal-awal strateginya adalah lewat e-commerce, build dulu trust dari masyarakat bahwa 'nggak apa-apa, lho kamu beli barang lewat online, nggak ke toko’. Kita berinvestasi pertama di Tokopedia, habis itu kita coba berinvestasi di vertikal e-commerce lainnya," tutur Melisa.

#IMGS2022: Bocoran Bisnis yang Disukai Investor dari Melisa IreneDok. IDN Media

Kemudian trend berlanjut ke B2B, yang mana bisnis ternyata dapat bergerak lewat dunia digital untuk membantu mereka.

“Tahun 2015, teman-teman mungkin masih ingat topik tentang ASEAN Economic Community. Wah, gimana nih Indonesia bisa bersaing dari awal di saat bisnis dari Filipina, Malaysia, Singapura bisa masuk ke sini. Pekerja dengan gampang dan mungkin konsepnya besar sekali. Pertanyaannya, gimana 60 juta orang kita waktu itu bisa bersaing secara regional?” ucapnya.

#IMGS2022: Bocoran Bisnis yang Disukai Investor dari Melisa IreneDok. IDN Media

Sebelum menutup perjumpaannya, Melisa Irene sempat berpesan kepada teman-teman yang hari ini memenuhi salah satu ruang di The Tribrata Jakarta, sore itu.

“Saya rasa Indonesia ini oppurtunity-nya besar sekali. Jadi, buat teman-teman find your blue ocean. Aku akan selalu balik ke situ, karena kita ketika akan ngelihat research akan lebih mudah melihat yang sudah ada dan besar, tapi kayaknya itu sudah rame," kata Melisa.

"Carilah, karena nggak kurang opportunity-lah, Indonesia ini. Indonesia di saat yang paling cerah sepanjang masa, karena investasi baik itu di sektor riil, di sektor digital, Indonesia jadi kayak cewek paling cantik yang mungkin dulu di regional sekarang di dunia juga. Jadi, kita harus cukup berbangga jadi warga negara Indonesia, karena negara kita menjadi salah satu yang resilien untuk menghadapi COVID ini," lanjutnya.

Masih belum berakhir, keseruan Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 akan berlanjut pada Jumat, (30/9/2022). Jangan sampai ketinggalan keseruannya, Bela!

Baca Juga: #IMGS2022: Christie Basil Kembangkan Bisnis Melalui Tiktok

Baca Juga: #IMGS2022: Kisah Sonia Basil jadi Womenpreuner hingga Content Creator 

Baca Juga: #IMGS2022: 7 Tips Keuangan untuk Para Sandwich Generation